Jepang Babak 2 (Hokkaido, Disneyland) 7 - 14 Maret 2019


Jepang Babak 2 (Hokkaido , disneyland ) 7 – 14 Maret 2019






Trip ke Jepang yang kedua kali ini (pertama trip tahun 2017) adalah reward dari Principal dan Kantor kami bekerja.


Setelah di approve klo kami boleh Extend dengan konsekuensi kena biaya tambahan Rp.600.000/ tiket karena mundurin schedule tiket pulang. Bagi kami itu tak masalah dan kami susun itinerary ke Hokaido.



Kami memang memimpikan untuk kembali lagi ke Jepang , trip ke dua ke Jepang adalah ke Shirawa Go (beruntungnya kami ini sudah di cover tour) dan tujuan selanjutnya adalah sisi utara Jepang yaitu Hokaido..



Dengan waktu yang tak banyak langsung mempelajari banyak Bloq sembari menunggu Itinerary dari tour keluar..kami setting tambahan waktu sekitar 7 hari menuju Hokaido.



Trip kali ini seperti biasa , kami atur sendiri dari transportasi , penginapan dan itinerary nya. Karena flight kembali ke Jakarta via Tokyo, maka kami siapkan 2 hari untuk explore Tokyo. Di Tokyo rencana akan ke Ghibli Museum (batal karena ga dapat tiket) dan ke Tokyo Disney land.


Jujur untuk trip yang kami arrange sendiri  ,,kami sangat puas dan bahagia berbeda banget klo ikut tour ..mungkin selama ini udah biasa repot dan lost dengan trip sendiri jadi klo ikut tour tidak berasa adventure nya..Aneh yah !!!
Dalam proses penyusunan itinerary ke  Hokaido dan dalam menentukan transportasi kami sempat bingung dan riset dulu ke beberapa bloq dan situs (infojepang , jalan2kejepang untuk naik shinkasen ke Hokkaido , japan Guidejava milk , hyperdia , google map dan masih banyak bloq lainnya)

Untuk Simcard di Jepang kami beli di Global komunika ..pastikan yang unlimited dan bisa tetring (di pelajari di spesifikasi produknya..bisa bertanya juga ke cs nya langsung) bisa beli di web nya langsung atau via tokopedia.


Transport dari Tokyo ke Sapporo ada 2 opsi.  1. Dengan pesawat murah (jet bahkan ANA) atau 2. Dengan Shinkansen (membeli JR Pass).



Untuk urusan biaya akan mejadi  kurang lebih antara naik pesawat dan shinkansen. Dari segi waktu naik pesawat sekitar 1.5 jam Tokyo – Sapporo tapi ini belum  termasuk waktu perjalanan ke bandara Haneda (Tokyo) dan dari Bandara Chitose (Sapporo) ke pusat kota yang masing masing memakan waktu 1 jam , belum lagi waktu tunggu di bandara dan bagasi (penerbangan murah biasanya belum termasuk bagasi, dalam trip ini kami membawa 2 koper dan 1 tas ..pasti harus membeli bagasi..karena di cabin max 7 kg.). 


Trip via shinakansen dan transfer semi ekespress akan memakan waktu 8 jam 30 an menit..tapi kami akan langsung turun di pusat kota (Sapporo JR Station).
Kami pun memutuskan naik Shinkansen dengan pertimbangan kami bisa istirahat/recovery di Shinkansen karena sudah cukup lelah di trip babak 1.


Setelah mempelajari beberapa pass (baca jalan2kejepang dan java milk : ada perbandingan Pass dan bila berangkat via pesawat) dan di sesuaikan dengan Itinerary kami..di putuskan untuk membeli JR Pass 7 hari. Dengan JR pass ini selain perjalanan Tokyo – Sapporo pergi pulang sudah tercover ..trip dari Sapporo ke Asahikawa, Otaru dan Hakodate juga sudah tercover..Dan masih bisa kami gunakan selama di Tokyo untuk ke Tokyo Disney land.


Berikut Artikel javamilk :

Perjalanan dari Tokyo menuju Shin-Hakodate dengan kereta Hayabusa Shinkansen (257 menit)

shinkansen Hayabusa (dok pribadi saya


lalu ganti kereta Super Hokuto Limited Express untuk menuju Sapporo (206 menit). Total waktu adalah sekitar 8 jam.









Super Hokuto Train, sumber https://flic.kr/p/kKu9R6
Super Hokuto Train, sumber https://flic.kr/p/kKu9R6

Memang waktu tempuh yang lama ini yang perlu pertimbangan walaupun kita bisa bebas streching di dalam kereta yang berjalan, tetapi akan menghabiskan waktu 1 hari perjalanan. Jika jenuh Anda bisa split perjalanan dengan main dulu di Hakodate 1-2 hari baru lanjut ke Sapporo. Jalur ini fully covered (gratis) jika punya Japan Rail Pass dan JR East South Hokkaido Pass. tiket jika beli point-to-point adalah ¥26,820 satu arah.



Berikut artikel jalan2kejepang :

Hokkaido Shinkansen Cara Naik Kereta dari Tokyo Ke Hokkaido
foto di situs jelan2kejepang

Apakah Pengguna JR Pass dapat Naik Kereta dari Tokyo ke Hokkaido Via Hokkaido Shinkansen?



Kabar gembira buat pemegang Japan Rail Pass yang mau tour ke Jepang, semua biaya naik kereta dari Tokyo ke Hokkaido ini semua sudah di-cover. Jadi kamu bisa leha-leha naik kereta dengan tarif super hemat.  Kalau dihitung-hitung nih, harga tiket Shinkansen sekali naik adalah 22,890 Yen dan hampir setara dengan harga JR Pass  7-Days Pass (Pass untuk naik kereta Japan Railways selama 7 hari) yaitu 29, 110 Yen! Belum lagi, kamu nggak perlu membeli tiket tambahan jika akan pergi ke Hakodate atau Sapporo.



Contoh Perbandingan Tarif Tokyo ⇒Shin-Hakodate-Hokuto⇒Sapporo


  • JR Pass: 29, 110 Yen. Note: berlaku PP, bisa dipakai di semua kereta Japan Railways, bisa dipakai selama 7 hari.
  • Tanpa JR Pass: 22,890 Yen (Hokkaido Shinkansen) +8830 Yen (LTD.Express Super Hokuto) = 31,720 Yen. Note: hanya sekali jalan, harus membeli tiket lagi di semua moda transportasi yang dinaiki.

Setelah melihat perbandingan ini, silakan memutuskan  sendiri ya, mana yang lebih murah untuk liburan ke Jepang? Disarankan sih beli JR Pass, karena jatuhnya murah bangettttt!!! Setelah punya Japan Rail Pass, kamu yang ingin bolak-balik Tokyo-Hokkaido pun bisa. Asalkan pass kamu masih berlaku saja ya. ^^


Kami putuskan pakai JR pass 7 hari saja..di gunakan untuk tiket pp Hokkaido dan masih bisa di gunakan ke Asahikawa dan Otaru..trus masih bisa kami gunakan lagi di Tokyo dan transportasi ke Disneyland..sudah sangat balik modal..

Kami membeli JR Pass via Tokopedia seharga Rp.3,5 an juta /orang (harga resmi Rp.3.8 jutaan) lumayan deg deg an kog harganya lebih murah..semoga bisa di tukar dengan lancar..(proses aktivasi dan Booking tanggal JR Pass harus di lakukan di Jepang dan sudah kami aktivasi dan booking di hari pertama kami saat tiba di jepang ..kebetulan hotel kami di Osaka dekat dengan Osaka Station yang terdapat JR Office)


Berikut adalah  itinerary yang kami setting sebelum berangkat ke Jepang. Tidak semua bisa berjalan karena tidak dapat tiket Ghibli museum, faktor cuaca yang tak bersahabat  dan kondisi badan yang Drop..tapi mungkin sekitar 80 % itinerary ini kami jalani.



download app ..japan travel 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banjarmasin 14 -16 feb 2021

Banjarmasin 14 Februari 2021 Valentine di Banjamasin hehehehe..trus ngapain ya berburu kuliner .. ini mie bancir yang di cari di sampit dapa...