Hari ke 6, Pamukkale (Hierapolis & Cotton Castle) 8 November 2019

Hari ke 6, Pamukkale (Hierapolis & Cotton Castle) , Jumat 8 November 2019

Sorenya ke Antalya

Malam kemarin kami tidur di Bus , tidak bisa sepenuhnya di bilang tidur yah..
Perajalanan Goreme menuju Denizli sekitar 9 jam dan harus berhenti dibeberapa tempat karena drivernya istirahat..ini lah sebabnya walaupun bus kamilkoc ini jauh banget lebih enak di banding bus oncu (yang kami naiki dari Istanbul – Goreme) dengn formasi kuris 1-2 sehingga lebih luas dan nyaman..

Oia bagi yang membaca bloq tahun 2016 dan 2017 di tuliskan bahwa di bus di sediakan snack dan minuman yang kita bisa refill gratis (soda, jus) itu juga kami harapkan tapi yang kami alami pramugara hanya membagi gelas plastic dan menuangkan ke gelas kami air mineral (dari kemasan yang 1.5 ltr ke gelas kami) udah ga ada apa apa selain air putih yah..hehehehe..

Sekitaran tengah malam bus stop di Terminal Konya..dan  seluruh penumpang di suruh turun..awal nya kami bingung karena pramugara hanya berbicara dalam Bahasa Turki dan ketika kami turun dengan google translate bertuliskan bahwa akan berhenti di sini 30 menit ..wah ga ada persiapan cuman pake sandal hotel dan cuaca dingin …tas rancel berisi laptop juga masih di

Bus..kiraian cuman turun bentar kaya biasa  tapi semua harus turun dan bus juga pergi entah kemana…

Kami pun memutuskan untuk menunggu didalam ruangan saja sambil dag dig dug…

terminal Konya

terminal konya

wc

Ketika udah mau jam nya kami pun keluar dan tak lama masuk bus ..syukurlah barang2 aman dan masih di tempatnya.

Perjalanan di lanjutkan dan sekitar jam 05.30 pagi kami sampai di Terminal Denizli suasana di luar masih sangat gelap btw kami bus stop di Basement heheheh..

Nah di sini kami dapat pengalaman yang membingungkan ..ada seorang bapak yang memegang kerta yang bertuliskan nama  saya ..saya kira ini jemputan saya tapi ada orang lain lagi yang bilang dialah shuttle bus kami dan pramugara yang tadi agak sombong itu juga memberi gerak gerik/ petunjuk kea rah bapak ini (yang bukan pemegang kertas) dan pramugaranya juga senyum mungkin dalam hati akhinya beres juga nie sama orang ini..

Bapak yang claim shuttle kami ini berdebat bahkan marah ke bapak yang pegang kertas (berisi nama saya) dan kami di arahkan menuju minivannya .
Kami pun berjalan kearah minivan nya sambil kebingungan siapa yang benar atau kami sedang kena scam ..di dalam minivan sudah ada 2 orang..kami pun memasukkan bagasi di bantu oleh bapak drivernya..

bus yang kami tumpangi

minivan ..shutlle free

perjalanan menuju pamukkale ..di luar masih gelap seperti malam hari

Tak lama minivan pun berjalan meninggal kan terminal denizli , dan bapak tadi yang mengaku perwakilan kamilkoc menjelaskan ke kami klo bapak yang pegang kertas itu adalah pihak tour dan bila ikut dia kami akan di tawarin banyak hal..selama perjalanan ini kami juga Antara yakin dan tidak yakin klo kami ga kena scam..

Perjalanan sekitar 30 menit dan suasana di luar masih seperti malam hari..kami pun sampai di depan kantor kamilkoc di pamukkale ..nah di sini kami benar benar lega..

lega nya sudah sampai kantor kakilkoc di pamukkale

kami di persilahkan istirahat di sini sambil menunggu terang

yes ada colokan dan wc

paket tour,, akhirnya kami beli bapak ini

2 orang orang penumpang yang tadi satu minivan sama kami juga turun di kantor ini dan di tawari oleh bapak ini beberapa hal berkaitan tur pamukkale dan hotel untuk beristirahat sebentar..mereka sepasang suami istri dari Kenya.

Kami pun di tawarkan banyak hal oleh bapak  orang kamilkoc ini mulai dari hotel untuk istirahat sebentar, 1 day tour pamukkale , Balloon air (oia kemarin kami dapaat info dari teman tour yang orang Pakistan..dia naik balloon udara di Pamukkale dan dengan bangga dia bialng lebih murah..hanya 140 euro..beda banget dengan di Goreme tapi menurut saya ga bisa di bandingkan sieh karena view nya kan beda yah..nah bapak orang kamilkoc ini malah menawarkan kami 120 euro).

Tak lama sepasang suami istri dari Kenya ini di antar minivan lagi..sepertinya mereka memilih istirahat di Hotel yang di Tawarkan ..

Karena tinggal kami berdua, bapak ini tetap gigih menawarkan beberapa hal termasuk paragliding..trus kami bilang kami turis backpacker jadi milih jalan sendiri aja..dan dia pun memperislahkan kami istirahat di sofa yang ada..

Memang Rejeki bapak ini dan berkat kegigihannya menawarkan ke kami ..kami pun akhrinya ikut 1 day tournya di pamukkale (padahal saya baca di beberapa blog klo pamukkale hanya tinggal jalan kaki saja , mungkin karena masih gelap jadi bingung kami di mana)di tour pamukkale ini soalnya ada lokasih tambahan yang katanya agak jauh ya…akhirnya kami beli tour pamukkale dan tour efesus untuk di Selcuk walaupun masih beberapa lagi baru akan ke selcuk (kenapa kami beli tour efes, karena kami mau ke rumah Virgin Mary , untuk ke sana harus naik taksi atau pilihannya ikut 1 day tour).

Urusan beli membeli sudah beres dan kami bayar dan bapak nya juga kasih rate bagus ke kami kemudian di tawarin teeh Turki..

di beri teeh gratisan kerena kami udah beli ke dia tour nya
oret oretan dengan bapak nya

Sekitar jam 9 an kami di jemput oleh minivan , dan supir yang sama yang kami ikuti tadi dari denizli dan di dalam minivan juga ada sepasang suami istri dari Kenya dan peserta lainnya adalah seorang Ibu dan 2 orang anaknya (anaknya udah kerja, lahir dan warga Negara Inggris).

Ada beberapa cerita yang unik nanti saya share via foto aja..dan juga ketika suasana mulai terang di luar sana istri saya udah melihat warna putih ..iya saya bilang itu sudah cotton castle nya udah dekat banget yahhehehehhe ya udah gpp udah beli tour ini juga..

Perjalanan minivan langsung di antar ke pintu Hierapolis yang terjauh..kami menyusuri dari sisi terjauh baru berakhir ke cotton castle..bloq yang saya bca biasanya masuk dari pintu cotton castle dan biasa nya tidak mencapai sisi terjauh ini karena ada reruntuhan saja ..dan bila mau ke sisi terjauh ini ada juga shuttle yang sudah di sediakan  di dalam dan gratis..

dengan minivan & driver yang kami ikuti dari denizli

Guide kami adalah seorang ahli geologi dan dia menjelaskan tahun 90 masuk ke Hierapolis masih bebas dan gratis sekarang harga sudah lumayan mahal..tour guide cukup baik tapi sayangn Guidenya tidak seperti Guide yang lain ..setelah di Antique pool kami hanya di tinggal dan di tunjukkkan amphi dan di beri waktu 1 jam untuk ketemu lagi di meeting point jadi ga di temani.. #mulai menyesal membeli tour ini…heheheh

peta Hierapolis

di zaman dulu kota ini bagus sekali

Guide kami..lebih benarnya seperti petunjuk arah aja ..

gate terjauh

makam kuno

dulu nya ini adalah pasar..jalannaya udah bagus

saluran air

travertine

Di antique Pool hanya pasangan dari Kenya yang memilih untuk berenang da nada biaya extra bila mau berenang di sini..kami putuskan untuk naik  ke amphiteather dan setelah itu mengunjungi museum di dekat antique pool , museum ini juga extra dan harus membeli tiket lagi TL18 (bila museum pass ini udah termasuk..hiks..#nyesal tidak beli museum pass)..lucunya di loket kami di Tanya dari nama kami bilang Indonesia ..banyak nya bisa ngomong apakabar dengan bangga nya hahahaha…oai di amphiteater kami juga mencuri dengar penjelasan dari guide lain dan juga ada rombongan dari Indonesia

antique pool dan di depan sini juga jadi meeting point rombongan kami..tur guide kami ngilang hehehhe

ini kolam air panas..bayar extra bila ingin berenang di sini

menu makan di Antique pool

ini versi murah yaitu pop mie

hanya reruntuhan gereja .hampir tidak ada apa2

Theatre

kami memilih masuk ke museum..dan ini adalah biaya extra

Selesai dari museum kami kembali ke antique pool jadi meeting point kami..dan kami di arahakan ke cotton castle nah..guide kambali lagi tidak menemani kami hanya mengantarkan saja dan mengarahkan nanti akan bertemu di kota di dekat masjid…(oia di pintu masuk tadi juga kami kebingungan karena bapak driver minivan yang ga bisa Bahasa inggris hanya menyuruh kami jalan aja..kami sempat bingung mana Guidenya ..ternyata udah nunggu di dalam ..guide nya bawa mobil sendiri).

Kami di minta menyusuri aliran air menuju pintu keluar. Oia saya salut dengan dua anak lelaki keturunan India ini..mereka bergantian menjaga mamanya jalanannya cukup licin..kebetulan saya ada kantong plastic jadi saya kasih aja ke mereka  untuk menaruh sepatu mereka sehingga bisa focus menjaga mamanya.

Kami sempat foto2 ..kondisi cuaca panas terik dan silau karena travertine berwarna putih memantulkan sinar matahari..

mengikuti aliran air

Setelah selesai kami, sempat membeli minum dan menuju masjid yang tadi di tunjuk oleh Guide kami..oia hari ini hari jumat jadi ada sholat jumat dan sang suamin orang Kenya itu sholat jumat di masjid.

Sampai di masjid kami bingung mencari guide kami tapi ga ada ya kami pikir mungkin dia sendang sholat jumat ..unik nya di luar masjid ada bapak yang membagikan kue khas Turki dan memberikan secara Cuma Cuma kepada semau orang yang keluar dari Masjid..kami yang melewati nya juga di kasih…

Sebenarnya guide nya bilang kami bisa ngeteh/ngopi di depan masjid ada kaya warung kopi tapi kami memilih duduk2 di luar aja sambil makan kue yang di kasih bapak tadi ehhehehe..untung ga di usir padahal ga beli kopi di warung..tak lama ada rombongan orang yang bingung kue nya mau di apain karena di udah makan tapi malah di kasih lagi jadi saya minta aja hehehehehe…orang yang melwati saya sering senyum2 ..trus saya pikir2 ouw mungkin karena melihat saya makan kue dan dkira habis hsolat jumat juga kali ya..

ikut duduk di warung kopi ini tapi tidak beli heheheh

Tak lama keluarga keturunan india juga sudah berkumpul ..nah di sini saya kami sempat ngobrol2 ..anak tertua berkerja sebagai IT dan si adik berkerja sebagai Akunting dan ngobrol2 dan bilang ke kami klo suatu saat ke London kontak aja ..dia kasih no telpon bahkan di adik mau nemenin nonton Bola..wah,,,..jadi punya teman baru nih…#mulai ga nyesel ikut tour heheheh..oia mereka dapat itket pesawat murah banget bahkan lebih murah dari Bus kami ..selanjutnya mereka sewa mobil untuk next trip selanjutnya..

Perjalanan selanjutnya ada makan siang..kegiatan tour sudah berakhir harusnya ..kami pun harus mengejar bus sore ke Antalya ..itu pun harus ke Denizli lagi…
Selama makan siang juga sempat ngobrol dengan orang Kenya..dia bilang kan orang Indonesia Islam, ya mayoritas tapi kebetulan kami yang minoritas

wih,..di sini travel..

resto kami makan siang

kue2

prasmanan

ga mau rugi

ini harga minumnya..extra bayar..kami tidak beli minum sudah bawa sendiri

Tapi bagi tour perjalanan ini belum berakhir ..habis makan siang setengah sore kami masih di mampirkan ke toko rekanan orang tour ini..bahkan orang inggris keturnan India ini..tau klo barang yang di jual mahal hahahahahah…

seperti biasa di ajak ke toko ..yang mahal bgd

Setelah selesai kami di antar kembali ke kantor Kamilkoc dan ternyata deket banget sama Masjid tadi hahahahahaha #nyesel lagi..

kantor pamukkale

jadwal bus kami yang 16.45

Setelah itu kami pun pamit dan di arahkan untuk naik Dolmus/angkot/minvan menuju Denizli terminal tunggu di depan kantor..oia barang kami titipkan di kantor kamilkoc ini juga..karena kami akan nai bus kamilkoc lagi . jam 15.30 an ke denizli , perjalanan sekitar 15 menit ..masih ada cukup waktu dari terminal kami di arahkan untuk naik keatas dan menunggu bus ke Antalya.

Dolmus ke Denizli
Otogar /Terminal Denizli

persiapan naik bus

toiletnya ..tinggal masukkan koin
bus ke Antalya ..sekitar 3,5 jam

PErjalanan ke Antalya hanya sekitar 3 jam an ..bus juga berhenti di beberapa tempat dan di sautu tempat saya sempat nanya apakah ini udah sampai Antalya ternyata bukan..sekitar jam 8 malam kami sampai Antalya..sempat survey beberapa bus untuk beli cari jadwal bus paling pagi ke Fethiye ..ternyata tidak ada yang ada paling palingpagi sekitar jam 9 kami ga beli dulu..kemudian bertanya ke bapak polisi ke mana arah tram..karena akan naik tram ke daerah Kaleici/kota tua di mana penginapan kami berada..

Otogar /Terminal Antalya

ngecharge juga masukkan koin

setelaht tanya polisi arah ke tram..kemudian dapat papan petunjuk ini

jalan kaki ke sini lain terminal

harus beli Antalya kart..seperti Istanbul kart..sistem isi saldo dan hanya perlu beli satu saja untukberdua atau beberapa orang

tram

penampakan dalam tram

SAmpai di Kaleici sempat bingung dengan google map ..kami berputar putar akhirnya dapat juga hotel kami..oia hotel ini kami pesan via traveloka..dengan system bayar di tempat..jadi kami langsung aja bayar pakai euro di receiption untuk dua malam

jalan kaki menuju kawasan kaleici / kota tua

clock tower

akhirnya sampai Hotel

lebih kecil dari di Goreme..akhirnya bisa tidur di kasur lagi..