Hari ke 5, Goreme (Open Air Museum) 7 November 2019

Hari ke 5 , Goreme (Open Air Museum & Red Tour), Kamis 7 November 2019

Pagi ini bangun sekitar jam 6 an dan begitu buka jendela sudah ada pemandangan Balloon udara…

view dari kamar pagi ini

nyobain kopi sachet Turki

Kemudian mandi dan bergegas ke lantai 3, bukan untuk sarapan tapi untuk foto mumpung ada balloon udara hehehehe..

Bisa camping juga di lantai 3 hotel

kedinginan ??

ini Aseli dingin lohhh

hari ini ada balloon juga..di hari pertama kami datang tidak ada jadwal balloon udara karena faktor cuaca ..bahkan 1 hari sebulumnya juga tidak ada

ini juga ruang di lanti 3 hotel..bisa buat sarapan

Sekitaran jam 8 kami kembali ke lantai 3, nah kali ini sarapan pagi..kemudian kembali ke kamar untuk packing ya..hari ini kami check out dan nanti malam naik bus malam ke Denizli kemudian ke Pamukkale.

jeruk nya enak bgd dan manis

suasana sarapan pagi ini..

salah satu dinding di Hotel

Dalam pembicaraan tadi pagi waktu sarapan ..sempat membahas untuk mempersiapkan uang apabila ada tagihan sarapan ..karena pas kami pesan hotel ini di Traveloka ga termasuk sarapan sedangkan pas check in di jelaskan  soal tempat sarapan…

ini bawaan kami..

Kami pun turun ke lobby untuk check out ..check out nya hanya menyerah kan kunci gitu aja ga di tagih sarapan ya udah kami anggap ini keberuntungan ..kami pun menitipkan tas dan menunggu jemputan pihak tour di jam 09.40- 09.45 .on time loh mereka

Hampir salah jemput , karena ada juga tamu hotel yang  yang pesan red tour tapi operatornya berbeda…

Kami pun di jemput dengan minivan yang sama dengan kemarin dan sempat mikir bakalan dengan Guide yang sama hehehehe..stop selanjutnya di kantor tournya kami di pindah ke minivan lainnya..

jemputan kami

Kali ini kami tour bersama sepasang orang Brazil, 1 orang Pakistan , dan 3 orang Turki dari Ankara..jadi  hari ini akan bilingual bahasa ingris dan bahasa Turki. Dari Goreme perjalanan menuju Uchisar…menjemput 3 orang turki tadi yang menignap di kawasan Uchisar sekitar 15 menit dari Goreme..dan ternyata pemandangan di Uchisar ini bagus  banget..

keren yah view di Uchisar..saya ada baca bloq orang malaysia..mereka menginap 1 malam di Uchisar dan 1 malam di Goreme..btw Avanos juga kerena kotanya..nanti akan ke sana..sayangnya hanya sebentar

Setelah komplit tujuan selanjutnya adalah Uchisar castle, sayangn ya kami tidak masuk jadi hanya berfoto dengan background Castle ..ini sudah saya ketahui karena pas baca baca bloq ini juga di jelaskan..tapi nanti sore kami balik lagi ke sini hehehehe..

Uchisar Castle, hanya liat dari jauh ..cuman di beri waktu 15 menit..tapi nanti sore kami akan ke sini dan masuk..trip sendiri

UChisar Castle

Devil Eye di lantai

Selanjutnya kami kembali ke Goreme dan menuju Goreme Open Air Museum , tempa ini sangat keren sekali ..dulunya ada biara St Basil dan masih banya peninggalan berupa lukisan di dalam gereja nya sayangnya kami hanya di beri waktu kurang lebih sejam di sini dan kondisi di dalam gereja tidak boleh di  foto ada petugas security ..oia di sini ada satu gereja yang ga di cover oleh tour jadi kami bayar sendiri dan masuk ke gereja tersebut dan di gereja ini lukisan dinding dan atapnya masih sangat terjaga dengan sangat baik..(bayar lagi TL 18/orang ini di cover oleh Musseum pass bila beli pass tsb..)

Goreme Open Air Museum..ini sebenarnya adalah Biara dari St Basil. Di Gereja Katolik Santo Basilius Agung

salah satu biara di dalam kompleks Goreme Open Air Museum

di dalam ga boleh foto2 dan ada petugas security yang berjaga

di salah satu ruangan yagn dulu sebagai dapur

view dari Ipen air museum

lukisan Dinding

kami putuskan ke Dark Church, ini extra jadi bayar pribadi..di dalam lukisan dindingnya masih sangat bagus dan terpelihara..

Destinasi selanjutnya adalah  Fairy Chimney, nah ini bukit yang kami lihat kemarin koq banyak orang pas jalan kaki ke sunset point..di sini juga di kasih waktu hanya 10 menit.

Fairy Chimney..susunan bebatuan seperti topi peri

ada yang berbaik hati menawarkan untuk fotoin kami

berteduh dulu..siang ini panas..

Dan seperti tour kemarin dan keharusan klo ikut tour kita selalu di singgah kan ke toko2 yang menjadi rekanan pihak tournya …nah kali ini ke handmade karpet ..bagus sekali produknya tapi tidak dengan harganya hahahahha

cara buat karpet..susah bgt memang..

harganya ..luar biasa !!!

Nah bapak ini bisa bahasa Indonesia..untung cuman bisa gt aja hehehehe

Selanjutnya ke Avanos, sekitar 30 an menit kita menuju avanos sebuah kota yang indah sebenarnya dan cukup modern karena di sini ada Mcd (bila sebuah kemodernan di ukur dengan kehadiran Mcd) sini hanya jalan kami melewati jembatan dan menyusuri sungai (Red River) yang tidak berwarna merah..di kira mau di ajak makan di pinggir sungai ini …ternyata tidak kita pun lanjut makan siang..

avanos , kota nya keren..tapi itinerary nya hanya nyebarang jembatan ini..di bawah namanya red river..
klo ada waktu bisa min main ke sini..rekomendasi kota kota di kapadokya keren2

red river

Nah makan siang kali ini menjadi sangat istemewa , karena makan siangnya Bufee jadi bisa makan apa saja dan variannya juga banyak ..ini resto khusus untuk tour kayaknya jadi semua tour makan di sini…seperti kemarin minum bayar extra..tapi selalu bawa air minum..

Resto , tempat makan siang kami

makananya hari ini itimewa

ga mau rugi hahahahaha

Setelah makan siang , kembali kami di bawa ke toko rekananan mereka lagi dan kali ini adalah toko keramik..

live demo pembuatan keramik

glow in the dark

Setelah nya kami menuju ke Imagination valley (mungkin yah) disini juga hanya sekitar 10 menit..di sini kita bisa melihat formasi batuan yang mirip unta dll

mirip unta ?

Dan Destinasi terakhir ada 3 buddies di sini kita bisa melihat fromasi batu seperti 3 orang.. Red tour jaraknya lebih dekat jadi sekitaran jam 4 sudah selesai ..kemudian kami berinisiatif untuk ke Uchisar Castle saja karena tamu yang orang Turki tadi kan hotel nya di Uchisar…Ngobrollah sama Guidenya  dia bilang ok aja nanti akan di turunkan di city centernya Uchisar nanti pulangnya di sarankan naik taksi aja ke Goreme..

3 Buddies

Kembali ke Goreme dan orang Pakistan juga minta turun di Goreme saja (dia nginap di kawasan 15 menit dari Goreme) trus ke kantor ngedrop Guidenya . Kemudian kami pun di turunkan ke Di Uchisar ..oleh Drivernya dan mengikuti google map menuju uchisar castle..

mengikuti petunjuk ke Castle

Nah dalam perjalanan ke castle istri tertarik untuk membeli kunci (liat fotonya) dan melihat2 di satu toko ..nah pemilik toko nya lagi makan roti gt..kami di tawarin juga ..akhirnya ambil juga dan beli kunci di sana hahahahaha (kalah dah klo udah di baikin padahal di tok lain ada yang lebih bagus nah..)

di kasih bapak pemilik toko

akhirnya beli lah...

kita datang pas bapak inilagi makan..eh malah di share ke kami..

Di depan Uchisar Castle ada persewaan unta awalnya saya menolak tapi istri pengen naik..akhirnya naik deh bayar Tl25 cuman muter dikit gt aja yah gpp

yang penting Happy…

Kami pun membeli tiket masuk Uchisar Castle Tl 9 dan ini ga bisa pakai museum pass karena di kelola oleh pemerinta Daerah situ ..

uchisar castle tampak depan

mau naik ini ?

atau ini ?

naik unta

hahahaha bahagianya, padahal di Bon binSurabaya juga ada, cuman di sini view nya dengan back ground uchisar castle

beli tiket Tl 9, ga bisa pakai museum pass

siab naik ke puncak ?

View dari atas

Foto2 dan naik ke atas uchisar , kami pun putuskan untuk kembali ke Goreme. Mau naik Bus aja murah cuman Tl 3 klo ga salah..nah coba untuk cari haltenya ternyata salah halte..dan di arahkan ke tempat lain dan sempat kebingungan dan dalam perjalanan ke halte tersebut kami di tawarin oleh minivan (sepertinya habis antar tamu dan mau balik ke Goreme) dia bilang Goreme Tl 10 untuk 3 orang..lah kami cuman berdua..ya udah gpp bayar Tl10 langsung naik hehehehe.. Sampai Goreme masih jam 17.30 an sedangkan bus kami masih lama bus kami jam 19.41 ..bingung mau ngapain karena udara udah mulai
dingin..

naik minivan..di tawarin naik ini..kebetulan dia arah Goreme ..tetap bayar sih tapi jadinya cuman berdua dan ga perlu nunggu lagi hehhehehe

sore2 juga ada balloon

turun di terminal

Mampir sebentar ke minimarket ..kemudian balik ke Hotel  ambil tas dan menuju kantor Bus Kamilkoc  dan minta ijin untuk mennunggu di dalam kantor walaupun tempat duduk nya ga banyak tapi lumayan lebih hangat di banding di
luar.

disini minyak nya dari bunga matahari

namanya sama ..sabunnn

sempat di tanya oleh karyawan metro bus..bus ini juga keren sih..cuman udah jatuh cinta sama kamilkoc..

tempat duduk di alasi karpet

di alasi karpet

Kami juga membeli tiket Bus di sini untuk tujuan besok sore dari Denizli ke Antalya..jadi Besok hanya setengah hari di PAmukkale kemudian lanjut malamnya ke Antalya..

Sembari menunggu saya sempat ngobrol dengan beberapa penumpang juga ada yang dari Rusia (beruntung nih penumpang dia baru pesan bus malam ini untuk malam ini ke Istambul dan dapat Seat terakhir juga hahahha..dan oleh petugas di kantor di jelaskan klo ada Shuttle bus dari terminal ke sultan Ahmet) dan sempat juga ngobrol sama orang Lebanon ..dia sempat ke Bursa tapi ga bisa naik ke Uladag karena teleferik/gondola nya di tutup.

menunggu di kantor bus

rute dan jam

Bus  kami datang on time , saya sempat menunggu sebentar karena istri lagi di toilet umum..seperti di jelaskan oleh bapak yang di kantor saya di minta bicarakan sama driver/pramugara bus soal shuttle dari Denizli ke Pamukkale (sudah ada tulisan bahasa Turki di Tiket saya juga sih..klo tersedia shuttle) dan pas nunjukin ke Pramugaranya dia dengan ketus bilang no ..nah saya bingung untungnya bapak yang di kantor kawal penumpang yang naik bus..dia bilang ke saya pakai bahasa ingris klo ada..nanti saya bicara sama pramugaranya..nah mereka bicara dalam bahasa Turki intinya ..adalah..

pilihan hiburan di bus

lumayan lega

berfungsi baik

formasi 1 -2 tempat duduk

malam ini tidur di bus lagi..

Pengalaman dengan pramugara ini akan berlanjut malam ini..ya orangnya kaya agak ketus gt sih mungkin bagi dia kami agak merepotkan yah dia juga ga bisa bahasa inggris..hehehhe

malam nya mampir di terminal konya dan semua penumpang harus turun..tak tau mengapa karena pramuga tak bisa bahasa inggris

suasana di luar dingin jadi masuk ke dalam

sah mampir di konya jadi beli lah magnetnya