Hari ke 11. Jepang. Nara ..dan kembali salah naik kereta bandara KIX Balikpapan - Jakarta 28 februari 2017 ( Trip Jakarta, KL, Tokyo, Kyoto, Osaka, Singapore).

Bila rata rata bloq yang saya baca hanya mengalokasikan sekitar dua hari di Osaka kami malah mengalokasi kan 4 hari. Alasan utama memang ada teman di sini dan dapat penginapan gratis hehehehehe tapi di sisi lain kami juga mau menikmati dan memberi waktu lebih untuk recovery.

teman dan rumah kami stay selama di osaka

Tubuh lumayan fresh karena cukup istirahat, banyak makan makanan enak dan terpenting udah shopping masih merasa gimana gt bisa shopping di Jepang..padahal untuk makan dan transportasi aja kita udah merasa mahal banget..

sempet salah turun , 1 station sebelum Nara

jajan es krim

wenak...

Rute hari ini cukup padat kami pagi ini menuju Nara..
Dari Hoshigaoka station – Hirakata shi – Tambabashi – pindah kintetsu line – Nara Nishi kujo kami sempat salah turun di satu station sebelumnya  (perjalanan sekitar 60 an menit) .
Nara , sangat unik dengan rusa yang berkeliaran tujuan selanjutnya ke Todaiji temple. Tak lama di sini kami melanjutkan ke Kohfuji  dan melanjutkan makan siang di dekat station.

keluar station kami menyusuri pertokoan

rusa nya di jalanan umum..bahkan sempat liat rusa nyebrang di zebra cross
rusa nya sepertinya berharap sesuatu

tetap bersama di masa tua

Todaiji

halaman nya todaiji..gerbangnya lagi direnovasi

ada Big Budha di dalam nya

replika

wc nya keren ada pintu kayu gesernya

Kohfuji

makan siang kami siang ini di Nara disalah satu resto..lucunya teman saya bahasa  jepang sama pelayannya tapi dia menjawab dengan bahasa inggris,,,hm,...

Dari Nara kami langsung menuju universal studio cuman mau foto di depannya hehehehe..
Pencatatan kurang bagus rute pulang seperti awal  sesampainya di Hirakata atau Yodoyabashi  kami pindah ke kereta JR ke universal City (ini harus JR , dan KTP tidak cover JR , beli sendiri) @ 160 yen.

kereta nya ada branding universal studio

Sesampainya di universal studio , kami lihat ternyata harga tiket nya lebih mahal dari pada beli online sekitar 9000 an yen.

nyemil dulu..enak kata temen..

ini kios makanan di atas

menuju universal

cuman numpang foto hehehehehe..ga masuk ke dalam..

snoopy..

Kami pun melanjutkan ke Osaka Station @ 180 yen kereta . Tujuan utamanya hanya berfoto dengan back ground tulisan Osaka station (ngikut aja sama Guidenya hehehe..)

kereta nya warna warni

umeda sky building

cuman foto doang di sini

Dari Osaka station kami kembali pakai  KTP kembali ke rumah untuk packing.

akhirnya tau kenapa orang jepang suka pakai masker..biar klo tidur di kereta ga keliatan menggo...

packing

Sekitar jam 18.00 an kami pun pamit diantar ke station dan di sangoni roti (wah terima kasih banyak yah sudah sangat merepotkan)..sampai jumpa di Indonesia atau klo ada rejeki ke Jepang lagi..

Perjalanan ke Kansai International Airport (KIX), Hoshigaoka – Hirakata Shi –Kitahama – Tengachaya pindah line ke Kansai International Airport (KIX). Nah  disini kami kembali salah naik kereta, yang mungkin seharusnya kami naik kereta local kami malah naik kereta Ekspress.

Sebenarnya kami udah curiga koq kereta nya bagus banget.. pas masuk kereta kami sempat bertanyan ke dua orang yagn berdiri di dalam kereta dan mereka pun mengiyakan klo ini kereta menuju KIX.

Kami pun duduk di dalam kereta , tak lama ada pengumumuman untuk duduk sesuai tiket nah semakin curigalah kita..akhirnya kami pun berdiri karena ga merasa punya tiket..tak lama ada pramugari kereta yang menanyakan tiket kami.

Kami menunjukkan tiket kami dan dia bilang ini tidak berlaku (Kansai Thru pass) kami pun di minta untuk membeli  tiket di dia seharga @510 yen yam au ga mau deh..
Ternyata orang yang kami Tanya tadi pun harus membeli tiket dan terjawablah kenapa dia memilih berdiri (mereka dengan sadar memang memilih untuk naik kereta ini berbeda dengan kami) akhirnya kami kembali ke tempat duduk tadi kebetulan no nya sesuai dengan tiket.

keren kan keretanya ..tapi kami harus bayar lagi salah naik kereta

tempat naruh barang

barang taruh di dekat kaki aja

penampakan kereta dari luar

Kereta nya bagus dan ekspress seingat saya hanya sempat mampir di satu station kemudian langsung ke KIX (tetap mesara menyesal harusnya uangnya bisa buat sarapan atau makan malam  nikmat mala mini).

Sesampainya di KIX kami naik lift ke lantai 2 (klo ga salah) menuju terminal ,kami kembali tap pakai KTP hehehehe kita di minta tap mesin untuk bisa masuk ke terminal. Berbekal membaca bloq kami langsung menuju Plaza dan mencari tempat ruang tunggu yang bisa di buat menginap yey dapat..

waiting area..disini bisa tidur .info dari bloq 2 yang saya baca

di pilih kursinya..saya tidur di lantai juga gpp

ada colokan , karena di tinggal makan jadi hape masukin tas trus kunci

pas di depan burger king

di pinjamin selimut gratiss dari jam 23.00-06.00 , bloq yang saya baca masih nyewa ..skrg freee

Makan malam kami harus hitung dengan rinci dengan uang tersisa dan disisihkan untuk  sarapan besok . makan malam di Lawson di seberang ruang tunggu.