Hari ke 4. Jepang. Tragedy Salah naik Bus di Hakone…jadi naik Cruise dua kali.. 21 februari 2017 ( Trip Jakarta, KL, Tokyo, Kyoto, Osaka, Singapore).

Sangat bersyukur akhirnya bisa tidur tujuh jam an..setelah dua hari belakangan klo di akumulasi hanya tidur 4 jam (2 jam sehari). Pagi ini kami bangun cukup pagi mengingat rute hari ini Hakone dengan perjalanan yang cukup jauh dari Shinjuku  ( total 115 menit approx).

Pagi ini ga mandi , mandi nya di wakili tadi malam. Selain biar cepat bergerak saya cukup trauma dengan air panas yang ga stabil tadi malam (pas shampooan eh airnya berubah jadi air es untuk tak lama panas lagi mirip kejadian mandi waktu traveling di Macau 2 tahun lalu).

Kami tinggal dengan saudara pemilik rumah di kamar sebelah tetapi tidak ada tatap muka. Sekitar jam 06.30 an kami pun keluar rumah.

Pintu pun kami buka dan tutup kembali asumsi terkunci otomatis ternyata tidak, baru sadar nanti malam untungnya masih ada ada orang di dalam dan Jepang relative aman.

di Jepang aja ga pake token ...

di lantai tiga peginapan kami..pakai tangga..

Kami berjalan kaki ke station Shin Egota sekitar 10 menit. Kemudian nyebrang dulu ke mini market  untuk membeli bento bekal untuk makan siang di Hakone.

harga kisaran 500 - 900 an yen

nyebrang ke shin egota Station

walaupun masih pagi jam 7  an ..suasana kereta ke Shinjuku udah padat bgd

Shin Egota naik Oedo line menuju Shinjuku station dan langsung menuju Odakyu melewati toko toko yang masih tutup naik ekskalator satu tingkat. Kami pun melewati counter Hakone pass yang belum buka (buka jam 07.00) orang orang udah antri mau beli hakone pass sedangkan counter sebelah nya buka (tempat Romance car yang malam kemarin saya beli hakone pass) tapi petugas diam saja dan tidak menawari mungkin muka tembook aja kaya saya semalam bertanya yah.

FYI :  setelah membaca beberapa bloq dan membuka situs nya di sarankan membeli Hakone 2 day pass , kita sudah bebas menggunakan sarana transportasi di hakone dan lebih irit di banding beli partial walaupun hanya di gunakan satu hari. Bisa dilihat di sini..
Sempat bertanya kepada petugas  tempat menunggu kereta. Shinjuku (odakyu line ekspress)  perhentian terakhirnya ke  Odawara (Hakone tozan line)  kemudian pindah kereta menuju Hakone Yumoto. (nah disini bedanya  kita oper kereta klo pakai RomanceCar tidak perlu oper dan langsung berhenti di Hakone Yumoto dengan waktu approx. 85 menit dengan kereta lebih bagus tapi nambah biaya 890 yen/person).

Berikut penjelasan rinci kenapa beli 2 day pass lebih murah
suasana dalam kereta

penampakan Gunung Fuji ..dari dalam kereta

Odawara Station, pindah kereta ke Hakone Yumoto.

Sesampai nya Di Hakone yumoto , kami sangat tertarik melihat bunga sakura yang mekar sebelum waktunya  (fix ini sakura dan bukan plum ) kami pun menyempatkan foto foto  sebelum naik bus.

winter sakura

gara gara mau foto dengan sakura ga cermat masuk bus asal aja yakin..

Setelah itu kami segera naik bus di Halte yang sudah mau berangkat.

dalam bus menuju Togendai KO

Nah disini tragedy nya..bila mengikuti rute dari brosur Hakone Pass kami harusnya naik bus ke Moto-Hakone-KO.

Dalam perjalanan awalnya kami santai santai aja trus istri saya meilhat salah satu petunjuk jalan harusnya belok kanan ke Moto Hakone –Ko  nah koq bus nya terus.  Sempat bertanya salah satu anak muda di bus tapi ternyata ga lancar bahasa inggrisnya intinya kami salah naik bus jiahhhhh..(kami kurang bersahabat sama bus , pengalaman menuju The peak hongkong dengan bus dan kebingungan naik bus di Makau dan akan di lanjutkan kebingungan naik Bus di Kyoto).

Kami berencana turun dan naik bus arah sebaliknya tapi koq sepi banget dan akhirnya menanyakan ke supir. Dengan campuran bahasa isyarat dan bahasa inggris di pastikan juga kami salah bus dan saya bilang gimana caranya balik.

view dari Bus

Akhirnya saya nanya lagi sambil menunjukkan brosur hakone yang saya bawa. Nah disini supirnya sampaikan kita akan final stop di Togendai KO (untungnya ga arah lain) trus nanti dari Togendai Ko tinggal naik Cruise (dia bilang Boat) ke Moto Hakone KO sambil menunjuk gambar pada brosur .

Akhirnya kami pun tenang lagi pula kami kan beli pass jadi mau naik kapal berapa kali pun ga masalah memang jadinya riwa riwi tapi kami kan jadi dua kali naik kapal dan beruntungkan dapat kapal yang berbeda.

Tak lama kami pun sampai di Togendai KO. Sebelum turun saya menyampaikan terima kasih kepada bapak Driver.  Dari Togendai KO kami putuskan naik Cruise melintas Lake Ashi menuju Hakone - Machiko - KO  dengan perjalanan kurang lebih 40 an menit. Kemudian kami berjalan kaki melewati “Ancient Cedar Avenue” menuju MotoHakone  KO kurang lebih (45 an menit).

Loket untuk beli tiket ferry, karena udah punya pass bisa langsung nunggu kapal

antrian boarding menuju Boat

jalan menuju kapal

lokasi lantai 3 kapal

view pelabuhan sebelum berangkat..

Lantai dua nya udah penuh..lantai tiga suasana terbuka ga kuat kena angin dingin..

cuman bisa berdiri..udah penuh..

view dari kapal

sampai di Hakone Machiko

Sempat bingung karena ga nemu petujuk arah dan sempat bertanya ke petugas museum yang menjelaskan dengan Ikhlas walaupun kami hanya bertanya tanpa masuk museum.

jalan raya ..

jalan kuno ..Ancient Cedar Avenue

Sampai Di Moto –Hakone KO ternyata cruise nya masih kurang lebih 30 menit lagi kami pun menyempatkan makan siang bekal kami di pinggir danau.

nasi kotak/bento yang kami beli tadi pagi ..ada minimarket sevel ternyata..dekat pelabuhan tapi kami selalu persiapan dari awal

sushi sushian hehehe

ada kuil di sisi danau , kami ga sempat ke sana karena mau ngejar rope way

Lake Ashi

Kami pun menyempatkan liat liat di Seven Eleven di seberang pelabuhan Moto – Hakone- Ko. Karena kami mau menegejar Rope way ke Owakudani yang beroperasi hanya sampai  16.00 kami pun melewatkan Hakone – Jinja Shrine (kuil di pinggir Lake Ashi jalan kami sekitar 15 menit dari Moto – Hakone –KO).

bila kami tadi naik bus yang benar ..harusnya turun di sini...

naik boat lagi..kali ini boat yang berbeda..tersedia 2 Boat (cruise)

Kami pun naik cruise yang berbeda . Gara gara salah naik bus kami pun bisa naik cruise 2 kali yah di nikmati aja wong  ndeso senang naik kapal hahaahhaha.. kami pun melanjutkan naik Rope way menuju Owakudani.

antri naik rope way

antri an naik rope way juga

dalam cabin rope way..view lake Ashi dan Gunung Fuji

pass sebelahan sama rope way dari Owakudani

Di Owakudani kami hanya membeli telur yang terkenal itu kemudian melanjutkan perjalanan ke  Souzan , harusnya naik Rope way lagi  tapi karena sedang maintenance dan disediakan Bus ke Souzan (kita hanya perlu memperlihatkan Hakone pass ke petugas dan tinggal naik aja transportasinya).

pass sampai Owakudani , ada pengumuman klo rope way ke Souzan lagi perbaikan..

es nya masih ada..

Gunung Fuji dari Owakudani

tempat antri bus ke Souzan

Bus dari Owakudani ke Souzan

Bus sampai Di Souzan

Dari Sounzan kami langsung naik Cable car (seperti kereta/tram  yang menuruni bukit) kiri kanan banyak penginapan elit dan ada museum tapi kami tidak turun lanjut ke Gora.

Souzan

cable car di souzan, mirip trem klo menurut saya..pokok e kereta lah hehehehe

Dari  Gora kami pun lanjut naik kereta kembali ke Hakone Yumoto.

Di Hakone yumoto kami berfoto dulu dengan sakura dari jarak dekat.  Kemudian dari Hakone Yumoto   kembali seperti rute berangkat tadi kami kembali ke Odawara kemudian pindah kereta odakyu line menuju Shinjuku  Station.

lagi beruntung dapat sakura di Hakone Yumoto..

taman sakura

indah nya sakura..

kereta Biasa dari Hakone yumoto ke Odawara

Romance car langsung dari Hakone yumoto ke Shinjuku

Sampai Shinjuku station jam menunjukkan jam 19.00 an dan belum terlalu malam kami pun putuskan  ke Odaiba mau lihat Rainbow Bridge.

mikir mau beli ini di minimarket dekat shinjuku

Majalah Dewasa di jual di mini market  ..mau ?

makan di pingir jalan sambil berdiri karena ga boleh makan di dalam mini market padahal beli disana

Dari Shinjuku via Oedo line menuju Toyosu. Sampai disini kami sempat keluar dan muter muter ternyata harus naik kereta lagi beli tiket manual ga di cover sama Tokyo metro. Pas kami di luar ini kami merasa kedinginan setengah mati (suhu 5 derajad, kecepatan angin 30an km/jam , Real Feel -2.5 derajad) kami putuskan untuk kembali aja ke penginapan mengingat baru hari kedua di Tokyo lebih baik simpan tenaga dan jaga kesehatan.

nyerah..klo gini ...perlu persiapan lebbih baik lagi klo winter..

Toyosu masih do Oedo line langsung menuju Shin Egota. Sebelum balik ke penginapan kami nyebrang ke mini market untuk beli makan  malam.

Trus balik ke penginapan. Di penginapan terjadi pembicaraan serius dengan istri. Jadi waktu di mini market dia melihat ada coklat yang lagi diskon dan menurut dia murah dan  bisa di jadikan oleh2  harga di bawah 100 yen harganya (kami beli coklat di harga 60an yen sedangkan barang yang sama ada di jual di vending machine dengan harga 100-110 yen)

Kami putuskan untuk kembali ke mini market tersebut ( Minimarketnya buka jam 10 pagi ga seperti minimarket lainnya buka 24 jam mungkin milik orang local klo besok pagi belum buka). Dan benar saja kami tidak menyesal dan oleh2 pun aman tak lupa membeli kaos kaki yang diskon untuk di pakai sendiri.

beli kaos kaki ..murah..

jack D cuman 300 ribuan rupiah ..ga ada teman minum nya nie hehehehehe..