Hari ke 2, Istanbul (Bosphorus Cruise) 4 November 2019

Hari ke 2 , Istanbul (Galata Bridge, Bosphorus Cruise, Rumeli Hisari), Senin 4 November 2019

Kemarin malam sekitar jam 8 an malam waktu Istanbul kami udah terlelap ..

Perbedaan waktu  5 jam antara Istanbul dan Balikpapan membuat kami jet lag dan sekitar jam sekitar jam 2 an rasa nya udah seger dan kebangun ..dan bener saja jam 03.48 telpon saya berbunyi da nada telpon dari Balikpapan (di Balikpapan udah jam 08.48, ga saya angkat karena ga siab untuk komunikasi ntar ja saya telpon lagi ),

view dari kamar

view dari kamar disisi lainnya

Setelah menyelesaikan beberapa hal berkaitan dengan kerjaan ..sekitar jam 09 an kami pun turun untuk chek out dan menitipkan tas.

masih harus beresin kerjaan
lift selebar pintu

Tujuan selanjutnya cari sarapan trus kami mau naik Boshporus Cruise. Kami pun naik tram mau cari sarapan dulu di kawasan eminonu tapi kami putuskan untuk turun saja di Sirkeci. Bersadarkan bloq dari Guru kelana makan di kawasan sirkeci relative terjangkau dan tujuan kami ada Bilik Bufe. Sampai di Sirkeci dan melihat bilik bufe dan melihat daftar harganya yang murah ya..tapi sayangnya untuk makanan baru akan tersedia di atas jam 11 pagi hanya melayani beli minum atau jus..kami pun berpindah dan nyobain Baklava ..awalnya hanya mau nyoba trus jalan ke eminonu tapi ternyata kami mengikuti saran dari pelayannya malah duduk ngopi dan ngeteh..
air mineral besar TL2 sekitar Rp 5 ribuan mirip Balikpapan

jalur tram Sultanahmet

harga air mineral besar Tl2 ..sekitar Rp.5 rbuan mirip di Balikpapan

tram lewat

Fyi, kawasan sirkeci ini juga ada banyak money changer yang harga nya ga beda sama di kawasan laleli..banyak banget dan bisa langsung di bandingin yang mana yang murah (kea rah jalan spice market)

Birlik Buffe di dekat sta tram sirkeci..tempat ini di rekomendasi bloq Guru kelana..murah..sayangnya klo pagi hanya jual minum dan jus ..menu makanan baru bisa di pesan jam 10 atau 11 ya ?..lupa hehehe

rencana makan murah jadi makan mahal...heheheheh

nyobain baklava
Baklava

hm..

view dari lantai 2 resto nya

mcd dan kfc tidak kami mampiri..hanya ke domino pizza..harga mcd dan kfc relatif mahal di banding makanan lokal

Setelah dari resto Baklava , numpang kencing dulu mumpung gratis ,oia bagi kami yang beseran (sebentar sebentar ke WC) penting banget untuk numpang wc di tempat yang gratis karena klo di tempat umum biasanya harus membayar  Tl1 –Tl2.

Kami pun berjalan kaki menuju eminonu dengan tujuan Galata Bridge..pas mau
nyebrang kearah pinggir laut (nyebrangnya rame2) ada penjual jagung bakar yang mendorong gerobaknya menyapa kami dengan “ni hao ma?” kami bilang Not Chinese (semoga ga kualat sama leluhur hehehhe), trus dia bilang japan  ?..saya bilang no..korea ?..juga no…bingung lah dia..trus saya bilang Indonesia..
Uniknya di belakang kami ada beberapa orang Indonesia dan pak jangung bakar ini langsung bilang klo mereka dari Indonesia..sempat masuk vloq rombongan dari Indonesia ini (saya sempat liat mereka di Topkapi kemarin dan nanti kami akan ketemu lagi tak sengaja sore ini di Tram ).

di gedein fotonya biar tulisannya jelas hehehehehe

Nantinya pengalaman di kira orang China atau jepang akan sering kami jumpai …dan pengalaman  jadi “bule” (klo di Indonesia kan klo bule sering di dadah2 in anak kecil atau tiba2 ada aja yang nyapa) juga kami alami..Di Resto Baklava tadi juga di tanyain mas pelayannya are you chinese ?..bingung jawabnya akhirnya jawab bukan kami dari Indonesia dan  dia responya Really ?? dengan wajah yang ……..

Tujuan selanjutnya adalah Galata Bridge dan menyebrang lewat terowongan bawah jembatan untuk membeli Balik Ekmek/roti ikan yang menjual di pinggir kapal..

perahu penjual Balik ekmek (sandwich ikan )

tempat makan nya di darat

yang jual di perahu

ini Balik Ekmek (balik = ikan, ekmek = roti )

kami kurang cocok dengan minumannya hehehehhe

mabookk laut rasanya

Galata Bridge

Setelah membeli Balik Ekmek kami melanjutkan untuk naik Bosporus Cruise.

Untuk Bosphrus Cruise ini ada beberapa pilihan. Yang biasa di pilih adalah Rute Singkat dengan perusahaan Sehir Hatlari (bisa baca di di bloq chimin) start/finish di Eminonu sedangkan kami berbekal bloq dari Guru kelana kami memilih Kapal Dentur Avrasya  letaknya di dok Kabatas (kami harus naik tram lagi dari emininu ke Kabatas kemudian masih harus jalan kaki menyebrang ke Dok kabatas , sempat salah tempat yang benar setelah pom bensin ya..bukan sebelum pom bensin)

naik tram menuju kabatas

kami sempat salah masuk pelabuhan..ini pelabuhan umum..pelabuhan cruise di sebelah pom bensin..sisi lebih jauh dari sta tram kabatas..(sisi dekat pelabuhan ini)

Kelebihan Dentur Avrasya ini sistemnya HOP –HOP ,maksudnya kita bisa turun dan kemudian naik lagi dengan kapalnya sesuia jadwal dan seperti blog guru kelana kami mau turun dan mengunjungi Rumen Hisari (benteng ini bisa juga di kunjungi dengan tram dan lanjut metro dari sultanahmet) Biaya untuk Bosporus Criuse ini Tl 25.

ini pelabuhan yang benar untuk Bosphorus curise

TL 25 , sekitar Rp.65 ribuan

ini kapal nya

tiket nya

pastinya pilih lantai 2 kapal

melwati bangunan ikonik

Setelah kabatas , kapal akan berhenti lagi di Besiktas (ada klub bolanya) kemudian baru akan berhenti  lagi di sesusah Benteng Rumeli  Hisari yaitu dok emirgan.. dan kami pun turun hanya di turunkan di pinggir jetty begitu saja habis itu saya bingung nanti jam berapa lagi yah kaapal nya lewat koq  ga ada keteranganya ..berbekal bloq guru kelana semoga ga ada perubahan kami akan kembali ke emirgan sebelum jam 14.30 karena jam 14 .30 kapal akan kembali (kapal hanya singgah ga lama hanya menurunkan dan menaikkan penumpang mungkin hanya sekitar  2 menit saja ).

baru mennurunkan penumpang kapal langsung pergi lagi

dari halte ini

Kami pun naik bus menuju Rumeli Hisari , sempat bingung dan bertanya  harus turun di mana dan mencari halte di mana..

Perjalanan dengan Bus sekitar 10 menit sampai di Halte Rumeli kemudian kami masih harus jalan kaki sekitar 100 meter menuju Benteng. Biaya masuknya TL18 (bila beli museum pass ini udah di cover).

naik bus menuju Benteng Rumeli Hisari

turun di Halte ini..

keren bgd parkirnya

Rumeli Hisari

karena ga beli museum pass..jadi beli karciss

Turki semua tempat wisata di anggap museum ..ga hanya di dalam gedung..namanya open air museum..beli museum pass sangat di sarankan

pasti ngerti lah tulisan ini hehehehehe..

Cukup puas dan kepikiran kuatir di tinggal kapal kami pun kembali ..sempat bingung nyari haltenya di mana ..karena ga bisa naik di halte yang tadi karena kita naik bus arah sebaliknya. Setelah bertanya haltenya pun dapat dan naik bus kembali ke emirgan (bayar bus juga dengan istanbulkart).

menunggu halte di sisi seberang..sempat bingung cari haltenya..pilih nyebrang trus jalan kaki ke arah emigran..

bus

di kasih sama Turkish Airline ..pelembab bibir

banyak yang mancing

kami sempat bingung nunggu kapal nya di mana..ternyata bukan di sini ..bukan di dalam pelabuhan..kapal akan merapat di tempat yang sama pas kita di turunkan..hanya di pinggir laut gt aja,,,

Fyi, kami ada pengalaman kurang enak dengan Istanbulkart ini, jadi kemarin istri saya top up di mesin  karena lumayan antri dan di bantu orang belakang kami ternyata top up kami  yang ke dua Tl10 belum masuk jadi saldo dan sudah di ambil kartu nya ..saya pikir sih ini bukan scam ya mungkin saja karena keburu2 di bantu orang tesebut.

Balik lagi ke cerita, sekitar jam 14 an kami udah sampai di emirgan..karena ada kapal yang datang kami pun berlari kearah pelabuhan dan kapalnya hanya berhenti sebentar trus jalan lagi ..di pelabuhan ini ada kantor dan loket nya berbeda dengan tadi kami hanya di turunkan di pinggir bukan di pelabuhan dan tulisan nya Sehir Hatlari..

Kami pun menunggu sampai jam 14.30 dan benar saja adakapal lagi yang datang dan kapal nya tidak berhenti di pelabuhan ini dan kami pun harus berlari lagi kearah kapal ini dan benar ini kapal kami sama persis yang kami naikki tadi (bisa saja kapal nya beda yang penting perusahaannya sama) dan kami menunjukkan tiket kemudian naik ke kapal..

Dalam perjalanan nya kapal ada berhenti lagi ..istri saya tertarik untuk singgah lagi tapi karena pertimbangan kami nanti masih harus ke Otogar dan kuatir tersesat kami harus meluangkan waktu lebih awal (untuk berjaga jaga).

Kapal berhenti di dok Besiktas dulu (sempat mau turun di sini untung di ingatkan oleh petugas) kemudian kami pun turun di dok kabatas..kemudian naik tram ke SultanAhmet dan kembali ke Hotel untuk ambil tas kemudian menuju ke Otogar.

arah kembali ke kabatas

keren keren rumahnya

petunjuk Bosphorus Cruise

nah ini jam jam nya  ya..

naik tram ..kami turun di Sirkeci mau nyobain  Birlik Bufee

Birlik Buffe , satu porsinya hanya Tl 10-15..

sempat duduk di taman sultanahmet..kami sempat juga duduk lama kemarin di sini sambi pesan hotel di traveloka hehehe..waktu baru jam 16.30 an masih lama dan tram masih penuh tapi tak lama kami pun ke hotel untuk ambil tas dan menuju Otogar / Terminal

gantengkan receiptionist nya

Dalam perjalanan dari Halte tram Sultanahmet ke hotel kami sempat di tawari mampir ke toko karpet dan dengan agak susah payah menolak kami harus buru buru ke Otogar tapi penjualnya tetap gigih menunjukkan bebrapa contoh karpet..trus ke Hotel ambil tas dan lewat lagi toko itu heheheh tu kan kami Buru buru..

Dari Sultanahet kami naik tram turun di yusufpasa, tram sore ini sangat padat di tambah kami dengan bawaan kami dan kami kembali ketemu rombongan orang Indonesia yang tadi nyebrang di eminonu..

Dari Yusup pasa kami berjalan kaki menuju metro Aksaray , sempat bingung dan mengikuti petunjuk atau google map saja kemudaian harus menyebrang via underpass kemudian naik metro M1 (merah ) ke arah Otogar.

ini mainan saya waktu kecil loh..

tram

metro

SEkitar  jam 19 an kami sudah sampai Otogar, kemudian mencari kantor bus kamidi no …. Sebenarnya bisa saja beli go show langsung ke kantor bus yang lain ..ke bus kamilkoc misalnya ..bus ini di rekomendasikan oleh bloq chimin tapi kembali lagi jiwa saya belum bisa sepenuh nya go show..

Otogar /terminal

sudah di kasih petunjuk no berapa ..cari perusahaan bus nya..ONCU

tiket

Kami pun menitipkan tas karena bus kami baru jam 20.30 dan hanya duduk2 saja kemudian kembali ke kantor nya baru di kasih tau bisa nunggu di lantai 2 lah..koq tadi ga di tawarin yah ?..

pertokoan di terminal,.mirip di Indoensia..surem

Ada beberapa penumpang   juga yang menunggu selain kami dan ada 2 orang turis cewek korea dan di tawarin tehh atau kopi loh koq kami ga..ternyata harus bayar hehehehe

ruang tunggu di lantai dua..

ibu ini berusaha keras untuk ngobrol sama kami hahahah..lucu dan ramah waluapun bahasa inggris terbatas..dan di campur bahasa Turki..nah kami yang kebingungan heheheh

Jam 20.30 kami di panggil untuk masuk bus,..bus nya sebenarnya lumayan ada layar tv nya tapi sayang nya usb untuk charge di layar tv nya sudah rusak di tambah lagi saya membaca beberapa bloq klo biasanya di tawarin minum dan di kasih snack kog ini ga yah..(agak kecewa)

bus kami

apesnya usb di layar saya ga bisa di pakai ..rusak ..ga bisa ngecharge

masih dapat minum selain air putih di bus Oncu..hanya saja bus nya kurang nyaman..formasinnya 2-2 , bus kamilkoc lebih nyaman formasinya 1-2

di tengah jalan pada malam hari..ada pemeriksaan ini udah saya antisipasi karena udah pernah di jelaskan di blog lain dan bapak sebelah kami yang dipesawat juga jelaskan hal ini..di Turki bayak pemeriksaan tapi justru bagus biar aman..bener juga....paspor kita akan di ambil sebentar untuk pemeriksaan ..klo orang Turki ktp nya yang di cek pakai alat..jadi no induk nya di input ke alat tersebut ..

tengah malam turun ke Toilet ..seperti rest area  gt merangkap resto dan minimarket

Fyi, bus di turki di trip kami 2019 sudah tidak menawari minum macam2 , kamilkoc bahkan hanya memberi air putih di gelas situasi sudah berubah beda dengan blog di tahun 2016/2017