HAri ke 8, Antalya (Demre, Myra, Kekova) 10 November 2019


Hari ke 8 ,Antalya (Demre , Myra , Kekova), Minggu 10 November 2019


Hari ini,  bangun jam 5 pagi trus mandi dan siab siab untuk ke Mcd Hadrian Gate sebagai meeting point untuk 1 day tour hari ini. Khusus yang kami tuju ini (Demre, Myra dan Kekova) tidak setiap hari ada tour nya hanya ada di weekend , di App klook malah sudah tidak tersedia..dan tempat ini kalah terkenal dengan 1 day tour tujuan perge aspendos…tapi karena akan mengunjungi gereja dan sunken city istri lebih cenderung memilih tujuan ini.



Sekitar jam 6 an pagi kami turun ke lobby dan benar saja bapak receiptionist yang kemarin ada stand by dan kami pun pamit..jalan kai dari hotel kami ke Hardrian Gate hanya sekirat 3-4 menit dengan suasana masih sangat gelap seperti malam hari.


Sekitar jam 06.20 kami ada di Mcd Hadrian Gate , Mcd nya tutup ..di sini MCd nya ga 24 jam..gagal ngopi deh hehehehe..setelah menunggu 5 menitan saya coba wa kontak tour nya..



ini pagi buta udah ada rombongan turis korea foto di Hadrian's Gate





Belum ada tanda tanda penjemputan..malah kami di tawari taksi yang sedang mangkal di situ. Tak lama sopir taksi yang tadi menanyakan ke kami apakah kami peserta tour untuk Demre ya jawab istri saya..kemudian dia menyerahkan telpon nya ke kami..di jung telpon ada suara seorang ibu yang bilang bahwa dia tour guide kami dan kami di minta untuk naik taksi itu untuk menuju bus dan dia yang akan bayar ongkos taksi dan saya pun menekankan lagi bahwa dia yang akan bayar ongkos taksi nya..kami pun naik ke taksi (dengan perasaan was was…semoga tidak scam) setelah naik taksi ..kami di minta berpindah ke taksi yang di belakang ..katanya change car..lah makin was was..kita..



kami menunggu di shuttle taxi







kami pun naik taksi


Perjalanan dengan Taksi sekitar 10-15 menit sampai lah kami di sebuah pinggir jalan besar dan sudah ada bus yang menanti di sana. Se orang ibu memperkenalkan diri sebagai Guide kami dan membayar taksi kami..Dan ternyata kami ikut tour dengan rombongan Russia dan mereka berangkat dari Side tadi dini hari untuk tour ini. Selain kami ada satu orang Jerman..jadi seharian ini kami akan mendengar Bahasa Russia. 




naik ke Bus

penampakan dalam bus


Guide kami memastikan paket tour ke kami , seharusnya kami harus membayar lagi untuk masuk St.Nicholas Church tapi Guide berbaik hati akan di tanggung oleh dia karena hari ini tour nya tidak banyak menggunakan Bahasa Inggris ya kami dengan senang hati..

Bus Pun berjalan tak lama stop di salah satu pom bensin dan kemudian jalan menuju stop pertama adalah tempat sarapan, untuk sarapan juga bayar extra tidak termasuk pake tour…

bus berhenti di pom bensin..di sini turun ke toliet..hebatnya pom bensin ini menyediakan minuman panas..toiletnya juga free

rombongan tour


jenis2 bbm

istri saya pun ambil minuman

di rombongan kami ada pasnagan muda russia yang bawa bayi loh!!..keren



tanda rombongan tour ini

suasana di luar mulai terang

di pinjamin buku






Bus berjalan sekitar 1,5 jam kemudian bus berhenti di pinggir jalan.dan kami 
penumpang di minta turun..bus ya rusakk sepertinya over heat ..kemudian di paksakan berjalan sampai tempat sarapan dan dari tempat sarapan nanti aka nada bus pangganti yang akan kami tumpangi  untuk tour hari ini..

bus over heat..penumpang pun turun sekitar 10 -15 menit

keren yah pasangan muda ini



Setelah sarapan dan menunggu tak sampai 1 jam bus pengganti pun sampai dan kami melanjutkan perjalanan menuju Demre/Myra sekitar 1 jam perjalanan dengan view pinggir laur yang sangat indah sampai lah kami di St Nicholas Church.

pemandangan dari resto tempat sarapan





sarapan tiak termasuk paket tour yah..jadi bayar sendiri..harga makanan di sini juga 5 x lipat di kota..yah namanya juga di kawasan antah berantah

ini snack yang saya bawa

Bus pengganti pun datang

bus nya lebih besar dan lebih bagus


selama dalam perjalanan di lihatkan ini..enatah di jual atau tidak..soalnya penjelasan dalam bahasa Russia



view dalam perjalanan ke Demre

St Nicholas ada tokoh penting bagi penganut Kristen Orthodox dan Katolik, St Nicholas adalah uskup Myra yang sering memberi hadiah dengan membawa sebuah tas besar/karung dan yang di beri pun tidak mengatahui siapa pemberinya..ini lah tokoh yang kemudian kita kenal sebagai Santa Klaus/sinterklas..


Bagi Rombongan Rusia ini kunjungan ini bukan wisata biasa melainkan lebih ke ziarah/pilgrim (kata Bu Guide) mereka di kumpulkan dulu dan di pinjamkan penutup kepala ..sedangkan kami langsung di antar masuk ke lokasi gereja… 1 orang Turis Jerman hanya menunggu di luar karena gam au ikut masuk ..(klo dia mau masuk harus bayar extra, saya rasa tidak masalah bagi dia untuk membayar mungkin tidak minat saja untuk masuk).

rombongan pun turun, untuk wanita Russia menggunakan penutup kepala karena akan mengunjungi tempat suci


rombonga russia di minta masuk ke sini..kami langusung di antar ke museum oleh bu guide dan setelah itu kami di lepas suruh baca sendiri info yang ada hehehe



map wisata Turki

pintu masuk..oia Gereja ini di anggap museum..museum pass bisa di gunakan


bisa museum pass..atau bayar TL 35


penampakan gereja 

ini mirip dengan souvenir yang tadi diliatkan dalam bus..harganya mahall..


patung St. Nicholas







keren yah lantai nya


lukisan di kubah








makan St Nicholas, Relikui nya tidak ada di sini..ada di Bari, Italia







rombongan kami baru masuk ketika kami sudah mau selesai 









souvenir


Selesai di dalam Gereja , kami semua belanja oleh2 dikit di luar ..kemudian melanjutkan perjalanan ke Demre ..hanya 10 an menit..ini merupakan makam kuno Bangsa Lyca yang dulu menghuni tempat ini sebelum kedatangan Romawi dan di sebelah makam kuno ini ada amphiteater peninggalan Romawi..untuk ke sini tiket udah include..

ini pun museum



peningalan Romawi

kuburan kuno Bangsa Lyca, Bangsa ini terlebih dahulu menghuni tempat ini sebelum di taktulkan oleh bangsa Romawi..



amphiteather romawi tepat di  sebelah makam kuno





Selanjutnya perjalan menuju ke kekova sekitar 45 menit..naik turun bukit dan unik nya dalam perjalanan bus sempat berhenti membawa 2 orang yang jalan kaki yang kebetulan tujuannya sama ke kekova (di gratisin sama bu Guide).

perjalanan ke Kekova

SAmpai Kekova , kami semua naik perahu untuk melihat sunken City..dan setelahnya di beri waktu untuk berenang..kami tidak berenang hanya rombongan orang rusia ..(kami pikir ini musim gugur harusnya air nya agak dingin tapi ternyata tidak terlalu di Antalya lebih mirip cuaca di Balikpapan tapi bila ada angin..anginnya sejukk)




naik perahu




Bangunan dalam air



dulu nya ini kota


sisa sisa banguan













ada glass bottom nya

toilet di kapal


lantai 2 kapal

ada yang nyantai

ada yang renang






kembali ke Bus



magnet kulkas

stroller


Selesai dari Kekova kembali perjalanan menuju ke Demre untuk makan siang setengah sore..

makan siang ala buffet


agak kurang cocok dengan kami makanannya ..mungkin di sesuaikan selera orang Russia..beberapa makanan juga di jatah



Setelah makan siang , kami di antar ke toko yang menjual zultanite stone..lumayan panen nih guidenya lumayan banyak yang belanja padahal harganya ga murah loh..



Setelah itu perjalanan kembali ke Antalya sekitar 2-3 jam..

bus kami


Kami sampai antalya sudah malam dan agak macet..ibu Guide bilang nanti diaakan berhentikan kami di pinggir jalan dan carikan taksi dan seperti tadi dia akan bayar taksinya ..mereka akan melanjutkan perjalanan ke Side (rombogan menginap di sana)..dan disarankan kami memberi tips ke driver..kami pun member Tl 10 dan pas liat Driver bayar ke Taksi Tl 10 juga hahahahaha..berarrti kami bayar taksi sendiri nih..ga gt juga yah…


Kami pun pamit dan naik Taksi..perjalan sekitar 15 menit sampailah kami kembali seberang Hardian Gate..

kembali naik taksi ke Hadrian Gate..







hm..

nyobain miniman vit c dosis tinggi


Kembali ke Hotel dan beristirahat..

Opsi 1 day tour menjadi pilihan yang bijak untuk menjangkau tempat tempat yang jauh yang susah kita jangkau sendiri ..ini juga menjadi pengalaman tersendiri bergabung dengan rombongan orang Rusia..menemukan kebaikan dan keramahan orang rusia walaupun mereka juga susah berbahasa inggris…selesih harga di applikasi get your guide dengan yang kantor tour sekitar Rp.100 ribuan per orang..saran saya klo ga mau ribet dan pengalaman kaya kami untuk lebih pastinya bisa pesan di kantor tour di Antalya di dalam Hadrian Gate .. tapi kami juga bersyukur karena ini kami jadi ada pengalaman naik taksi di Turki dan ikut tour Bahasa Russia hehehehhe..
Oia untuk Tour Demre Myra dan Kekova ini biasanya tersedia hari tertentu umumnya di Weekend..kami kebetulan setting waktu ke Antalya pas weekend (bisa riset di applikasi klook dan Get Your Guide).

1 komentar:


  1. AJOQQ agen jud! poker online terpecaya dan teraman di indonesia :)
    gampang menangnya dan banyak bonusnya :)
    ayo segera bergabung bersama kami hanya di AJOQQ :)

    BalasHapus

Banjarmasin 14 -16 feb 2021

Banjarmasin 14 Februari 2021 Valentine di Banjamasin hehehehe..trus ngapain ya berburu kuliner .. ini mie bancir yang di cari di sampit dapa...