Singapore Hari ke 0 (Trip Kantor - Jadi Guide amatir)


Singapore  (12 – 15 April 2019)




Tour Kantor dengan cara joint trip ala Backpacker

Trip ke Singapore ini adalah trip Group Company kami. Berawal dari Bos yang menjanjikan akan trip ke Bangkok  Thailand apabila 2 segment achieve target.  Trus kenapa ke Singapore  ??..

Jadi begini setelah di perjelas ke Bos. Awalnya bos melihat iklan entah di medsos atau di mana yang iklannya hanya 4 jutaan ke Thailand. So jadi Bos akan menyiapkan 4 jutaan untuk biaya Trip ini..

Ya mungkin Bos , belum membedah lebih jauh dari biaya 4 jutaan itu tapi dasar 4 jutaan itulah yang menjadi dasar  Trip ini (tugas kamilah sebagai anak buah yang "membedah" dan merealisasikannya ) .


Biaya 4 jutaan dari Balikpapan ke Bangkok untuk cover tour agak susah ya..mungkin iklan nya start Jakarta to Bangkok bukan start Balikpapan..klo Start Balikpapan sieh agak mustahil yah... Apalagi Semenjak awal tahun 2019 entah kenapa harga tiket pesawat melonjak Drastisss..ke Jakarta saja mulai 1 jutaan dan belum Bagasi .

Melihat kenyataan di atas saya mengusulkan ke teman2 dan Bos gimana klo kita ke Destinasi Lokal atau ke Singapore saja dengan destinasi cukup mewah.

Destinasi ke Singapore pun akhrinya di setujui dan saya sarankan untuk membeli tiket nya via Silk Air saja nunggu promo nya..tiap tahun ada mulai Rp2.2 juta pp Balikpapan Singapore Direct Flight ..

Disisi lain, Bos mengatakan bahwa dari Perusahaan akan memberikan Rp.4,5 juta / orang ..dan sisa nya menjadi tanggungan Pribadi. Kami pun berdiskusi lagi..dengan harapan destiansi yang lumayan mewah  saya memikirkan dengan dana yang ada dan berharap tidak menambah terlalu banyak bagi rekan2..solusinya :
  • 1.       Cari  tiket promo..klo bisa silk air
  • 2.       Selama di Singapore naik MRT..klo sewa mobil model tour bakalan over budget
  • 3.       Nginap di  Hostel..
  • Oia , sebagai informasi  jumlah peserta 16 dewasa (2 orang senior citizen), 3 anak dan 1 bayi dan 11 orang Dewasa , 2 anak kecil dan 1 Bayi belum pernah keluar negeri dan baru kali ini akan membuat paspor.




Tiket Pesawat
Dari Alternatif ini di Setujui dan mulai lah saya dan rekan mencari cari informasi..mulai dari menelpon maskapai Silk air dan mulai tanya2 travel agen di Balikpapan (Silk air tidak langsung menjual tiket pesawat..di sarankan beli ke travel agent contoh nya Bayu Buaya, Dwidaya dan lain2).


Dapat informasi akan ada promo silk air..sembari menunggu promo rekan 2 persiapan untuk membuat paspor..sebagian besar membuat paspor di Balikpapan , ada 1 rekan saya di Bontang membuat di Samarinda dan 1 rekan saya di Bontang membuat di Sanggata.

Alam semesta mendukung. Suatu hari ketika saya ada istri lagi nongkrong di starbuck  Pentacity (mall di Balikpapan) dalam proses pembuatan itinerary ke Jepang (trip kami, bisa baca di blog ini juga ) tanpa sengaja bertemu lah kami dengan teman yang bekerja di Bayu Buana Tour dan Travel dan saya pun menyampaikan dan cerita cerita klo kantor saya akan berencana mau trip ke Singapore ..apakah bisa di bantu kita membeli tiket Silk Air nya..


Informasinya pameran Silk air akan di adakan beberapa minggu ke depan dan saya hubungkna dengan rekan saya yang mengurus pembelian tiket..kebetulan pas pameran itu saya sedang berada di Surabaya untuk menghadiri pernikahan teman istri.

Saya pun sampaikan ..klo bisa untuk tiket saya dan istri pulangnya di Extend  Karena kami berencana mau ke Cambodia (Angkor Wat).  Merasa tenang sebab urusan tiket nanti akan di urus rekan kantor dengan teman yang berkerja di Bayu Buana.Trip Di rencanakan Akhir maret atau Awal April.

Ketika dalam perjalanan menghadiri pemberkatan teman di Surabaya (bisa baca di Blog ini juga trip Surabaya) Saya di telpon teman yang kerja di Bayu Buana..”jadi  nya mau Extend sampai tgl berapa ini berangkatnya tgl 12- 15 April 2019 ..loh kog jadi pertengahan April..?? .Saya sampaikan klo nanti akan saya telpon balik ..saya mau koordinasi dulu sama rekan kantor yang mengurus tiket.


Setelah saya telpon..ternyata kenapa jadi pertengahan April karena yang murah di kisaran tgl tersebut..Bos pun sudah approve untuk tgl segitu..saya pun cek kalender…ini sudah mepet depan pecan suci (paskah)klo saya extend lagi berarti saya merayakan pecan suci tidak di Balikpapan..mengingat ada tanggung jawab dan tugas di Gereja …niat Extend pun kami batalkan ..saya nelpon ke teman yang  Bayu Buana klo saya ngikut sama rekan yang lain ..ga jadi extend ..karena udah mau paskah..teman pun ok bahkan saya di ledekin hehehehe..ok urusan tiket beres..


Kami berangkat dengan jumlah peserta 16 dewasa (2 orang senior citizen), 3 anak dan 1 bayi..tiket dewasa di bagi rata karena harga variatif (saya sih paham ga bakal semua kami dapat tiket promo) Rp.2.625.000/orang PP. Harga ini sudah snagat murah di banding dengan Harga lion yang transit Jakarta..yang mencapai Rp.3 jutaan pp dan belum termasuk makan di pesawat dan Bagasi..apalagi harus transit di Jakarta minimal 3 jam.

Destinasi
Urusan tiket Pesawat  sudah beres kemudian kami beralih ke Destinasi /Itineratry. Destinasi yang di pilih Bos dan rekan2 adalah Universal Studio , Sea Aquarium, Garden by The bay (saya sarankan seklaian OCBC Sky Brige). Untuk tiket di atas kami membeli via Tokopedia dan meminta E tiket supaya tidak perlu menukar lagi di sana. Tiket USS kami dapat Rp.675.000/orang, Sea Aquarium Rp.260.000/orang, Garden By the Bay dan Ocbc Sky Bridge (tiket fisik di kirim) Rp.281.400.

kami dapat harga Rp,260.000




Sim Card
Simcard menjadi hal yang penting karena untuk memudahkan koordinasi selama di Singapore. Kami membeli via tokopedia juga di Global komunika (di tempat yang sama kami membeli sim card untuk ke Jepang). Kami membeli  sim card 3 psc. Kami membeli simcard yang unlimited dan bisa tetring..oia kenapa beli di Global komunika karena aktifin yang gampang sekali tinggal di pasang udah langsung aktif..untuk ke SG ini kami beli simcard yang berlaku di KL, SG dan Bangkok senilai Rp.170 ribuan/sim card setelah Ongkir jadi Rp.184.000/simcard (kami beli 3 pcs dan di kirim fisik ke Balikpapan)

Hostel
Untuk penginapan karena concern keseluruhan Budget saya sampaikan ke Rekan rekan dan Bos bahwa pilihannya ada Hostel dengan Sistem Dormitory yang kondisi kamarnya dengan ranjang susun, kemudian kamar mandi di luar kamar..dan semua ok !!..saat nya saya riset untuk Hostel.
Setelah Riset dan melihat peta Jalur MRT kami putuskan untuk memesan  

Hostel 5 Footway.in Project  China town 1. Letaknya yang hanya 10 meter dari mulut station MRT China town dan harganya yang on Budget tentunya per orang Rp.239.000/orang/malam untuk di Dormitory udah dapat Sarapan (roti dan coffe). Awalnya saya mau pesan di Traveloka tapi kesusahan karena saya booking untuk semua  atas nama satu orang yaitu saya dengan berbagai tipe kamar (ada mix dormitory, ada1 kamar ber 6 dan ada 1 kamar ber 4 dengan bayi , harga satu kamar ber 4 include bayi Rp.1.325.895/kamar/malam )dan yang memungkin kan via applikasi Booking.com.


lain kali mungkin lebih baik langsung email atau kontak ke Hostelnya


Transportasi
Untuk Transport pilihanyan pasti naik MRT karena concern ke Budget..cuman saya membayangkan keribetannya dengan 16 orang dewasa (2 senior citizen) 3 anak kecil dan 1 Bayi. Mau tak mau..awalnya kami mau membeli tourist pass supaya ga setipa mau jalan kami harus membeli tiket MRT akan tetapi jadwal kepulangan kami yang Flight nya jam 08.00 (sesuai jadwal Pesawat Silk Air) membuat kami ga bisa redeem deposit  $10 dolar (kantor nya baru buka jam 08.00, lah kami udah berangkat) jadi kami putuskan beli tiket MRT per trip saja. Sedangkan untuk transportasi dari Hostel ke bandara di hari terakhir kami pesan 2 Van via Applikasi Klook. Kami hari ada di bandara sekitar jam 05.00 pagi ga mungkin naik MRT yang baru ber  operasi jam 06.00.




Ketika semua hal di atas sudah beres . Kemudian saya membuat Itinerary dan setelah Itinerary selesai saya emailkan (attach emailnya  selain itinerary : Rute MRT, Petunjuk  dan larang selama di Singapore, contoh colokan listrik di Singapore dan cara mengisi Form kedatangan ) ke kedua perusahaan dalam Group kami (1 di Balikpapan dan 1  di Bontang) saya meminta mereka mempelajarinya nya lebih dahulu..kemudian saya datang ke kantor  yang Di Balikpapan untuk meeting dengan mereka dan mejelaskannya hampir 1 jam.


peta MRT dan download applikasi mrt singapore



 Hal yang kami tekankan  :
1.  Obat -obatan Pribadi
2.  Gembok Kecil
: u/gembok tas dan loker di Hostel
3. Topi /payung
: Singapore panas seperti di Balikpapan 30-33 derajat
4.Botol/Tumbler/Termos
 : Air minum mahal sebisa mungkin bawa air dari Hostel, selama di bandara dan USS bisa isi Ulang di sana
5.Peralatan Pribadi
6.Pakaian Ganti
 : Khusus ke USS yang coba permainan Basah
7.Bawa Handuk Sendiri
 : Dan peralatan mandi bawa sendiri, Tidak Yakin di sediakan handuk di Hostel, di beberapa Hostel harus bayar sewa handuk
8.Tongsis
 : harus di Bagasikan
9.Print pemesanan hotel
10.Print tiket pesawat
11.Print Map USS SG
12.Print Rute MRT
13.Colokan listrik di SG yang di pakai kaki 3, bawa adaptor sendiri dan bawa kabel Roll/sambungan kabel
Power Bank
 : tidak boleh di bagasikan , harus di bawa ke pesawat dan tidak boleh di gunakan selama di dalam pesawat
14.Snack, pop mie dan lain2
15.Siapkan SGD (dolar Singapore) untuk Transportasi MRT dan Makan masing masing Pribadi, untuk Sewa mobil ke bandara Changi Hari terakhir sudah di beli di Indonesia
16.Rokok : sekarang bila bawa rokok ke Singapore di kenai denda..lebih baik beli rokok di Singapore dan merokok di tempat yang di sediakan
17.Patuhi aturan di Singapore supaya tidak kena denda (ex : jangan merokok dan meludah sembarangan)


barang wajib...


ramalan cuaca Singapore


Bersyukurnya rekan2 di Balikpapan dan bontang sudah biasa  hidup tertib..secara kota juga lumayan tertib..semoga trip ini berjalan lancar dan bila ada hal hal tertentu masih bisa di atasi. Amin


Berikut Itinerary kami :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banjarmasin 14 -16 feb 2021

Banjarmasin 14 Februari 2021 Valentine di Banjamasin hehehehe..trus ngapain ya berburu kuliner .. ini mie bancir yang di cari di sampit dapa...