Hari ke 13, Istanbul (Walter's Coffe, Balat, St Antuan) 15 November 2019

Hari ke 13, Istanbul (Walter's Coffe, Balat, St Antuan), Jumat 15 November 2019

Hari ini adalah hari terkahir kami ekplore Istanbul ..kami punya waktu seharian sampai malam karena flight kami baru akan 02.25 dini hari ..

Jam 08.30 an kami turun untuk sarapan dan kembali lagi ke kamar..karena ingin menikmati hotel dan juga nanti malam sekali kami baru akan ke bandara jadi check out nya sekitaran jam 11 an..

kamar kami

sarapan dulu

sarapan ala Turki

merasa sungkan sama tamu ini..roti bakar nya tadi saya ambil,,,saya kira memang di taruh di situ

ini jeruk yang enak tidak seperti jeruk yang kami pungut di jaalan di kusadasi

harga mini bar di kamar
tadi pas sarapan ada teman yang koment foto kawan malaysia ini

Kami check out dan kembali menitipkan tas di hotel.

Tujuan pertama hari ini adalah Walter’s Coffe , ini adalah cafĂ© shop yang terinspirasi oleh serial Breaking Bad..kami lihat di liputan 6 berita klo ga salah dan setalah itu kami berfikir klo ke Istanbul ini harus di masukkan ke dalam itinerary hhehhhe..

Untuk ke asia demi menghemat waktu kami akan naik metro Marmaray , metro ini akan melintas bawah laut dan men jadi pengalaman tersendiri  dan rencannya nanto sore kami baru naik ferry kembali ke eropa (sayang nya rencana ini ga berhasil hiks..)

Setelah sampai diperhentian metro, kami lanjutkan jalan kaki denngan berbekal google map..kami masuk di kawasan asia..keren juga dan kawasan ini kawasan orang local..

berikut petunjuk google map

jalan nya cukup jauh dan  2 kali turun eskalator

ini map nya..kita akan lewat terowongan bawah laut

kereta dah datang

ada yang bawa sepeda

suasana dalam metro

Sekitar 25-30 menit jalan kaki karena sempat mampir ke syok minimarket beli stroberi..sampailah kami di Walter cofe..

sampai di sini

top up istanbul kart dulu

melewati underpass dan banyak toko2

tertarik membeli jaket

asal ada niat komunikasi bahasa kalkulator jadi juga deal..

bungkus

suasana asia

toko antik di kawasan balat

kawasan Balat ..klo naik Turkish Airline ,  kawasan balat ada di Video nya promosi kawasan wisata Turki..nah balat ini di kawasan asia

kawasan Balat..mampir dulu ke minimarket sok..beda dengan kawasan turis di kawasan asia gampang banget cari minimarket

kata istri kol nya gede

buah buah nya segar

mr white ??..

di sediakan properti

mau coba ?..awalnya tidak sihhh

pesanan kami

yo..habis itu masih ada tambahan kata lagi dari pemeran jesse pinkman

coba juga

Dan ketika enak2 di walter kafe ..saya mendapat sms klo penerbangan sriwijaya air dari Jakarta ke Balikpapan di Batal kan..lah suasana hati langsung berubah gimana nihh..

Coba menghubungi traveloka via applikasi chatnya ternyata tetap di minta menghubungi pihak sriwijayanya..

Setelahnya kami berencana kembali ke sisi eropa dengan naik kapal ferry dan mulai memasang google map menuju pelabuhan kapal ferry..di tengah jalan sempat ke distraksi mau nyoba dominos pizza Turki..harusnya kemarin udah nyoba di Antalya..(bolak balik lewat,,..nyesal deh)..pengen coba jadi arah google map di arah kan lah ke Dominos pizza dan ternyata lokasi nya dekat sama statiun metro…

ini caffe tema willy wonka

seger yah kaya di iklan2

kaya nya tau nih ini tempat apa..hehehe

Starbuck 5 lantai ?

biar aman di kunci

nah kenapa ada lubangnya untuk naruh kunci tambahan

Kami pun order di dominos dan setalahnya kami menuju pelabuhan ferry tapi entah kenapa atau saya yang salah baca peta jadi kami putar 2 saja tidak jelas..

karena udah hampir jam 5 sore dan pengen ikut misa harian dulu sebelum pulang yang entah misa nya jam 18 sore atau jam 19 malam..(ada perbedaan jam misa antar musim panas dan dingin) jadi kami jalan kaki kembali ke Metro yang jarak nya lenih dekat dari posisi kami saat ini..batal deh naik ferry tapi udah puas kemarin naik Bosphorus Cruise..

mampir dulu ke sini..harusnya kemarin pas di antalya dan fethiye mampir aja..ini jalan agak jauh demi domino's

enatah kenapa ..kog malah muter2 ga jelas yah

mau semir ??

kembali lah kami ke metro ..karena saya kuatir klo naik ferry agak lama dan habis itu masih harus oper tram lagi malah ga sempat ikut misa

kucing di atas pintu station metro

Naik metro turun di sishane , kemudian jalan kaki di istiklal street ..kami pertama ke gereja yang kapan hari kami ikut misa tapi ternyata tidak ada misa harian dan di sarankan ke gereja St Antuan.(tujuan utama memang ke sini) dan di gereja St Antuan ternyata misanya jam 19..sedangkan kami sudah sampai di sini 17.30 an masih banyak waktu..

awalnya kami ke gereja ini St Maria, hanya saja di sampaikan tidak ada misa hari jumat..trus kami nanya ada Toilet ga ya ?..toilet tidak ada di kunci kata mas ini..tapi kami di antar ke toilet di dalam..mungkin di anggap seiman yah..syukurlah..dan kejadian ini akan terjadi juga di Gereja St. Antuan

kami di ajak masuk ke ruangan ini..mungkin pastoran yah..dan toilet nya di dalam ruangan ini

untuk masuk ruangan ini..harus pakai kode di pintu
Sampailah kami di Gereja St Antuan.. sekitaran jam 17.30 dan bertanya misa jam 19.00 di kapelsebelah gereja..

Gereja St Antuan

saya di minta fotokan salah satu mba2 jilbab an ..lupa dari mana kawasan timur tengah gt dan mau foto dengan patung paus ini,,mba nya ngerti ga yah..dan kanget nya lagi dia manjat ke atas marmet hitam ini dan foto di sebelahnya..saya pun fotokan

penampakan dalam gereja St Antuan

jadwal misa

kami juga duduk2 di depan sini sambil menelpon cs sriwijaya sambil menunggu misa

Kami pun duduk di depan gereja sambil memikirkan  tiket sriwijaya air kami.  Sempat bingung karena harus nelpon customer Service nya sriwijaya air..Saya sih beli paket umroh dan bisa nelpon ke Indonesia ..tapi apakah bisa nelpon ke telpon rumah..ga ada keterangannya tapi mau ga mu dan kami coba aja dengan persiapan mental  pulsa yang terpotong..kami pun telpon ke cs dan memang  di batalkan  (dampak perceraian antara Garuda dengan Sriwijaya) ada opsi refund atau di pindah agak siang dan Jakarta – yogyakarta – Balikpapan , sampai Balikpapan tetap malam..kami ambil opsi yang kedua..dari pada balik lagi beli lion air dan harus beli bagasi lagi.

Dan senangnya paket telpon (paket umroh ) ini yang terpotong , pulsa aman hehehe..30 menit sebelum jam 7 malam kami masuk ke dalam gereja ..misa di laksanakan di kapel sebelah gereja..

Ada pengalaman unik  berhubung toilet..di gereja ini dan gereja sebelum nya tadi  menjadi temapt wisata yang ramai di kunjungi oleh umat katolik maupun turis umum tapi kita ga bisa ke toilet ..Toietnya di kunci..karena kami Tanya toilet dan mau ikut misa..sampai di pastikan oleh petugas klo kami mau ikut misa jadi kami di antar ke toilet di dalam pastorannya.
Misa dalam bahasa Turki dan ternyata hari ini walupun jumat biasa (bukan jumat pertama) ada Adorasi Sakramen Maha kudus..Setelah misa entah kenapa pastornya mengajak untuk berfoto bersama dan sempat ngobrol sebentar sama pastornya kami di kira orang Filipina (ya memang Negara tetangga ini lebih terkenal sebagai  mayoritas katolik) kami bilang kami dari Indonesia ..pastonya bilang ouwh dekat aja sama Filipina..

kapel di sebelah gereja..ada pembatas di larang masuk..tapi karena mau misa di susupi saja gpp udah bilang sama petugas

selesai misa ..salaman sama pastor

Keluar gereja melalui pintu samping karena pintu utama gereja sudah di tutup..dan melewati suatu ruangan sepertinnya ada pertemuan..ouw pantesan pastornya sempat nanya apakah kita akan ikut pertemuan..

Keluar Gereja , kembali membuka google map kali ini mau cari tram kearah kembali ke Eminomu ..sekarang sudah jam 20 an malam..karena bingung sempat berntaya dan di arahkan menuju jalan turun..jalan kaki sekitar 10-15 an menit menurun sampailah kami di tram  sta Tophone kemudian turun di Sirkeci..dari sini kami jalan kaki kembali ke hotel untuk mengambil tas..udah sekitarn jam 20.30 (mungkin petugas hotelnya bingung ini orang lama banget titipin tas nya baru jam 20.30 an di ambil tas nya hehehe).

jalan keluar ..tidak melewati gedung gereja karena sudah tutup jadi lewat samping

sempat say good bye sama umat yang tadi bersebelahan..trus kembali ke Istiklal street

ini yang belum di coba..kumpir ;  samacam salad yang kita bebas memilih topping

di foto saja

jalan turun mengikuti petunjuk menuju arah tram

suasana nya keren mirip Macao

curiga lagi main kartu nih

sampai stasiun tram Tophane

Dari hotel kami kembali jalan kaki ke Birlik bufe kali ini mau beli kebab untuk makam malam kami di Bandara..

habis ambil tas kembali ke Sirkeci

beli makan malam dulu di Birlik Buffe..udah jadi langganan nih

Perjalanan kami ke Bandara kami memilih rute seperti kami datang tapi sempat juga kuatir klo opsi  ini tidak bisa..jadi plan B adalah kembali ke Taksim lagi trus naik bus dari sana ke Bandara dengan harga lebih mahal..sedangkan uang lira kami sudah menipis..sambil harap2 cemas dan berdoa semoga opsi pertama bisa di jalani (kenapa agak cemas karena opsi pertama ini jarang bahkan tidak pernah di ulas di bloq yang pernah saya ..ya karena bloq yang saya baca rata2 masih di bandara lama).

Perjalanan di awali naik tram dari Sirkeci kemudian turun di Istanbul Laleli university .kemudian jalan kaki sekitar 5 menit pindah ke jalur metro Vezneciler  (M2 awarna Hijau) kemudian turun di Sisli Mecidiyekoy..dari sisli jalan kaki lagi 5 menit menuju terminal bus..Sempat bertanya ke salah satu polisi atau petugas dan mereka salah paham untuk saya pastikan klo mau ke Airport , bus H-2 tujuan airport ngetem di tempat kami di turunkan pada waktu lalu kami baru datang di Istanbul..untung istri saya ada liat bus H-2.

Beruntungnya lagi pas kami sampai bus tak lama di buka dan penumpang sudah bisa masuk dan tak lama kemudian bus pun jalan ke bandara. Perjalanan sekitar 30-40 menit dan sekitarn jam 22 an malam sampai lah kami di New Istanbul Airport dengan perasaan lega karena opsi pertaman berjalan dengan lancar (bila haru ke opsi dua ..uang lira kami tidak cukup dan harus menukar lagi )..

Bus H-2 sudah tersedia dan sudah bisa masuk beruntungnya kami

Add caption

tas di taruh di bagian tengah

Kami pun langsung check in karena counter sudah di buka..seperti yang lalu kami minta duduk bersebelahan..mba petugas check in nya menelpon dulu..dan kemudian memberika boarding pas ke  kami dengan info no seat akan di berikan saat di ruang tunggu karena pesawat full…(kami ga curiga apa2 dan menunggu saja di bandara sampai muncul di papan/tv no gate kami.
Tetapi rasa lega ini masih akan di uji lagi..ada hal hal mendebarkan lagi nanti nya..lanjut ke hari ke 14!!!!

Add caption

Bandara New Istanbul yang di claim terbesar di Dunia..saat ini (2019)

di Turki bakalan sering melihat seperti mas mas ini..curiga implan rambut

kami pun antri check in

antian cukup panjang

papan petunjuk

beberapa bagian masih dalam renovasi