Hari ke 11, Selcuk (House of Mary, Efesus, Kusadasi) 13 November 2019

Hari ke 11, Selcuk (House of Mary,Efesus, Kusadasi), Rabu 13 November 2019

Untuk 1 day tour hari ini kami membeli nya di bapak yang kerja di Kamilkoc di Pamukkale dan saya sudah komuniskasi kapan kami akan  ikut 1 day tour nya (udah beli dari tgl …) dan di mana kami hotel kami di selcuk dan info nya akan di Jemput jam 9 pagi ini.

Kami sarapan dulu di lantai 3 jam 8 an lebih ..sarapannya tidak buffet  karena tamunya kayaknya cuman 3 orang..sekitar jam 08.30 telpon saya berbunyi

ini hotel atau rumah di seberang hotel kami

ada ayunana di lantai 3 hotel kami

enak bisa nyantai di sini juga..

kamar kami dekat pintu

bersemangat akan ke sini

sarapan nya ala Turki dan langsung di sajikan..tamunya sepertinya hanya 3 orang bersama dengan kami..

ketika kami sedang sarapan dan no nya dari Turki..saya ga berani angkat cuman saya sms aja untuk menghubungi di wa saja..dan ternyata orangnya juga menghubungi wa saya..curiganya ini orang yang akan jemput kami..kami pun bergegas sarapan dan tak lama orangnya udah ada di Hotel..

Meminta maaf karena masih ada beberapa barang yang belum di packing ..dan kami dapat infonya penjemputan jam 9 pagi..dan ini lebih awal..

Kami pun check out sembari membawa semua barang kami ..karena bisa taruh di mobil..sampai di mobil ternyata udah penuh..jadi ga enak..hari ini semua peserta tour nya orang asia..3 orang malaysia ,2 orang Hongkong,  2 orang korea..(2 orang korea ini ga ikut tour sampai selesai karena mereka akan mengejar pesawat sore ini) mungkin karena itu juga tour hari ini lebih awal..

Guide kami.

Destinasi pertama adalah ke House of Virgin Mary (di yakini begitu ..entah benar entah tidak). Bagi penganut Katolik/kristen di kayu salib Tuhan Yesus berpesan kepada St Yohanes Rasul bahwa mulai saat itu Bunda Maria adalah ibu nya dan St Yohanes Rasul adalah anaknya. Dan St Yohanes Rasul ketika pindah ke Efesus membawa Bunda Maria Beserta nya dan sini di yakini adalah tempat Bunda Maria Tinggal..letaknya di bukit jauh dari kota Efesus ketika itu untuk menghindari pengejaran dari Pemerintah Roma atau orang yang tidak senang dengan kehadiran nya.

view menuju House of Mary ..sangat indah..posisi nya di atas bukit

Disini kami bertemu rombongan tour orang Indonesia dan kembali ketemu sama orang Malaysia yang satu  bus dengan kami dari Antalya –Fethiye..dan bertemu denngan tamu satu hotel yang tadi pagi check out juga bareng kami..Disini hanya di beri waktu sekitar 15-20 menit perjalan kembali di lanjutkan ke Efesus.

jalan kaki dari parkiran ke House of Mary, Mary/Maria/MAaiam adalah Bunda Maria ..Bunda Tuhan Yesus..Bunda Nabi Isa di keyakinan Islam

dulu nya tempat penampungan air

di dalam sini kita bisa berdoa dan meletakkan lilin di PAtung Bunda Maria..di Dalam tidak boleh di foto

di sini ada sumber air yang bisa langsung di minum

tempat untuk meltakkan permohonan

rombongan tour orang Indonesia

rombongan kami kembali ke mobil

foto ini dikirim oleh kawan malaysia ..katanya ada foto kamu ini terfoto di saya

Dalam perjalanan ke House of virgin mary kami sudah melewati efesus ..dan sekarang kami pun ke efesus melalui pintu bagian belakang..

pemandangan kembali turun bukit menuju efesus

banyak toko ..sebelum pintu masuk Efesus ..ORang korea di Rombongan kami mau nyari kopi dulu ..ga bisa klo ga ngopi katanya

kawan tour dari Malaysia..besok di Istanbul tak sengaja bertemu dia lagi..

menuju pintu masuk

loket tiket

Hongkong dan korea

liat bawah sapa tau nemu koin hehehehe

jalananya udah bagus yah

tour guide orang Turki yang bawa rombongan Indonesia..tour guide ini menjelaskan pakai bahasa Indonesia

seperti spa gt..dan orang jaman dulu sambil duduk di toliet sambil ngobrol bisnis ..yeakkk

library of celcus

terowongan bawah tanah

amphiteather

toko toko di luar

Setelah dari efesus di lanjutkan ke toko yang jual bahan kulit domba gt..harganyanya luar biasa mahal..bahkan guidenya pun mengakui klo harganya mahal..di toko ini sempat ngobrol sama orang Malaysia lainnya klo harganya mahal bagi merek a..nah apalagi bagi orang Indo katanya  (wah ..agak gimana yah denger nya..orang ini bukan rombongan kami koq..yang orang Malay rombongan kami asik2 orangnya  hehehe )

kasih teh dis uruh liat Fashion Show

Fashion Show

Driver ini baik lohh..gembok doraemon kami ga jadi ilang berkat bapak ini..sebelum kami berpisah ketika tour sudah usai nantinya dia cek ricek lagi bagasi dan menemukan gembok kami

kemudian makan siang..dan sini kami mulai banyak ngobrol dengan orang Malaysia dengan Bahasa Indonesia wah senangnya bisa ngobrol dengan bahasa Indonesia..lebih senang lagi orang Malaysia yang single traveler dia kakak ini cerita ke istri saya senang bisa ngobrol karena dia single traveler jadi hampir tiap malam telpon temannya di Kl untuk ngobrol heheehe..2 orang korea berpisah di sini karena mereka akan lanjut ke Airport..

di bandingkan one day tour kami yang lain..yang kali ini makanannya biasa banget..dan kami orang malaysia dan Indoensia yang menghabiskan nasi dan sayur (sharing soal nya) yang Hong kong dan korea makanya  dikit hehehe

Setelah makan siang kami di mampirkan ke toko karpet…

di sini kami ngobrol pakai bahasa Indoensia..ngomongin orang Turki ahahahaha

ini Zultanite stone yang di beli rekan Malaysia..ya sekitar 2-3 jutaan rupiah..nbukan di toko ini tapi di trip hari dia sebelumnya

Setelahnya ke Kuil Artemis..

Kuil Artemis ...iya cuman sisa satu tiang ini aja..ceritanya di hancurkan oleh penganut kristen..dan di kawasan ini sebenarnya kawasan bersejarah ..hanya saja sudah menjadi perumahan penduduk..

Kemudian di mampirkan ke toko oleh2..rombongan kami kompak tidak ada yang beli dan  destinasi terakhir adalah Isa Bey mosque yang sudah kami kunjungi semalam..di sini saya memang merasakan perbedaan antara jalan sendiiri dan klo ada guide..enak juga ada Guide yang mejelaskan yah..kakak orang Malaysia berpisah di sini ..

hanya incip 2 saja tapi tidak beli ..ga ada yang beli dari rombongan kami

Isa Bey Mosque ..kemarin sudah kami kunjungi secara mandiri

di sediakan pakain

Disini juga saya bertanya bekaitan dengan Benteng yang saya lihati Kusadasi..guide ini menyarankan nanti naik dolmus ke kusadasi trus turun nya di otogar..titipkan aja tas di perusahaan bus trus tinggal jalan kaki 15 menit ke benteng itu..ok!

Dari Isa Bey kembali ke kantor tournya yang berada di sebenrang otogar kami pun pamit..Gembok doraemon saya terlepas karena tidak di kuncikan ..tapi berhasil di temukan oleh drivernya..

Jam masih 15.30 an kami pun naik dolmus ke Kusadasi karena bus malam kami dari kusadasi ke Istanbul malam ini jam 23.30..saya juga bersyukur untung ke Kusadasi..klo ga bakalan bingung ngapai di Selcuk sampe jam segitu…(malam nya bus dari Kusadasi mampir ke Selcuk lagi ambil penumpang ..pas kapan hari nanya ga ada bus dari selcuk ke Istanbul..yah membingungkan infonya).

di taman seberang terminal selcuk

Kami naik Dolmus ke kusadasi..rata2 penumpang turun di center , tempat kami kemarin naik dolmus ke selcuk..tapi kami bilang Otogar sesuai petunjuk Guide tadi.

Sesampai di Otogar kami ke kantor bus Kamilkoc mau nitip barang..tapi ga boleh dan di arahkan ke penitipan tas,,dan kami pun ke penitipan dan bayar..kemudian jalan kaki menuju Guvercinda – Benteng di pinggir laut..

ke arah kantor Bus KAmilkoc

ini bus ke Airport..yang mau versi murah ke airport bisa naik bus ini..tapi klo buru2 bisa pesan shuttle/travel gt ke airport ..karena aiport di kota yang berbeda lagi (di kota Izmir)

di arahkan ke penitipan tas..kantor bus ga mau dititipi tas

jadwal bus ke bandara

Ada kejadian unik kami di sapa seorang pemuda dari Dalam Dolmus..berasa jadi Bule yang Indonesia sering di sapa orang..mungkin penampakan kami yang berbeda dan jalan kaki ga jelas..kemarin pas di selcuk kami di sapa dan di dadah in sama anak2 kecil di depan sekolah..nanti ada lagi kejadian unik nya…kami di ajak foto sama orang Turki..#berasa jadi bule kan hehehehehe…

Jalan kaki sekitar 15-20 menit melewati perumahan..akhirnya kami tiba di pinggir laut dan masuk ek Benteng..gratis..

di bawah jalan layang

bapak2 nongkrong main kartu

jalan kaki melewati perumahan

kami ambil jeruk yang jatuh..

keren2 rumahnya

lega mulai terlihat laut

itu benteng yang kami tuju

karena mendung hari ini kapal tidak jalan..ga bisa liat sunset

jalan menuju Benteng

ada sangkar burung
 Disini lah kami di ajak foto, awalnya saya mau foto pasangan turki yang mau pre wedding, eh malah mereka pose untuk kami..trus sang pria bilang ada yang mau foto sama kami ahahahahha…

ada yang prewedding

Sudah mulai gelap kami mencoba mencari starbuck sebenanya tapi malah nemu kafe local murah di pinggir laut..

proses pembuatan jalan/reklamasi ke Benteng

clock tower di kawasan marina

nemu kafe murah..di stabuck juga view ini

trus sekitar jam 8an kami naik Dolmus kembali ke otogar..kuatir kemalaman ga dapat dolmus ..udah malas jalan kaki..

nai dolmus ke otogar..itu pun bertanya dulu apakah ini arah otogar..untung nanya..kami sempat salah nyegat dolmus..harusnya arah yang berlawanan..untung di info driver nya..other side

Hampir bablas pas turun dari Dolmus untung ingat 2 dikit jalannya ..

Setelah turun sebenarnya kami tertarik membli karpet di salah satu toko tapi tokonya ternyata sudah mau tutup dan kami akhirnya keluar lagi dan menyebrang kembali ke Otogar..

udah mau beli eh toko nya tutup

Di otogar kami masih menunggu sangat lama, dan istri ngeteh di salah satu toko di otogar orang nya baik dan kami di perbolehkan menunggu dari jam 20 an malam sampai 23.30..Terima kasih sempat di tawarkan mau meminjamkan selimut wah kami sungkan

menunggu dari jam 20 sampai 23.30

bus kami

ini bus nya kembali ke Selcuk ??