Hari ke 9, Fethiye (Oludeniz) 11 November 2019

Hari ke  9, Fethiye (Oludeniz), Senin 11 November 2019

Dalam penyusunan itinerary ini kami membuat 2 opsi.

Opsi pertama seperti yang kami jalani ini kami berhasil mendapat tour ke Demre Myra dan Kekova

OPsi kedua bila kami tidak mendapat tour ke Demre, bila kami tidak mendapat tour ini kami memilih lebih lama di Fethiye..oleh karena itu kami memesan hotel dan tour di antalya dan belum memsan di Fethiye.

KArena kami bisa mendapatkan opsi 1 , Malam kemarin kami baru memesan hostel di Fethiye dan hanya akan satu malam di Fethiye ..kami pesan hostel yang mau nya dekat dengan terminal/otogar tapi harganya udah di atas Rp.400  ribu ..berhubung pagi2 sekali akan melanjutkan perjalanan ke Aydin trus selcuk ..merasa sayang uang dan akhirnya browsing di Booking.com dan dapat lah apartemen seharga Rp.230 an ribu tapi harus jalan kaki ke Terminal sekitar 1.6 km..

Yang cukup di sayangkan juga tidak ada jadwal bus pagi sekali dari Antalya ke Fethiye..dan kami memilih bus kamilkoc yang berangkat jam 10 pagi dan estimasi sampai Fethiye jam 13- 14 siang..belakangan kami tahu ada Bus metro yang jalan jam 09.30 dari Antalya.

Kembali ke jadwal hari ini..kami tidak terlalu buru2 karena bus kami masih cukup siang ..berhubung mau sarapan di Terminal kami berangkat jam 8 lebih naik tram ke terminal..

hotel kami di Antalya

masih sepi

petunjuk tram

di dalam sta tram

suasana tram pagi ini

bawaan kami

jalan menuju otogar/terminal bus

Sampai terminal, mampir sejenak ke lokel kamilkoc dan bisa juga melihat di papan elektronik di gate berapa bus berapa …

SAkura ??..bukan!!

terminal bus

petunjuk bus dan jam nya
 Kami pun sarapan , tempat  sarapan ini sudah di intai kemarin oleh istri pas pertama tiba di Antalya.

Kami pun naik bus ..

sarapan dulu

daftar harga

Baklava

Dalam perjalanannya bus berhenti di rest area dan kami sempat ngobrol dengan penumpang Bus yang berjilbab dan dengar omongan mereka sepertinya orang Malaysia dan kita ngobrol lah..(akan bertemu lagi dengan mereka di Selcuk pas di House of Virgin Mary)..enaknya punya paspor Malaysia mereka free visa ke Turki dan free visa sebagian Siprus…(mereka dari sana).

view dalam perjalanan

tujuan fethiye

petugas bus

senangnya selalu ada colokan di dalam bus

rest area

bus kami yang kamilkoc

bayar klo ngecharge

nemu merk air mineral baru

Jam 13 an kami sampai di Fethiye , awal nya mau titipkan tas di kantor kamilkoc tapi di tolak di arahakan untuk ke tempat penitipan tas ..karena harganya Tl10 per tas kami putuskan untuk jalan kaki aja ke Hostel/apartement..

sampai di terminal Fethiye

tempat penitipan tas berbayar di terminal ..karena biaya nya Tl10 per tas kami ga jadi dan jalan kaki menuju Apartment

ada dominos juga di sini

desain masjidnya semua serba pakai atap bulat

Dengan kondisi siang hari baru sampai Fethiye kami pun harus realistis dan memilih ga bisa ke semua tempat yang kami ingin tuju..dan harus memilih ke Oludeniz atau kayakoy/desa hantu..dan pilihan jatuh ke oludeniz walaupun tidak naik paragliding..bagi yang suka paraglding da nada budget lebih bisa mencoba di sini..view nya keren banget blue lagoon..(sepupu saya udah pernah paragliding di sini).

Kami pun kembali membuka google map untuk petunjuk arah ke penginapan dan sempat juga bertanya arah ke salah satu bapak ..dan di jelaskan dengan baik..

Berjalan sekitar 20 an menit sampai lah kami di komplek perumahan dan apartment..dan di bilang sudah sampai oleh google map..sempat bertanya ke orang lewat ternyata ga tau..dan tiba 2 ada seorang bapak yang pangil kami ..nah ini rupanya pemilik apartment nya.

Penghuninya hanya kami untuk malam ini ..setelah check in dan di jelaskan beberapa hal oelh bapak pemilik..dan kami minta petunjuk arah cari dolmus ke oludeniz..berhubung searah dengan bapak ini jadi kami di temani jalan kaki oleh bapak ini..(bapak pemilik tidak tinggal di apartment ini..jadi besok check out di tinggal begitu saja)

apartment kami menginap

ada tulisan di pagar , ga kebaca oleh saya

mirip nginep di rumah teman aja ..suasananya lokal bgd

ada ruang tamu bersama

peta Fethiye

penting nih

ini pintu masuk

dapur bersama

ruang makan bersama

kamar mandi

ini pentingnya karpet..supaya ga dingin di musim dingin..di jepang pakai tatami

kamar nya besar

Jalan kaki sekitar 10 menit dari Apartement dan tiba lah kami di lokasi halte Dolmus. .di kasih tau bapaknya pilih yang tujuan oludeniz..pas ada yang berhenti kami pun bertanya ke Driver..menunggu kurang lebih 10 menit kami pun naik Dolmus Tujuan ke Oludeniz..

orangnya baik dan agak senyum klo di panggil mister hehehehe..mungkin ga biasa

jadwal dolmus

ini contoh dolmus

mercy jadi angkot

deket masjid ini haltenya

begitu masuk langsung bayar ke driver nya

penampakan dalam dolmus

ada mall nya lohh di fethiye keren mall nya kami ga sempat mampir hanya lewat saja

ada pemeriksaan identitas

polisi atau tentara memasukkan no identitas ke alat nya..paspor kami tidak di ambil hanya cek orang lokal

PErjalanan sekitar 25-30 menit sampai pantai..mau nya naik kapal untuk keliling2 tapi karena bukan musim panas yang ada hanya kapal privat dan harganya sangat mahal..kami hanya duduk duduk di pantai sejenak..(lupa masuk ke Blue lagoon).

pantai nya berbatu

Kami pun kembali naik Dolmus kembali ke kota..dalam perjalanan kami lihat ada petunjuk jalan ke KAyakoy/desa hantu ..saya pun bertanya ke driver saya mau ke kayakoy dan di berhentikan di halte terdekat …trus di kasih tau untuk menyebrang tunggu di halte seberang (padahal kami udah bayar dolmus dengan harga fethiye..hehehe gpp lah selisih beberapa lira saja).

Menunggu sekitar 45 an menit tidak ada dolmus yang tujuan kayakoy yang lewat hanya dolmus ke oludeniz saja yang beberapa kali melintas..karena undah hamper jam 4 sore kami putuskan untuk batal saja ke kayakoy dengan pertimbangan  nanti bakal kemalaman balik ke fethiye..(asumsi perjalanan ke kayakoy 45 menit – 1 jam, jalan2 di kayakoy trus perjalanan pulang ke Fethiye)..

udah sore kog ga ada yang lewat dolmus ke kayakoy ?

jadwal nya kurang ok nih..

pemandangan di Halte

mirip Pastor Carlo

Kami putuskan untuk belanja di minimarket Bims di depan sekalian beli oleh2..(mini market ini lebih murah dari pada mini market migros, dan di kawasan sultanAhmet dan wisata tidak bisa di jumpai ..mungkin ada peraturan ga bole buka di kawasan sultanAhmet dan kawasan turis yah)

kebetulan dekat halte ada minimarket Bim jadi kami belanja dulu..di Istanbul kawasan eropa susah cari minimarket ..mungkin ada larangan buka minimarket di kawasan Turis.

Selanjutnya kami naik Dolmus lagi kembali ke Fethiye dan stop di tempat di mana kami naik tadi..

Makan dulu..kemudian jalan kaki menyusuri marina..kota nya sangat cantik..andai ada waktu lebih ingin stay satu hari lebih lama di sini..jam 8 an malam kami kembali ke Apartement

makan dulu di sini

oh ya ini minuman khas Turki..yoghurt

monumen di kawasan marina

Kawasan marina ..

ke Mcd lagi..beli cone...