Hari ke 12, Istanbul (Basilica Citren, Galata Tower, Grand Bazaar), Kamis 14 November 2019

Sekitar jam 8 pagi kami sudah tiba di Otogar di mana kami berangkat dulu..ada beberapa terminal di Istanbul yang di lalui bus kami tapi pastikan berhenti di terminal/otogar terakhir.

mulai macet di Istanbul

masuk terminal..jam di bus salah..

Sesampai nya di terminal saya mencoba bertanya ke driver bus kami ..dengan cara menunjukkan tiket kami yang berisi tulisan free shuttle tapi dia menujukkan sesuatu arah dengan Bahasa Turki yang tidak kami mengerti..kemudian bertanya ke petugas yang menurun kan bagasi dan di informasikan bahwa tidak ada free shuttle ..kami di minta naik taksi atau naik metro ke Sultanahmet..yah mau gimana lagi banyak ketidakpastian yah dalam trip ke Turki ini..yang di informasi yang di sampaikan satu pihak bisa berbeda dengan kenyataan..

Kami putuskan untuk sarapan dulu di salah satu tempat makan di terminal sebelum ke Metro..untuk naik metro kami sudah tau cara nya tinggal kebelikan waktu kami berangkat dulu..

Pas di tempat makan kami di kira orang China dan penjual nya mencoba mempraktekkan beberapa kata mandarin ke kami..trus kami bilang kami bukan Chinese tapi tetap aja dia mencoba mempraktekkan beberapa kata mandarin ke kami..trus saya bilang saya dari Indonesia..dengan wajah keanehan dia bilang oh ..

masuk ke toilet kaya mau masuk ke mana gt

suasana terminal pagi ini..seperti habis hujan

sarapan dulu

Corba = sup

Kami pun naik metro jalur M1 (jalur merah) dari Otogar ke Aksaray. Sesampai di Aksaray nyebarang lewat underpass kemudian jalan kaki sekitar 5 menit pindah ke jalur tram yusuf pasa kemudian kami turun di Sirkeci.

naik metro

toilet ini di under pass dari station metro menuju tram yusup pasa

Di kawasan yusuf pasa kami sempat menukar uang di money changer karena rate nya lebih baik dari Sultanahmet..(tapi pas di eminonu dlam perjalanan ke Spice Bazar banyak money chnger juga dengan rate yang kurang lebih dari di kawasan yusuf pasa)

tuker ke TL dulu

nyebrang ke station Tram

masuk station tram

Untuk kali ini kami menginap di kawasan eminonu dan mencari hotel yang lumayan dengan pemandangan Bosphorus. Kebetulan beberapa bulan sebelum berangkat istri saya terpilih dari 5 orang yang desain kartu ucapan natal di traveloka sehingga kami dapat Voucher Rp.500.000 dan juga ada keberuntungan lainnya sehingga kami dapat lagi voucher dari traveloka senilai Rp.200.000. semua ini kami gunakan untuk membayar Hotel ini hanya perlu menambah bayar seratusan ribu saja.

ini desain istri

dapat voucher Rp.500.000

Sekitar jam 09.30 an kami sudah sampai hotel, baru bisa masuk kamar jam 14.00 jadi kami nitip tas dulu..kami pun rencana makan dulu ke tempat makan yang kapan hari kami pernah makan..dan karena jam 10 baru serve makanan jadi kami jalan jalan dulu ke spice bazar..

hotel kami malam ini..pilih yang view Bosphorus

ini bapak yang baik yang setting kan wifi langsung ke hape saya

Di spice bazaar kami mendapat pengalaman kurang enak,  istri membeli apple tea  dan setelah di bandingkan kami dapat harga yang cukup mahal..kurang teliti juga dan parahnya yang jual adalah barang yang kami duga sudah expired..jadi bilang membeli lebih teliti harga (bandingkan dulu) dan cek tanggal expired nya yah. Kondisi kami yang tidak 100% juga mempengaruhihal ini  akibat kelelahan dan  kurang tidur ..lebih baik belanja di toko atau minimarket yang harganya fix ..tapi sayangnya apple tea yang kami cari ini tidak kami temukan di minimarket.

di kawasan eminonu setelah station tram ada gang/jalan menuju spice bazarr banya money changer yang rate nya kurang lebih di yusup pasa..pastinya di sini rate nya lebih bagus di banding di Sultanahmet dan bandara

tampak dalam Spice Bazaar

dagangan di Spice Bazaar

Setelah dari spice bazar kami kembali ke Birlik Bufe dan makan dulu disini.
Setalah itu kami jalan kaki menuju Basilica citren yang ternyata letak nya di seberang Hagia Sophia..(museum pass tidak berlaku di sini)..

wah jadi langganan di sini..murah dan porsinya besarr

dalam jalan kaki ke arah sultanahmet ketemu toko ini..murah air mineral nya

toko souvnir juga murah di kawsan eminonu dari statiun tram sirkeci jalan kaki ke arah sultanahmet.harga nya udah fix ga perlu tawar menawar

Basilica Citren..

yang mau foto dengan pakai khas ottoman ..lumyan mahal bagi kami dan beruntungnya kami dapat yang lebih murah di Galata Tower..karena bayar yang mau kita tebus aja fotonya

ini yang terkenal..kerana film Tom Hank  "inferno"

sedang tidak ada airnya

apple tea di toko ini lebih murah di banding spice bazaar ..bijak dalam membeli..toko ini di jalan arah ke sikeci dari sultanahmet

masuk gang2 ..keren banyak resto dan hotel

Selesai di Basilica Citren kami kembali jalan kaki ..kali ini tujuannya ke hotel saja sudah lelah sekali mau duduk duduk saja di hotel menunggu sampai jam 14. Sampai Hotel sekitran 12.30 an dan duduk2 saja ..sekitar 10 menit an kemudian kami di datangi oleh petugas hotel mau di antar ke kamar..wah senang sekali..bapak yang mengantar kami ke kamar sangat baik walaupun tidak seberapa bisa berbahasa inggris..saya kira klo hotel bagusan staff yang bisa Bahasa inggris tapi ga juga yah..setelah menunjukkan kamar ..bapak ini bilang wifi bahkan dia meminta hape saya dan menyetingkan wifi di hape saya..baik banget yah..tau kebutuhan kita hahahaha..kami pun mandi mandi dan rebahan dulu melepas lelah..

Galata Tower yang terlihat dari jendela kamar hotel kami ada tujuan kami selanjutnya. Oia kami sempat mengalam kendala di kunci waktu istri saya turun meminta air panas (tidak ada teko air panas di kamar) kunci nya yang bisa membuka pintu untung ada yang bersih2 yang membantu ..saya sudah bangun dari Kasur hehehehe..mungkin karena secara system kunci/kartu ga bisa karena tadi kami masuk kamar sebelum jam 14.00. Ketika kami turun melapor ke recieptionis dan sebentar saja sudah beres.

Suasana di luar hotel hujan gerimis cenderung tambah lebat tapi kami putuskan tetap saja jalan kaki menuju tram sirkeci  turun di karakoy dan mengikuti google map dan petunjuk yang ada menuju galata Tower ..jalan kaki nya kumayan menanjak  sekitar 10 -15 menit dengan kondisi gerimis, bisa menyusuri sisi gedung supaya tidak terlalu basah.

Sampai di Galata Tower sudah tampak antrian yang mengular..oia Galata tower tidak bisa menggunakan museum pass dan juga ada perbedaanharga Antara turis asing dan warga local ..melihat harga tiket masuk nya lumayan mengelus dada yah (mahal) ..perasaan ini persis seperti yang say abaca di salah satu bloq ..so kita ga mau sia sia kan waktu selama di atas..di tawarin juga kaya nonton 3d gitu tapi kami nolak dan kemudian naik lift ke atas..iya naik menara kuno pakai lift.ini casing menara nya aja yang kuno dalemannya modern..

Sekitaran 30 an menit menikmati view di atas kami pun turun..istri tertarik untuk foto dengan kostu khas Turki dan harga yang di tawarkan juga cukup murah di bandingkan di Basislica citren tadi..disini kita hanya perlu bayar foto yang akan kita tebus saja..setelah pemotretan dengan berbagai gaya dan property (mungkin sekitar 20 foto) kami hanya menebus satu foto saja ..ya karena foto ini aja yang kami suka ..sayang nya foto nya black and white..tapi tak apa2.hehhee..

jalan menanjak menuju Galata Tower

udah terlihat galata tower

antian masuk galata

panjang ya
kelinci

akhirnya masuk juga

ternyata di dalam modern bgt

antri beli tiket

ini harga turis asing,..harga orang lokal jauh di bawah itu..

view galata Bridge dan Bosphorus

ada yang nangkring

view sisi lain

motif otoman

Galata Tower, padahal kelihatan dari kamar Hotel hehehee

Kami pun kembali menuju tram..nah kali ini sempat mampir ke pelabuhan eminonu..sempat bingung mau nyobain ferry ke asia atau ga..akhirnya kami putuskan ke grand bazaar aja..toh besok kami mau ke walter coffe yang letak nya Istanbul Bagian Asia (harusnya naik ferry).

kembali ke arah Tram

pasar ikan

yang mau naik ferry atau bosporus Cruise bisa juga dari sini

Tertarik dan beli Balik ekmek..balik ekmek di sini lebih enak dari pada di galata bridge (menurut saya)..

beli satu dan di potong 2 oleh orangnya..

Kami pun naik tram dari Karakoy dan turun di Beyazit kapalicasri (grand bazaar). Di gran Bazaar ga belanja apa2 sih..hanya melihat atmosfer aja..setelah dari gran bazar kami sempat mengunjungi masjid di sebelahnya,..kemudian jalan kami meyusuri jalan  mampir ke Obelix, Blue Mosque , Hagia Sophia dan kembali kearah hotel.

naik tram lagi

tap Istanbul kart di sini

Grand Bazaar

penampakan dalamnya..ini hanya sebagian kecil aja ya..Grand Bazaar itu gede bgt dan ada kemungkinan tersesat di sini  karena lorong nya mirip2

gerbang Grand Bazaar sisi lainnya

Blue Mosque

Hagia Sophia

peta wisata Turki

mampir beli air minum dulu disini murah

Sebelum kembali kearah Hotel saya sempatkan beli beer dan makan malam di Birlik Bufee (asli di sini murah sih) eh tenyata ada yang nyapa saya..bingungkan di Istambul ada yang kenal..oh ternyata  yang nyapa ada rekan 1 day tour kami waktu di efesus (oran g Malaysia)  kebingungan balik hotel..dia sih ngajakin ke Tahir Square.tapi karena capek banget kami memilih balik ke Hotel aja makan malam dan istirahat..(setelah melewati hari yang lelah dan tak bias tidur di bus, berbeda dengan teman ini yang naik pesawat dari Aydin ke Istanbul…yah demi budget sih kami harus rela remuk redam..)

tak sengaja ketemu di sini..makanya koq aneh ada yang aneh di sapa orang di IStanbul..kawan ini dari malaysia kami satu 1 day tour kemarin di efesus/selcuk
ini bus ke Bandara ..entah di mana stop nya klo di sultan ahmet..TL18 , kami memilih opsi tram, metro Bus H-2 hanya sekitar TL 12