Hari ke 7, Antalya (Duden waterfall, Old Harbor) 9 November 2019

Hari ke 7, Antalya (Duden Waterfall, Old Harbor, Kaleici), Sabtu 9 November 2019

HAri ini kami memilih untuk istirahat lebih lama setalah melewati perjalanan panjang nginap di bus dari Goreme ke pamukkale langsung lanjut jalan ke pamukkale dan tadi malam baru bisa tidur di Kasur di Antalya.

ini postingan semalam di Ig

sarapan roti kemarin hehehe..seperti biasa pesan hotel tanpe sarapan

ada kesempatan mencuci baju lagi..
view dari balok hotel

bisa nyantai di balkon hotel

Tujuan kami hari ini yang terjauh hanya ke Duden waterfall  sedangkan sisanya hanya di kawasan kaleici sini saja..

Kami putuskan mencari sarapan dan sekaligus makan siang di kawasan jalan besar di dekat hotel kemudian kami lanjutkan mencari Bus menuju ke Duden Waterfall. Sayang nya keterangan dari bloq yang say abaca untuk naik bus ke duden waterfall kurang lengkap dan kami juga sempat berjalan 1 km untuk mencari halte bus..karena sempat bertanya ke beberapa orang dari mereka rata2 tak bisa Bahasa Inggris..(nah baru tau klo halte bus terdekat ada di dekat tempat kami makan..kami nya yang memilih arah yang berlawanan..huft!!)

jalan kaki keluar hotel

mampir minimarket dulu..ini minimarket migross..harga lebih mahal di banding dengan minimarket Bim yang kapan hari di Goreme..koq tau ?? indikasinya dari harga air mineral nya..

di minimarket Bim ada jual merk yang lebih murah air mineral 5 liter hanya Tl 3, disini yang 1.5 liter aja udah Tl 2

ada jual wine dan minuman keras  juga..ini juga jadi perbedaan di minimarket Bim tidak ada jual

clock tower

Tram

kami makan di kawasan ini

gelato

breaklunch

Setelah tahu halte nya dan bus yang kami tunggu sudah datang..masalah ada lagi,,Antalya kart yang sudah saya tap berhasil kemudian di tap istri saya gam au..kaya drivernya empty ..nah terpaksa kami berdua turun lagi mecari mesin untuk mengisi saldo..rugi deh saya udah bayar..(sama sperti Istanbul kart hanya perlu membeli satu kartu saja)..

setelah jalan berputar2 dan hampir 2 km ..akhirnya ketemu..haltenya..udah nanya juga kebeberapa orang tapi sayangnya mereka ga terlalu bisa bahasa inggris

Bus KL 08 turun di Duden..

bus nya seperti ini tapi harus perhatikan no bus nya di layar atas kaca depan..pastika KL08

Urusan isi saldo sudah beres dan bus yang kami tunggu pun sudah datang..kami pun naik,.nah kami tidak tau pasti harus turun di mana karena halte yang di singgahi berbeda keterangan dengan halte yang ada di gambar..kami pun sambil melihat google map..sekitar 30-40 an menit kami putuskan untuk turun di salah satu halte karena dari keterangan google map kami udah melewati duden waterfall..

sambil buka google map..mengecek halte yang sudah kami lewati..

samuel Eto'o eks pemain Barcelona pernah main di klub ini..Antalyaspor

Setting google map lagi kemudian jalan kaki menuju waterfall…berbeda dengan goreme yang cukup sejuk di Antalya bahkan lebih panas dari pamukkale..mungkin karena letaknya yang di selatan dan di pinggir pantai,,lebih mirip cuaca di Balikpapan di sini(Antalya).

Jalan kaki sekitar 10 – 15 menit sampai lah kami di duden Waterfall..

taman duden, duden nama kawasan di sini..arahkan saja ke taman duden pasti dapat waterfall nya

ada arena  main anak free

ini Duden Waterfall ..jatuh nya langsung ke Aegean Sea

Setelah beli stroberry dan duduk sebentar di taman kami kembali naik bus ke daerah kaleici..karena habis dari public toilet kali ini kami jalan kaki dengan rute yang berbeda dengan rute yang kami datangi tadi…beruntungnya kami dalam perjalan menuju halte ..kami melwati kantor bus kamilkoc ..jadi mampir dulu membeli tiket bus untuk lusa ke Fethiye (awal nya kami berencana akan ke Terminal algi untuk beli tiket ini ..udah kebiasaan beli sebelumnya padahal bisa aja klo mau go show..tapi kuatir ga dapat bisa kacau jadwal kami..untuk jadwal bus bisa download app di google play)

istri tertarik beli stoberry dulu

duduk duduk sebentar di taman

stroberry

Setelah membeli airminum kami pun menuju halte..suasana bus lumayan padat karena hari ini hari sabtu dan a bus juga tidak dinyalakan sehingga cukup gerah..sampai ada bapak bapak yang marah2 ke supir bus untuk meminta menyalakan ac..

taman duden

jalan kaki menuju halte..kembali ke jalan besar

beruntung nya sesampai jalan besar ada kantor Bus Kamilkoc ..jadi kami beli tiket bus dulu untuk Fethiye buat lusa..untunglah jadi ga usah ke otogar lagi..sebenarnya bisa aja go show hari H langsung..cuman kuatir ga dapat ..malah dapat jamg yang siang..yang paling pagi aja jam 10 ..klo dapat yang siang ga sempat jalan2 di Fethiye nanti..

mampir toko dekat halte..ada juga jualan minuman beralkohol..wah Turki lebih bebas dari pada Indonesia

minuman berlakohol di etalase

kembali naik bus KL 08

antri bus di Halte

Kami juga bingung mau turun di mana ..jadi pas melihat ada mall Mark Anatalya , kami putuskan untuk turun di halte dekat situ (ga dekat2 banget jalan kaki 5 menitan hehehe) dan jalan2 dulu ke dalam mall…

Sama seperti di Indonesia , mall di Antalya juga sangat ramai di waktu weekend.
view dari jembatan penyebrangan

ini ekskalator di jembatan penyeberangan loh..ga ada atap nya lagi..apa ga pernah kehujanan yah.

nyobain..

ngemall

penampakan dalam mall..mirip mall yang ada di Indonesia

beli cone dulu

trus mampir ke supermarket ..padahal deket hotel ada minimarket nya

ada official store nya depan mall..ini klub sepak bola

Setelah dari Mall kami jalan kaki ke hotel ..sayang duit klo naik tram hehehehhe..

dominos pizza ..ga beli cuman lewat aja

dahsyat nie pemulung di Turki

sayang duit untuk naik tram , kami memilih jalan kaki ke hotel dulu drop beberapa barang

beli stock

sore sore orang Turki juga nongkrong dan ngebirr

naruh barang dulu di hotel kemudian kami menuju old Harbour berburu sunset..

SAngat takjub sama old harbour dan membayangkan banyak tokoh besar keagamaan pernah singgah di sini (Rasul Paulus, Tokoh Kristen) kami pun kemudian mutar mutar di kawasan kota tua dan tujuan selanjutnya ada Hardian Gate.

view old town

view old Harbor

Old Harbor

kami memilih turun dengan lift ke old harbor

udah mau sunset

antrian untuk turun dengan lift

sesampai di bawah , ini antrian untuk naik lift

Old Harbor

bisa naik kapal..ada tour nya

Sesampai di Hardian Gate kami menjumpai banyak kantor tour travel yang menjual 1 day tour. Nah baru saya teringat klo 1 day tour besok yang ke myra kekova yang saya pesan via applikasi get your guide koq belum menghubungi saya ya..(di klook tidak ada tour ini ..dan ini pertama kali kami pakai app ini) kami pun mampir ke salah satu kantor tour ini menanyakan harga untuk tour ini ..berhubung lagi ada diskon jadi lebih murah via kantor ini..dan pastinya udah ga bingung klo pesan di sini..saya pesan di applikasi get your guide karena kuatir dan udah capek ga sempat lagi nyari2 kantor tour..ternyata last minute juga bisa ..tapi untuk memastikan kami pesan dulu di applikasi karena ini akan mempengaruhi jadwal kami selanjutnya.

bukti pemesanan di app Get Your Guide

KArena di applikasi Get your Guide meminta menghubungi no local Turki, kami pun setelah dari kantor tour itu (hanya bandingin harga hehehe..petunjuknya Hardian Gate lurus aja kea rah Kafe2 atau laut). Kami mau minta hotel menelpon kan ke kontak tersebeut karena no telpon nya local Turki nanti tinggal bayar aja ke Hotel begitu rencana kami.

Sesampai di hotel kami bertemu dengan receiptionist yang berbeda waktu kami check in semalam..saya jelaskan bahwa kami pesan toru untuk besok via applikasi dan saya belum di info akan di jemput jam berapa apakah bisa di bantu telpon kan..bapak nya langsung menjawab dan menelpon via iphone nya..pembicaraan tampak serius dan cenderung bapak di depan saya marah2 nah bingung kan dan kemudian iphone nya di kasih ke saya dan saya bicara langsung…di ujung telpon di sampaikan bahwa dia ga bisa jemput ke hotel karena pakai bus besar dan jalan di hotel cukup kecil ..saya di minta stand by di Hardian Gate besok pagi jam 06.30..ok saya bilang.dan saya minta no wa nya ternyata no telpon ini juga no wa..ya tau gitu saya wa dari tadi ..kemarin saya email ga di balas..

Urusan beres saya menanyakan berapa biaya yang harus saya bayar untuk pengganti biaya telpon ..bapak receiptionist nya bilang is ok my friend …wah gratisan dan sudah di bantu..bapak nya juga bilang dia bertugas di sini sampai besok pagi klo ada apa2 nanti ke dia aja bisa di bantu..wah bersyur dan berterimakasih banyak ..

Kami lanjut jalan jalan lagi hardian gate lagi dan menuju kearah laut..di pinggiran laut ..seperti biasa kami di tawarin untuk makan di salah satu resto ..dan di bilang ni hao ma…ya kami bilang aja not Chinese..di kira jepang atau korea dan kami bilang kami Indonesia..trus dia nanya are you muslim ..kami bilang tidak ..trus dia bilang kan penduduk Indonesia muslim ..ya mayoritas sih..pas di kantor tour tadi yang kami bandingkan harga kami di kira orang jepang..

old town / kaleici

Hadrian's Gate

kawasan old town ..kafe dan resto di kanan dan kiri

sempat di tawarin oleh bapak ini..jadi nya ngobrol..seperti biasa kami tidak di anggap orang Indonesia dan dia terkejut juga sie klo kami dari Indonesia

Setelah dari kaleci kami mau nyari makan malam ..tadi pas dari mall ada lewati kawasan makanan local sepertinya menarik tapi ternyata terdistraksi ke salah satu resto lokas juga …dan di sini banyak orang local yang makan di sini ..dan menu malam ini ada soup kambing..

nyari makan malam dulu

koq menarik ..dan rame orang lokal kami putuskan makan di sini

ini menu nya

untungnya ada salah satu mas nya bisa bahasa inggris,,..jadi tahu klo ini sop kambing

sop kambing Turki

hm..sangat berlemak

ini air putih yang sudah di sediakan di meja..berbayar pastinya..seperti biasa kami tidak pesan minum

penampakan restonya

Setelah makan ..kembali ke Hotel istirahat karena besok pagi pagi sekali sudah harus stand by Hardian Gate

deket hotel juga ada nihh