Hari ke 3, Goreme (Kapadokya) 5 November 2019

Hari ke 3, Goreme (Kapadokya) (Goreme, Sunset view Point), Selasa 5 November 2019

Seperti yang di perkirakan sebelumnya malam tadi saya ga bisa tidur di Bus..susah yah ..saya tipe orang yang tidur itu harus selonjor/terlentang ..padahal udah ke seleg antimo tadi malam ..baru di kasih air putih menjelang tengah malam sama pramugara nya. Bus Oncu masih memberi sebungkus snack dan kita masih bisa meninta minuman ke pramugaranya (sekaran gga semua bus melakukan hal ini ..bus kamil koc hanya kasih air putih itu pun di gelas di tuang dari air mineral yang kemasan 1.500 ml ..mungkin udah naik harganya dang a sesuai lagi kasih servis semacam itu) tapi untuk tempat duduk bus ini susunan kursinya 2-2 jadi agak sempit beda dengan bus kamilkoc (mungkin metro juga) susunan  duduknya udah 2-1.

sunrise di bus

perhentian sebelum Nevsehir

sarapan roti ..roti kemarin ga kemakan jadi kami bungkus..eh pagi ini bisa buat kami sarapan

Sekitar jam 08.30 pagi kami sampai di Nevsehir, harusnya dari sini kami dapat Free shuttle ke Goreme dan disinilah terjadi scam yang pertama..

Nevsehir otogar / terminal

nevsehir

Hampir semua penumpang turun di sini dan kemudian ada bapak2 yang ramah yang menanyakan siapa yang mau ke Goreme. Kami pikir ini adalah free shuttle bus ternyata ini adalah seperti travel agent yang menawari kami red, green tour dan hot balloon..dia menyuruh kami turun ke kantornya..di sisi lain kami udah kebelet pipis banget jadi turun di terminal nevsehir mau pipis juga (hanpir semua bus anatar kota di Turki tidak ada toilet , mereka akan berhenti di beberapa tempat selama dalam perjalanan  untuk istirahat dan kita bisa ke toilet di sana..harga nya antara Tl1, Tl1.5 dan Tl2 jarang sekali yang gratis toiletnya)

Karena saya curiga ini scam saya mau balik lagi kedepan mau nanya ke orang bus nya tapi udah ga ada dan juga harus ke dalam karena kebelet pipis..Ada penumpang bus lain orang korea dan bule yang tidak turun sepertinya bisa menikmati free shuttle bus ke Goreme.

Kami pun menolak untuk membeli tour yang di tawarkan padahal setelah kami survey di goreme harga yang di tawarkan sama dan relative murah di terminal tadi . Pihak yang nawarin kami tadi bilangnya ga ada Free shuttle bilangnya ada semua bus bilang ada padahal ga ada  (padahal ada , saya udah nanya ke pihak bus waktu di Istanbul) dan kami di arahkan untuk naik bus umum dari nevsehir ke goreme..harnya sieh ga seberapa hanya Tl7/Tl8 (Rp.20 ribuan per orang eh..lumayan nih duit segini bisa buat beli kebab) tapi kami malah buang waktu yang harusnya kami udah sampai goreme ini masih harus menunggu di dalam bus (ga langsung jalan busnya) ada juga sih yang kena seperti kami ini ..seperti nya turis dari china..

suasana dalam otogar/terminal Nevsehir

kami harus naik bus sendiri karena kena scam tadi ..

ini bus dari Nevsehir ke Goreme..Tl 8 per orang

penampakan dalam bus

PErjalanan tidak terlalu lama hanya sekitar 30- 45 an menit tapi kami juga menunggu cukup lama sekitar 10-15 menit  ..walaupun masih cukup pagi sampai di Goreme tapi tetap aja kesal..untungnya kami di Goreme total 3 hari dua malam klo waktu kami mepet ..kami sudah ketinggalan klo mau ikut tour pagi ini..(masih sempat sih pas nanya di tour agent di terminal tapi kami  mau survey harga dulu dan ke hotel dulu taruh tas).

Setelah sampai terminal kami mencari perusahaan bus Kamilkoc , kami mau beli tiket bus malam untuk tgl 07/11 dari Goreme ke Pamukkale rute bus sebenarnya hanya sampai Denizli kami pun menanyakan apakah ad free shuttle ke Pamukkale . Petugas bus pun menelpon dulu untuk memastikan dan bilang ada free Shuttle dari Denizli ke PAmukkale dan di beri tulisan tangan di di tiket kami untuk di sampaikan ke driver bus nya nanti.

terminal Goreme ..pas di tengah kota

Mengaktifkan google map kami kemudain menuju hotel kami . jalan kai sekitar 10 an menit sampailah kami di Hotel. Sampai di Hotel Receiptionis menjelaskan beberapa hal antara lain saat ini sudah bisa check in padahal baru jam 10 kurang , hari ini tidak dapat sarapan (kami bilang ok) besok baru dapat sarapan , tempatnya di lantai 3 start jam 7 pagi klo ga salah (saya bilang oh..ok..sembari ingat2 ..seingat saya pas pesan di traveloka saya pesan room only tanpa sarapan). Trus dia juga menjelaskan bahwa bisa beli tour di dia red tour 35 euro, green tour 35 euro dan balloon 200 euro trus sayannanya klo balloon yang agak murah berapa dia bilang 175 euro.  Dalam hari koq mahal yah di bandingkan bloq bloq yang saya baca..ya bloq yang saya baca 2016 sieh green tour dikisaran Tl100-Tl110 dengan kurs Rp 5 ribuan harganya sekitar Rp.500an ribu, saat ini 35 euro X  Rp.16.000 = Rp.560 an ribu naik dikit lah tapi koq harga balloon nya mahal bgt yah..saya baca bloq ada yang dapat 2 jutaan ada yang dapat 1,6 jutaan tergantung isi penumpang nah sekarang koq udah Rp.3 jutaan yah.

perjalanan menuju Hotel

Bersyukur udah bisa masuk kamar, kami pun mandi2 dan sempatkan mencuci beberapa baju..maklumlah karena ini trip backpacker hehehe..

penampakan kamar kami..ya dapat 1 ranjang besar dan 1 ranjang kecil..bisa buat 3 orang nih

mmpung bisa nyuci dan jemur hehehe

view dari kamar

lantai 3 hotel dan tempat sarapan

keren nih buat foto

orang Turki emang pencinta karpet ..karpet ada di lantai dan dinding

Udah lumayan seger kami pun putuskan untuk mencari makan dan survey harga untuk gren, red tour dan balloon dan percayalah lebih dari 5 tempat sudah kami kunjungi ada yang buka harga 40 euro untuk green tour untuk balloon nya yang membuat kami terkejut ada yang 200 euro , ada 240 euro dan paling murah kami dapat 180 euro. Setelah makan kami putuskan kembali ke hotel saja di Hotel kan hargnya kurang lebih aja dan balloon tadi di tawarin 175 euro paling murah..

suasana Goreme

bukan McD yang asli

putuskan untuk makan ini saja

dan enak ...hanya TL 10

harga Dolmus/Angkutan umum

Dalam survey ini kami dapat salah satu tour yang bilang klo kondisi normal saja dia bisa kasih harga balloon di 175 euro  (hari ini kondisi tidak normal , hari ini dan kemarin tidak ada balloon yang terbang karena cuaca, klo udah ada pembatalan gini kondisi harga pasti naik karena banyak permintaan untuk besok hari ) karena kami pikir sama aja di hotel kami putuskan untuk beli di Hotel aja kali yah..kan lebih enak karena nginap di sana.

Sampai Hotel Bertanyalah kami ke receiptionis , sayang nya orang nya berbeda dengan yang tadi awal menerima kami  antara orangnya agak serius atau ketus , saya sampaikan tadi kami di tawarin 35 euro untuk green dan 35 euro untuk red tour dan 175 euro untuk balloon , mas receiptionis ini dengan wajah serius (menurut saya dengan wajah ga terima) bertanya siapa yang kasih harga segitu , bilang teman mu tadi bilang gt ..memang dia bilang 200 euro tapi saya nanya ke dia ada yang murah ga ..ada ya 175 euro.

Klo ga bisa atau ga ada ya gapapa (sambil berfikir kembali ke travel agent yang tadi nawarin harga sama) dia bilang tunggu sebentar ya trus nelpon ..Setelah nelpon dia bilang karena cuaca dan pembatalan udah ga bisa dapat harga di bawah 200 euro seperti itu. Kami pun mengucapkan terima kasih trus balik lagi ke travel agent yang nawarin harga mirip tadi ke kami hanya saja dia bilan green dan red tournya di 40 euro kami pikir coba nego ke sana cuman beda satu bloq dengan hotel kami. Agak nyesek yah karena harga sudah berubah banyak dang a sesuai prediksi kami dan di tambah lagi usd dan euro kami udah kami estimasi di harga yang lama hehehehhe..di pelajaran bagi kami harus bawa usd atau euro lebih..berbeda dengan trip ke jepang harga lebih update dan secara mental dan persediaan uang yang kami bawa tidak jauh berbeda dari kenyataan.

Sesampainya di tour tadi saya sampaikan kami mau ambil balloon yang 175 euro tadi , tapi dia bilang itu klo kondisi normal ya harga segitu tapi karena dua hari ini ada pembatalan ga bisa dapat harga sgt dan dia bisa kasih harga paling murah di 190 euro ..sembari dia menelpon ..kami sempat mikir pindah lagi ke tour yang tadi nawarin yang 180 euro tapi kami coba nego dulu di sini ..saya bilang kami akan ambil green, red tour dan balloon negosiasi 260 , 255 dan deal nya di 250 euro (green 35 euro, red 35 euro dan balloon di 180 euro pikir kami) oklah ..terlebih dia bilang balloon nya 20 orang koq jadi ga desak desakkan..dia kemudian nelpon dan putuskan kalo didaftarkan balloon untuk besok pagi jam 06.00 kemudian green tour dan lusa baru red tour kami ok aja..kami masih ada 2 hari di goreme klo besok ga bisa naik balloon masih bisa lusa..(penting sekali mencadangkan hari di Goreme klo mau naik balloon, contohnya ada kenalan saya desember awal ini batal naik balloon di goreme karena cuaca tak mendukung karena tour dan jadwal padat jadi udah ga bisa naik..berbeda klo jalan sendiri bisa atur jadwal dan lama hari lebih flexible).

kami putuskan untuk membeli tour dan baloon di Flintstone

ambil USD dulu..di atm ini bisa ambil USD, Euro atau pun TL..ya ada fee dan rate nya..klo ga salah USD dan Euro kena 3%

Urusan tour udah beres , kembali kami jalan satu bloq kembali ke hotel untuk istirahat maklumlah kemarin kami kurang tidur..dan kami mencoba mencari destinasi untuk sore ini yang tidak di kunjungi tour yang bisa kami eksplore di Goreme.

penting bgt menemukan minimarket ini..harga fixed dan murah..

beli kemasan 5 liter an untuk stock minumkami..di hotel ga dapat air ..tapi ada teko listrik pemanas..

jajanan

Sore ini kami putuskan ke Goreme sunset point dengan berjalan kaki ..
Perjalanan di suguhi dengan pemandangan ala serial Breaking Bad saat mereka ngeracik meth hahahahah jalan kaki sekitar 2.5 km sampailah kami di tempat..
Jalanan yang berpasir dan debu akibat turis lewat naik atv harus di nikmati saja dan pemandangan indah nya..

hm..seru yah naik kuda...

sunset point

keren kan sunset nya

Perjalanan kembali ke goreme kembali sekitar 2.5 km , malam ini kami mau makan pilav kebab , kebab ini berbeda dan jadi makanan khas di sekitaran kapadokya.

Di resto ini kami Sempat di kira orang china, tapi kami bilang kami orang Indonesia ..dia bilang Jakarta ..ya itu Ibu kota kami tapi udah mau pindah..iya katanya dia mau tenggelam kan ?!!? lah koq..tau,,

di goreme ada makanan khas namanya testi kebab..di Istanbul ada juga sih...

Kami ga pesan minum karena bawa minum sendiri tapi bapak nya berbaik hati akan kasih free Cay/tehh ke kami ..jadi ingat pas makan resto Turki di Phuket di kasih free tehh juga hahahha..

Setelah makan malam kami ke mini market dulu kemudian balik ke hotel untuk istirahat..

di goreme juga ada persewaan mobil antik loh