Hari ke 4 Singapore - Balikpapan

Senin, 14 April 2019

Bangun jam 03.30..saya kembali mandi..di Singapore rajin mandi..jujur  Walaupun Subuh tetap aja merasa gerah di Singapore dan juga ada tersedia hot water koq.

Sekitar jam 04.15 ..bapak driver klook sudah wa saya dan share location dia..dia menuggu gi blok sebelah..saya juga sudah sampaikan tadi malam klo di depan hostel kami tidak bisa di masukin mobil karena kawasan toko/stall China Town dan sebelum tidur masih saya sempatkan share Location ke bapaknya.

berikut pesana mobil kami via applikasi klook

Rekan2 kebetulan sudah siap..mata sayu karena ga tidur bin kelelahan..kemudian rombonga pertama ini karena sudah siap langsung saya antar ke mobil dan mereka langsung berangkat ke Changi.

dua mobil sudah siap

rombongan mobil pertama

drivernya wanita

Sedangkan Rombongan  ke dua dan kami sekitar 04.30 sudah juga ke mobil .
Check out di Hostel ini sangat mudah ya tinggal masukkan kunci yang berupa kartu kedalam box yang sudah di sediakan ..

check out tinggal di masukkan kunci/kartu kedalam  box

officially check out

Rombongan ke dua

otw Changi T2

Perjalanan ke changi sekitar 25-30 menit ..saya sudah sampaikan ke mobil pertama dan kebetulan juga bertanya kami ke change T2 oia driver yang pertama adalah wanita. Sedangkan Driver ke dua adalah bapak yang komunikasi dengan saya..dalam perjalanan bapak nya sempat nanya ..kami dari bagian Indonesia yang mana dan kira2 dalam setahun sering ga ke Singapore ..wah saya bilang sih mungkin setahun sekali aja ga…

Sampai di Changi rombongan pertama sudah antri untuk check in di Counter..lumayan panjang karena depan kami ada group juga check in (group turis china sepertinya)..sebenarnya di sediakan mesin check in tapi saya coba gagal dan takut klo duduk nya terpisah..sekitar 30 20 an menit antri kami pun bisa check in tetap saja duduk nya terpisah karena kondisi pesawat yang full katanya..asalkan per family masih berdekatan kami bilang gapapa..

Chango T2

foto dulu sebelum check in

antrian check in di counter group..ini rombongan dari China

Proses Check in beres kami ke toilet dulu membuang air atau cairan yang ada kemudian masuk ke imigrasi ..oia proses imigrasi juga saat ini ga seketat yang  saya bayangkan smua berjalan dengan beres ..kami pun berjalan menuju gate ..lumayan jauh..

Gate belum di buka ..jadi kami duduk dan lesehan di sekitaran gate..Semabri menunggu ini saya di sapa ioleh salah seorang ibu dan di ajak ngobrol..ibu ini baru saja dari Turki ikut tour Antavaya Start Balikpapan ..Beliau bercetira dapat ekstra dua hari lebih awal dari Singapore Airline karena ada perubahan keberangkatan sehubungan ada perpindahan ke Airport baru di Turki..saya pun sempat Tanya kena biaya berapa unttuk tour ini, ibunya menjawab 18 jutaan..Dalam proses ngobrol ini saya berusaha mengingat siapa gerangan ibu ini..saya menduga ibu ini satu gereja dengan saya di Balikpapan dan dalam proses ngobrol ini saya ingat bahwa beberapa saat lalu sempat bertemu ibu ini di salah satu rumah saat doa lingkungan..keluarga ibu ini sepertinya keluarga dari yang ketempatan doa..istri saya bertanya siapa ibu itu..saya jawab seperti nya umat satu gereja..

Ternyata selain ibu ini ada peserta tour turki adalah toko cat di Balikpapan..jadi kami akan naik flight yang sama ke Balikpapan ..Tour baru sampai Singapore pagi ini..dan saya dengar ada salah satu peserta tour yang entah ketinggalan passport atau tas di Pesawat dari Turki ke Singapore (SQ).

sudah melewati imigrasi

gate masih tutup

teman2 lesehan ..saya tak di duga di sapa salah satu ibu ..kami kebetulan satu gereja di balikpapan

Setelah gate di buka kami pun masuk..sempat beberapa tas di cek oleh petugas..karena isinya berupa oleh oleh gantungan kunci pun di loloskan..menunggu sekitar 30 an menit kami sudah bisa masuk pesawat..saya sempat menukar boarding pass dengan rekan saya ternyata saya lupa klo untuk masuk pesawat akan di cek lagi boarding pass dan passport jadi boading pas di kembalikan sesuai nama..nanti pas masuk pesawat baru bertukar..rombongan terpisah..ada yang duduk di depan ada yang di bagian belakang..

sudah didalam gate

di dalam pesawat

tak ada beer di pagi hari

Sekitar jam 11 siang kami sudah tiba di sepinggan Balikpapan..sayangnya poses imigrasi di Balikpapan lama sekali..kami antri 30 an menit lebih..kemudian semua barang harus masuk X ray,.

sampai di Balikpapan

antrian imigrasi Balikpapan lama sekali..

koq ga ada tanamannya..apakah representasi hutan kalimantan yang sudah rusak ??

REkan yang satu taksi dengan saya sudah duduk manis di antrian taksi bandara..tapi saya telpon ke mereka ..bahwa kami akan naik Gocar saja lebih murah..

Sampai rumah 30 menit kemudian..rekan yang dari Bontang langsung kembali ke Bontang naik Oick up kantor ..mereka sampai di Bontang sekitar jam 10 an malam.

Nah Sekarang..berapa biaya yang kami habiskan untuk trip seperti ini ke Singapore..

Biaya rata-rata per orang adalah Rp.6 jutaan/orang, dengan rincian sebagai berikut :

1. Tiket pesawat silk air Balikpapan - Singapore PP Rp.2.625.000
  7. Sewa Mobil kepulangan ke Bandara/ orang         Rp.     63.000
  8. Biaya Sim card/org (ga rugi koq rekan2 vid call terus) Rp. 50.000
  9. Biaya makan selama di singapore                        Rp.1.000.000
Bisa lebih murah klo makan nya lebih irit hehehehe..