Hari ke 1 Balikpapan - Singapore (China Town) 12 April 2019

Hari ke 1 Singapore (Balikpapan – Singapore )

China Town
Jumat , 12 April 2019

Hari yang di nantikan oleh semua akhirnya datang juga..setelah melewati banyak drama dan persiapan  Akhirnya hari ini adalah keberangkatan kami menuju Singapore.

Rekan dari Bontang sudah sampai Balikpapan kemarin dan nginap di rumah.
Sesuai kesepakatan Nanti aka nada rekan kami yang akan sampai Bandara Sepinggan terlebih dahulu 3 jam sebelum keberangkatan untuk melakukan Group check in..yup rekan saya ini memberikan diri dan waktu untuk melakukan Group check in buat kami semua ..Harapannya seat kami tidak terlalu terpencar,,sehingga masih mudah untuk koordinasi.

Flight kami 17.10, kami sepakat jam 14.30 ketemuan di bandara Balikpapan..kecuali Rekan saya yang mau check in kan ..Mereka jam 14.00 sudah ada di Bandara Sepinggan.

Saya dan Rekan Bontang pun sekitar 13.30 sudah memesan Grab..kenapa naik grab karena ada potongan Rp.50.000 ..berkat potongan ini kami ber empat hanya bayar Rp.8.000 dari rumah ke Bandara Sepinggan.

bayar Grab car Rp.8.000

Sekitar   jam 14.12 kami sudah tiba di Bandara Sepinggan ..rekan yang Check in kan kami juga sudah tiba di Sepinggan.  Ternyata counter check in silk air belum buka hahahahaha..dapat informasi yang salah ..3 jam sebelum flight sudah buka..kami pun menunggu menjelang jam 3 sore counter check in baru buka..

belum buka Check in Counternya
yang bertugas check in

Rekan rekan dan Bos dan semua rombongan sudah ada di bandara sepinggan sekitar jam 15.15.

Proses Check in  memakan waktu lama karena kami Check in untuk 16 orang dewasa 3 anak dan 1 bayi..termasuk memasukkan bagasi dan 3 stroller. Oia saya kami juga meminta form kedatangan untuk di serahkan ke imigrasi Singapore ..biar nanti tinggal antri saja di imigrasi ga usah antri isi lagi di Singapore.

antrian conter Check in

Selanjut nya briefing sebentar oleh saya dan kita lanjut masuk ke dalam..proses Xray ..nah di porses x ray ini ada kejadian lucu..salah satu rekan kami ada yang ketahan karena bawa power bank yang over capasitas over dari 20.000 mAh tentu nya barang di tahan ..boleh dititipkan kemudian klo balik ke Balikpapan bisa di ambil..untungnnya istri rekan ini belum keluar bandara dan bisa di diserahkan ke istrinya..padahal soal power bank ini sudah saya wanti wanti waktu meeting dan briefing awal..jangan lebih dari 20.000 mAh..

petugasnya baik sekali..bahkan mau di buatkan tanda terima untuk penitipan..tapi untungnya istri rekan ini masih di kawasan bandara jadi bisa di ambil istrinya

seriusan , emang ada 110.000 mAh ???

Oia untuk memudahkan koordinasi kami membuat group Wa untuk trip ini..sebenarnya sebelum keberangkatan ada rekan yang bertanya soal bawa drone..setelah kami pelajari beberapa bloq ..dan ketentuan di Singapore ..agak rumit ya (ada zona khusus drone saja yang boleh di terbangkan..ga boleh di kawasan ada gedung tinggi..ga boleh di USS) ,..dari pada ga seberapa ke pake di sana..akhirnya ga jadi..

Urusan power bank sudah kelar..selanjutnya masuk imigrasi Balikpapan dan ternyata juga belum buka..sembari menunggu imigrasi teman2 mengisi from imigrasi Singapore di Ruang tunggu.

mengisi form kedatangan singapore supaya nanti di singapore tinggal antri imigrasi

sepertinya lagi main PUBG

mulai saling contek mengisi form nya..

Kemudian ketika imigrasi sudah di buka kami pun memasuki imigrasi Balikpapan..nah setelah imgrasi Balikpapan ada X Ray lagi..harusnya udah beres yah..tapi ada masalah lagi…di Susu anak2 bos saya..beruntung nya petugas masih sangat koorporatif dan mengijinkan beberapa susu kotak udah bisa di bawa dan yang ga bisa di bawa di minta untuk menghabiskan dulu..

masih menunggu pesawat datang

Agak delay sebentar ..sekitar 15 menit . Kami pun memasuki pesawat. Kami duduk sesuai no. kursi.

penampakan dalam pesawat

boleh minta beer loh...

Sekitar 19.45 (tidak ada perbedaan waktu antara Balikpapan dan Singapore) kami mendarat di Changi.

mendarat di Chagi

nantinya kami akan seperti ini juga

welcome..

Ketika  masih di dalam pesawat sebelum turun saya dan rekan sudah aktifkan
Sim Card Singapore langsung aktif dan tetring ..perhentian pertama ada toilet di Changi kemudian kami menuju imigrasi..Antrannya Cukup panjang dan kemudian ambil Bagasi..

antrian ke imigrasi

yang di bagian belakang foto ini ..orang sedang isi form kedatangan ke Singapore

antri Bagasi

Urusan Bagasi sudah beres kami turun menuju MRT , oia kami kebetulan sudah berada di T2 jadi tinggal turun saja  menuju MRT. Di Stasiun ada antrian panjang yang mau beli tiket MRT di Loket dan kami di Arahkan untuk beli di mesin. Proses pembelian di mesin di di bagi menjadi 4 team . Satu orang bertugas membeli tiket untuk seluruh anggotanya (1 team ada yang 4 dan 6 orang). Proses pembelian tiket di mesin ini sempat ada kendala karena mesin hanya menerima satu kali pecahan uang yang sama ..tapi bisa teratasi dan
semua sudah pesan tiket menuju China Town Sta.

beli tiket MRT ke China Town ..sekitar 2.7 dolar/orang

Briefing sebentar ..Dari Changi kami akan turun di sta Expo (hanya satu sta) kemudian pindah dan turun di Sta China Town. Masing2 rombongan berdiri di beberapa pintu MRT dengan harapan semua bisa masuk dan tak ada yang tertinggal (klo ada bisa repot saya)..

Mrt sempat stop di sisi  lainnya tapi kami cuekkin kami tetap tunggu di sisi kami mengantri ini dari pada susun formasi lagi..Salah satu orang menjadi Leader Group memastikan semua anggota tidak ada yang tertinggal..
Setelah di sta Expo ,,ternyata jalan cukup jauh untuk berpindah ke line biru menuju Sta China Town.

persiapan naik ke MRT

suasana dalam MRT

REkan dari Bontang dan Botol Minumnya

salah 2 ..kanak2 rombongan kami..anak bos

Sesampainya di china town mencari exit C ..keluar dari ekslator sudah Nampak Hostel kami ..benar benar  hanya 10 meter dari mulut eksalator dan di pusat pertokoan China Town Hostel kami..

di belakang toko ini HOstel kami

ini pintu masukknya

Sesampai Hostel kami kira sudah bisa langsung istirahat karena sebagian besar sudah capek ..lokasi receiption  hostel yang berada di lantai 2 pun kami datangi ..lah koq ga ada petugasnya..hanya ada mesin self Check in ..bagaimana ini.saya pun mencoba nya tapi agak kebingungan..kemudian saya menelpon informasi (sudah di sediakan Telpon di dekat mesin Check in) dalam pembicaraan di telpon saya minta tolong di bantu saja..dan di ujugn telepon bilang tolong tunggu 5 menit..suasana udah horror nieh,,teman 2 udah kelelahan mendamba kasur..Ternyata5 menit tak kunjung datang baru datang sekitar 15 an menit ..dalam menanti ada juga tamu yang berusaha self check In dan berhasil ,,tapi di proses terakhir dia lupa foto no kamar nya hahahahaha…saya bilang saya udah nelpon..harusnya orangnya dalam perjalanan ke sini.
Orang yang pun datang..dan masih ada proses lagi,..semua booking atasnama saya kan yah..dia meminta beberapa orang (klo ga salah 6 orang)..jadi proses check in nya itu harus scan paspor dan foto di mesin ..(proses ini saja memakan waktu 15 an menit ..kunci berupa kartu pun sudah di kasih ke saya..

naik ke lantai 2

self Check in...

orang ini sukses check in..tapi lupa foto/catat no kamar dan bunk bed nya...hehehehe

teman2 menunggu di lantai 2 dan ada juga menunggu di lantai 3..duduk di lantai

akhirnya petugas Hostelnya datang

scan paspor dan foto

Sekarang saya jadi bingung nih..ini kamar nya yang mana yang ber 4 ..yang mana yang ber enam..trus yang 3 cewek dan 3 cowok,.akhirnya di jelaskan dan di beri tulisan di kertas..Kunci pun saya distribusikan ke masing2 kamar.

tulisan orang singapore..

penampakan kunci..bahkan unttk selotip kertas buat penamaan kunci kami yang di minta robek sendiri...awal nya ga paham buat apa,.cuman di suruh robek aja,,jadi robeknya kecil2..setelah paham baru hasilnya seperti di atas,.

Saya dan Istri berpisah kamar..istri tidur di kamar mix dormi 3 cewek untung nya tidak ada orang yang ke 4..kan bisa saja orang ke 4 nya cowok namanya juga mix dormi (sekamar 4 orang)..yang sekamar dengan saya juga 3 orang..nah di kamar kami sudah ada satu tamu..yah mau tak mau kami kasak kusuk buat rebut di kamar padahal orangnya udah tidur (masuk kamar jam 23
an.

ada fasilitas komputer

hair Dryer

kamar mandi

cuci ..ada biaya lagi

jangan coba ocba merokok

peta dan wifi

rules

dari komputer itu ada lorong menuju kamar kami

di sediakan loker di dalam kamar

kamar Ber AC tapi juga ada kipas angin ..

ini dorm kami

ini dorm yang lain..bukan kamar kami

Setelah masuk kamar ..kami keluar lagi karena rekan2 mau nyari makan..saya pun tunjukkan salah satu food court yang ada..tapi sayang sudah banyak stall yang tutup akhrinya mampir keSevel dan beli makan yang di panaskan di Microwave..

kawasan food court china Town

makanya bawa botol minum yang gede guys

antri microwave

makan giniian ,,

Selesai makan kembali ke Hostel ..saya mandi (enaknya ada air panas..tapi cuaca Singapore panas banget) kemudian tidur,,tak lupa Broadcast dulu di group besok sarapan 07.30 di lantai 2 dan 08.30 kita akan otw ke Sentosa