Hari ke 4, Goreme (Baloon & Green Tour) 6 November 2019




Hari ke 4,  Goreme (Hot Air Baloon, Green Tour), Rabu 6 November 2019

Hari ini jadwal kami naik Hot Air Balloon di jadwal akan di jemput jam 06.30 kami di minta jam 06.20 udah stand by di lobby hotel. Kami bangun lebih awal dan walaupun di luar udara nya sangat dingin tetap mau mandi pagi ini..

menunggu di lobby hotel..di luar dingin bgt




Jam 06.20 , kami sudah di lobby dan benar saja jam 06.24 kami sudah di jemput.. suasana di luar masih sangat gelap seperti jam 4 dini hari di Balikapapan. Di mobil penjemputan sudah ada beberapa bule dan turis dari China ..kemudian masih mampir sebentar ke kantor nya yang cuman beda satu blok dari hotel kami ..trus masih jemput satu orang lagi kemudian kami di antar ke bukit.




penampakan dalam mobil


paket snack dari balloon

ketika kami sampai bukit ..udah banyak baloon yang terbang..

snack

tiket balloon



Di bukit ini , sudah banyak balloon udara yang terbang jadi sembari menunggu persiapan balloon kami , kami foto2 dulu dengan background yang keren ..
Oia, sempat kebelet pipis dan bertanya  soal toilet dan tidak ada jadi di sarankan pipis di semak semak hehehhe..

ketika kami sampai bukit ..balloon ini sudah mau terbang



udah mulai

balloon kami masih persiapan


view dari bukit..sebenarnya ini ladang kentang atau sayuran lainnya

sembari menanti persiapan balloon kami


Balloon sudah siab , kami pun berangkat ..waktu terbang kisaran 45-60 menit tergantung cuaca dan arah angin dan ketinggian yang bisa di capai sekitar 750-800 meter di atas permukaan tanah..jumlah penumpang juga cukup nyaman karena satu keranjang hanya di isi 3-4 orang (2 mobil van saja) saya lupa hitung orangnya mungkin sekitaran 16-18 orang saja dalam trip balloon ini.


udah mau siab nihhh

yey!!!

menaiki balloon

bakar !! mulai mengudara

Bakar !!!



view dari atas Balloon



Sun rise dari Balloon








wow!!








ketinggian tertinggi sekitar 800 m dari permukaan tanah

Sekitar 1 jam an di udara , kami pun landing di tempat dari hanya bergeser sedikit..jadi prinsipnya balloon ini bergerak mengikuti angin.  Setelah landing ada ritual pembagian sertifikat kosongan dan minum champagne dan silahkan klo mau kasih tips..


prepare for landing..di tarik sama petugas darat...

mobil meneyesuaikan ..karena balloon akan mendarat di gandengan belakang mobil


ya..mendarat!!

topi merah..captain/pilot kami

sudah mendarat ..antri turun

persiapan perayaan





cheers




sertifikat ..yang mirip brosur ..ga ada namanya hahahaha

kembali ke hotel


Selanjut nya dengan minivan yang sama kami di antar kembali ke Hotel.  Jam masih 8 an pagi jadi kami sempatkan naik ke lantai 3 untuk sarapan sejenak. Sekitar jam ..09.30 kami pun turun lagi ke lobby untuk siab2 di jemput untuk mengikuti one day tour dan kali ini tournya adalah green tour. Di jemput 09.40 -09.45 ontime

sarapan di Hotel kami

roti 

sarapan ala Turki..tiap hari ini sarapannya

wafer ??!!


Wafer, sosis , kentang Goreng..



Hari ini di minivan peserta tournya hanya ber enam, 2 orang jepang (si cewek tinggal di kanada) dan sepasang orang Turki ..selama perjalanan hari ini kami di temani driver dan seorang tour guide..tour guide kami wajahnya sangat bule sekali dia seorang mahasiswa master yang berasal dari Black sea Region..(kawasan utara Turki).

jemputan untuk Green Tour

penampakan dalam mobil..

mampir dulu ke kantornya



Stop pertama adalah panoramic valley ..sebenarnya udah kami lewati waktu naik bus memasuki Goreme..

stop pertama




waduh bendera nya koq ga bersahabat hehehehe...



siab lanjut naik mobil lagi

Perjalanan sekitar 30an menit destinasi selanjutnya adalah Underground City. Underground city ini sangat menarik sekali ..karena membayangkan pada jaman dahulu demi menghindari musuh penduduk kota ini membuat kota di dalam tanah yang mencapai 7 lantai ke dalam tanah lengkap dengan Gereja dan pemakaman sementara..Underground city hanya di buka untuk umum hanya sampai lantai 3 tapi itu sudah membuat lumayan kurang nyaman bernafas karena suasana yang di bawah tanah dan banyak pengunjung..

toko souvenir sebelum masuk undergroun city


pintu ,masuk underground city..ini juga di bilang museum..makanya beli museum pass (penuh penyesalan hiks..)



Guide kami menjelaskan tentang underground city

berikut maket nya


mulai masuk

Ruangan2 

ruangan2


klo udah penuh gini bingung ..hehhhee




Destinasi ke tiga cukup jauh dan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan  adalah Selime Monastry.  Ini adalah sebuah  biara Kristen pada tahun 300 an ..wah jadi bisa membanyangkan kekristenan purba  yang selama ini sejarah nya bisa di baca di e katolik ..oia Biara ini adalah biara St.Basil ..


Kapadokya berasal dari bahasa Persia yang berarti Land of Beautiful Horses, bangsa Persia yang menaklukkan wilayah ini tidak berdiam di kawasan ini..mereka hanya memanfaat kan kawasan ini untuk melatih kuda perang mereka, itu sekilas penjelasan Guide kami.


Di Monastry ini masih terdapat lukisan lukisan di dinding (lukisan ke Kristenan) jadi berasa ziarah ke Tempat ini..



Selime Monastry..ini juga museum



jalan menanjak menuju atas..sudah di buatkan tangga koq

View dari Monastry

dapur 

salah satu gereja


masih ada lukisan dindingnya

lukisan Dinding







PErjalanan selanjutnya sekitar 15 menit adalah makan siang di Aksaray ..oia tour ini udah include makan siang tapi tidak dengan minumnya..kami membawa minum sendiri ..klo beli di resto nya harganya bisa 5 kali lipat harga di kota..

resto makan siang kami





pilih menu ini salah satu..minum extra bayar ..


makanan pembuka

makan siang undah include di tour



Setelah makan siang kita berjalan kaki menyusuri sungai di Aksaray  sekitar 15 -25 menit kemudian berhenti di suatu tempat peristirahatan dan bisa minum kopi atau jus, sayang nya tidak masuk ke gereja 2 yang terletak di bukit bukit batu..pada jaman dahulu penduduk membuat rumah di bukit2 batu.

guide menunjukkan batas kita akan stop..

guide dan peserta tour asal Turki


View nya bagus

tempat stop kami..mau tak mau nongkrong lagi di sini


jus dan kopi

pohonnya keren yah



Kami termasuk yang orang terakhir jalan kaki..pasangan orang jepang berjalan sangat cepat..orang turki juga,.jadi sungkan klo mau stop stop trus foto foto..


Setelah dari sini , perjalanan selanjutnya sekitar 1 jam kami kearah Pigeon Valley tapi sebelumnya kami di mampirkan ke pabrik dan toko yang menjual Zultanite Stone , katanyan batu khas Turki yang bisa memancarkan/ berubah menjadi 7 jenis warna..(belakangan istri saya melihat bahwa ini merupakan scam, harga jualnya sangat mahal dan bila ga cermat kita hanya membeli plastic) Guide nya sangat baik karena kami tidak minat kami di kasih petunjuk bisa menyebrang ..ya tinggal nyebrang udah pigeon valley..pasangan jepang di kejar terus kebetulan yang petugas tokonya bisa bahasa jepang ..dan pasangan Turki sepertinya minat membeli..

di mampirkan ke toko ini

Guide kami baik lohh..tau kami ga minat beli di persilahkan nyebrang langsung ke sini..di sini hanya sebentar saja

pigeon Valley..tapi ga ada pigeon nya 




natural Viagra ??

Di Pigeon Valley tidak lama hanya sekitar 10 an menit dan  karena saling membantu foto kami pun ngobrol dengan pasangan Jepang  ini..setelah seharian baru ngobrol hahahahaha…padahal di awal tour , guide kami meminta kami saling memperkenalkan nama dan Negara asal..


Dan setelah ini kami menuju destinasi terakhir yang mana adalah toko rekanan tour kami lagi ..karena merasa mahal dan masih akan ke banyak tempat jadi kami tidak beli apa2 dan pas kami keluar toko ternyata pasangan jepang ini juga melakukan hal yang sama jadi ngobro2 lagi dan bertukar akun instagram..nah malah pasangan Turki yang belanja di sini.

di sini juga ga beli apa2 ..hanya incip 2 testernya saja hehehe








Perjalanan pun berakhir dan kami memilih turun di terminal Goreme saja tidak turun diHotel ..kami masih mau jalan2 di kawasan Terminal dan melihat2 souvenir kemudian mampir ke minimarket yang kemarin trus lanjut ke Hotel dan Istirahat.

memilih di turunkan di tengah kota/terminal

toko2 di tengah kota Goreme

tuh ada tulisan bahasa indonesianya










nyobain kebab dingin..ga enak rasanya harus di panasin hehehehe



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banjarmasin 14 -16 feb 2021

Banjarmasin 14 Februari 2021 Valentine di Banjamasin hehehehe..trus ngapain ya berburu kuliner .. ini mie bancir yang di cari di sampit dapa...