Hari ke 10 , Selcuk (St Jhon, Sirince) 12 November 2019

Hari ke 10 , Selcuk (St Jhon, Sirince), Selasa 12 November 2019

Fethiye - Aydin -Kusadasi - Selcuk

Di penginapan kami ini tidak tersedia ac..hanya ada kipas angina..dah entah kenapa  menjelang dini hari apartement ini berubah kaya kulkas dingin banget…
Bangun pagi sekitar jam 4 pagi persiapan dan check out dengan cara hanya meninggalkan kunci di sisi pintu kamar sebelah dalam..

Pantas aja dingin cuaca di luar di kisaran 14 derajat (perasaan biasa aja klo 14 derajat koq ini dingin banget yah)..kami pun jalan kaki menuju terminal sekitar 1.6 km..bus kami akan jalan 05.30 menuju Aydin.

masih gelap di luar ..

menuju terminal/otogar

ada yangtidur di kantor kamilkoc

beli tiket bus dari Kusadasi (katanya dari selcuk ga ada) ke IStanmbul..ambil jam 23.30

lumayan kursi nya

colokan..

Kenapa ke Aydin ?? yak arena bus ga ada yang langusung ke Selcuk jadi nanti dari aydin harus naik dolmus ke Selcuk…kenapa ada Kusadasi ??..

SAya  salah mikir harusnya dari aydin ada dolmus ke Selcuk lah saya malah ke Kusadasi dan dari Kusadasi baru Ke Selcuk ..nah berkat kesalahan ini itinerary kami nambah 1 kota lagi yaitu Kusadasi..di kepala saya seperti  kacau sehingga kami ke kusadasi dulu..

Bus pagi ini delay sekitar 10 menit dan perjalanan di lanjutkan ke Aydin. Sampai Aydin masih cukup pagi..saya selalu bertanya ke Driver untuk memastikan bahwa kami turun di tempat yang benar..walaupun tidak semua driver bisa bahasa inggris ..tunjukin aja tiket kita..

berhenti di sini sebentar..

kawasan Mugla

suhu 9 derajat

beli roti di Terminal

hanya dapat air putih dari perusahaan bus

Sampai di Aydin sekitar jam  09.30 an, kami memilih untuk masuk terminal dulu sperti biasa ke Toilet dan kemudian bertanya ke polisi untuk mencari Dolmus ke Kusadasi..(di jelaskna oleh loket kamilkoc ga ada yang langsung ke Selcuk harus ke Aydin) dan pas kami keluar langsung menemukan dolmus ke Kusadasi jadi kami langsung naik..nah pas keluar terminal istri saya ada lihat petunjuk aydin – Selcuk nah kami pun bertanya apakah bisa stop ke driver nya karena kami mau ke selcuk ..menurutubapak driver nya tidak ada dolmus yang ke selcuk jadi harus ke Kusadasi dulu nanti naik dolmus lagi dari Kusadasi ke Selcuk..entah benar atau tidak kami tidak tau..ya pasrah aja..

terminal aydin..keren yah kaya bandara

bus kami

kami pun naik dolmus ke kusadasi..kami dapat info tidak ada dolmus dari aydin ke selcuk

berikut tarif nya

perjalanan ke kusadasi sekitar 45 menit

sepertinya warung kopi

PErjalanan Aydin ke Kusadasi sekitar 45 menit an dan kami di turunkan  di tengah kota , bapak nya menunjukkan dolmus yang jurusan Selcuk..

Kami pun langsung naik dolmus nya ..udah mulai penuh dan perjalanan ke Selcuk sekitar 20-3o an menit ,.sampailah kami di Otogar/terminal selcuk.

naik dolmus ke selcuk

dalam perjalanan ini saya melihat seperti benteng di tengah laut..jadi pengen ke sana ..toh kami nanti naik bus dari kusadasi ke istanbul (info pas beli di fethiye ga ada dari selcuk ke istanbul..harusnya ada)

Sampai terminal di Selcuk sekitar jam 11 an dan tujuan kami adalah menuju hotel ena Serenity entah kenapa kami di sesatkan dan kebingungan oleh Google map dan akhirnya kami putuskan untuk makan dulu karena sudah lapar juga..

selcuk otogar

Bertemulah kami dengan seorang bapak yang cukup ramah , awalnya kami mau Tanya aja di mana lokasi hotel kami tapi malah di tawarin makan di restoran  (sepertinya punya dia juga sih) dia tunjukkan satu menu yang tidak ada di daftar menu di kasih liat di hapenya dan kami pun setuju pesan itu..
Bapak nya juga pernah ke bali..

makanan pembuka..

ini makanan pembuka..kebetulan lagi lapar jadi kita habisin

tidak ada di menu

Setelah makan , mengikuti petunjuk dari  bapak tadi dan mengikuti google map sampailah kami ke Hotel..Hotel kami pas bersebelahan dengan ANZ Guesthouse (ini hotel yang terkenal di kalangan blogger dan backpacker..bahkan pemilik ANZ sempat keluar mengira kami akan menginap di sana).

Kami memesan hotel Ena Serenity di Traveloka dengan harga yang lebih murah dari ANZ , dan lebih murah juga dari hotel yang di tawarkan oleh Bapak Kamilkoc yang di Pamukkale..hanya Rp.300.500 udah termasuk sarapan untuk dua orang..Hotel nya juga relative baru ..mungkin lagi promo yah..hotel yang di tawarkan ke kami di kisaran Rp.350.ribuan..hehehe..

petunjuk ke hotel

pemilik hotel

penampakan kamar

kamar mandi nya sempit

mobil yang punya hotel

Kami udah bisa masuk kamar, dan mandi mandi kemudian kami melanjutkan jalan kaki ke Basilica St John kemudian lanjut ke Ayasoluk di atas nya ..(di satu kawasan tak perlu beli tiket lagi).

Kemudian kami turun ke bawah ke Isa Bey Mosque, kami tetap ke sini walaupun sebenarnya besok ini masuk dalam itinerary 1 day tour kami..

bisa pakai museum pass yah

Basilica St.John

maket Basilica St John..

Benteng Ayasuluk...

Kami pun keluar, kemudian menuju Isa Bey Mosque...

Isa Bey..

semacam tempat penyimpanan air kota (kuno)

Dalam perjalanan menuju otogar kami mampir ke minimarket Sok..harganya murah mirip minimarket Bim

di sini dan mnimarket bim Tl 0.9 di migross udah TL2 tapi memang beda merk

belanjaan kami

enak juga nihh

Kemudian kami kembali ke Otogar/terminal untuk naik Dolmus ke Sirince. Sirince adalah sebuah desa yang dulu di huni oleh orang2 Yunani tapi sekarang di Huni oleh orang Turki ..di sini terkenal dengan produksi anggur nya..

naik dolmus ke sirince

penampakan dalam dolmus

berikut tariff nya

jual anggur

Kami pun mencoba mencari gereja disini dan sempat bertanya di arahkan ke salah satu gereja ..dan koq ga ada Patung Virgin Mary nya yah..kami  kembali ke pusat dan mencoba googling ..sepert  I nya ada 2 gereja dan coba bertanya lagi..dan orang sini malah bingung tapi trus nanya apa kami yakin itu di sini lah..dia kemudian ngobrol sama temannya dan di arahkan salah satu jalan dan dapat juga hehehehe..

Setelah menemukan gereja kami kembali ke selcuk dan kali ini tidak turun di terminal tapi turun di depan minimarket syok ..seperti minimarket Bims ini juga lebih murah dari minimarket Migross..kami kemudian makan malam di tempat yang tadi kami makan siang..istri penasaran dengan danging nya yang terlihat besar hehehhe..

kembali ke selcuk

suasana dalam Dolmus

view sunset

turun di depan minimarket sok

kembali ke sini

makan malam

gede kan yah

Setelah makan malam di arah kan bapak yang tadi untuk liat2 toko souvenir milik sodaranya dan kami pun membeli beberapa barang..(kami membeli dompet Turki di sini Tl5 dan di Istanbul Tl2 yah….)

Selanjutnya kembali ke Hotel..di hotel kami coba melihat2 ke lantai 3 nya..tapi pas check in di bilangin sama pemilik ..jalan2 aja ke atas pemandangannya bagus,..tapi kami ada tujuan lain..mau tuker duit USD 20 ke lira..untungnya pemilik hotelnya berkenan..kami tadi habis makan malam sempat cari money changer tapi ga dapat dan infonya sudah tutup klo malam.