Hari ke 6 Jepang (Tokyo - Sapporo) 7 Maret 2019

Hari ke 6 Hokaido (Tokyo – Sapporo)

Otw Sapporo, Belum nyampe Sapporo udah Nyasar !!!

7 Maret 2019

Dalam proses penyusunan itinerary ke  Hokaido dan dalam menentukan transportasi kami sempat bingung dan riset dulu ke beberapa bloq dan situs (japan guide  , Hyperdia ,javamilk, jalan2ke jepang)

Kami pun memutuskan naik Shinkansen dengan pertimbangan kami bisa istirahat/recovery di Shinkansen karena sudah cukup lelah di trip babak 1.

Setelah mempelajari beberapa pass dan di sesuiakan dengan Itinerary kami..di putuskan untuk membeli JR Pass 7 hari. Dengan JR pass ini selain perjalanan Tokyo – Sapporo pergi pulang sudah tercover ..trip dari Sapporo ke Asahikawa, Otaru dan Hakodate juga sudah tercover..Dan masih bisa kami gunakan selama di Tokyo untuk ke Tokyo Disney land.

Kami membeli JR Pass via Tokopedia seharga Rp.3,5 an juta /orang (harga resmi Rp.3.8 jutaa) lumayan deg deg an kog harganya lebih murah..semoga bisa di tukar dengan lancar..(proses aktivasi dan Booking tanggal JR Pass harus di lakukan di Jepang dan sudah kami aktivasi dan booking di hari pertama kami saat tiba di jepang ..kebetulan hotel kami di Osaka dekat dengan Osaka Station yang terdapat JR Office)

Pagi ini kami check out dari hotel sekitar jam 6 an pagi..sayang sekali ga bisa sarapan dulu karena restoran nya baru buka jam 7 pagi untuk sarapan..

Kami jalan kaki ke seberang  dengan suasana gerimis menuju statiun JR .
Pagi ini kami sudah menggunakan JR pass kami. JR pass hanya perlu di tunjukkan kepada pihak petugas stasiun . Pemengang JR pass masuk melalui gate di sebelah kantor petugas ..JR pass kita tunjukan secara manual ke pihak petugas ..petugas akan melihat masa berlaku JR Pass kita. Berbeda bila kita tidak pakai JR pass kita masuk melalui pintu otomatis dengan memasukkan tiket ke gate.

Kami pun naik kereta dengan tujuan Tokyo Station ..sekitar 25 menit.
Sebenarnya agak ga rela melewatkan sarapan mewah di Hotel tapi gimana lagi kami gam au ambil resiko ketinggalan kereta..Fyi station kereta di jepang itu besar sekali (Seperti Shinjuku, Tokyo) karena merupakan statiun interchange dan melayani lebih dari 5 line kereta.

suasana mrt pagi ini

bawaan kami

Sesampainya di Tokyo Station kami pun mencari informasi di mana letak gate untuk Shinkansen.

mengikuti petunjuk Shinkansen

ini keterangan menuju gate shinkansen

Setelah dapat , kami memilih untuk membeli sarapan dan perbekalan selama di Shinkansen..oia di Shinkansen dan limited Ekspress boleh makan dan minum ..bahkan kita bisa pesan makan dan minum di kereta (biasanya dan hasil ulasan yang kami baca tentu harganya lebih mahal dari pada di luar kereta).

belanja di minimarket ini

kopi anget dengan back ground petinis no.1 dunia yang berasal dari Jepang

Setelah membeli sarapan kami pun masuk menuju gate Shinkansen khususnya tujuan Hakodate ..setelah masuk kami sempat naik ke atas (bagian rell) ternyata kerta belum ada ..masih 45 menit lagi keberangkatan dan kami kembali turun dan menunggu di ruang tunggu di bawah..Di ruang tunggu ada layar informasi tentang jam dan line kereta.

sempat naik ke atas ternyata kereta nya belum ada

turun lagi ke ruang tunggu

suasana ruang tunggu

layar pengumuman..kereta kami yang jam 08.20

Selanjutnya setelah ada informasi boleh naik kereta kami pun naik lagi ke atas..Di tiket tertulis gerbong dan no tempat duduk kita..

gerbong 4 seat no 13 B kurang lebih gt..

kereta nya sudah datang

penampakan dalam kereta

botol minumnya milik pribadi yah...tidak di sediakan

ada colokan listrik nya

cukup lega kan

ada gantungan juga

bekal kami

tisu basah yang beli di seria

ciri khas kuliner di Hokkaido ..kepiting

ada tempat bagasi di dekat pintu masuk

view di luar

pramugari

tolietnya luas ,bersih dan canggih

Selama di kereta sih jujur saya merasa kecepatan shinkansen Hayabusa ini biasa saja ya..tapi setelah nanti oper kereta di Hakodate dengan semi ekspress baru kerasa klo kereta Shinkansen Hayabusa tapi terasa lebih cepat..

Sesampainya di Shin Hakodate kami pun turun karena di sini harus pindah ke Super Hakuto , waktu transfer 12 menit..kami sempat bertanya ke Pramugari Shinkansen hayabusa tadi tapi koq malah bingung yah..dengan tergegas kami pun mengikuti penumpang lain dan dengan sedikit berlalu mencari gate untuk transfer ke Super Hakuto.. Tips nya pastikan tujuan kita menuju ke Sapporo, karena ada super hakuto atau kereta JR yang menuju Hakodate (ke kota) .

salju udah di mana2

menunggu super Hakuto

local train JR barusan lewat

kereta datang

penampakan dalam kereta super Hakuto

keren view nya

penampakan toiletnya

pengecekan tiket, oia karena penuh di kereta ini saya tidak duduk bersebelahna sama istri..istri duduk di belakang saya..reseverd seat yah

toilet yang lain..masih di kereta yang sama

Kembali menunjukkan tiket dan JR Pass ke petugas kemudian menunggu kereta untungnya kami masih ada beberapa menit sebelum kereta sampai. Oia jadwal kereta di tiket dan di situs Hyperdia itu on time ya..bila ada yang ga sesuia berarti ada yang salah..ini pengalaman kami.

Didalam kereta ketika mau sampai ke salah satu station biasanya ada pengumuman 3 bahasa Bahasa jepang, Bahasa mandarin dan bahasa Inggris. Nah saya di pengumanan ini suara nya kurang jelas ya..saya mendengar station selanjutnya adalah Sapporro  ternyata station ini adalah Shin Sapporo ..

Saya dan istri pun turun..mulai agak aneh sih,,kog yang turun cuman dikit ya..
Setelah turun ..kebetulan ada JR Office kami pun memesan tiket untuk pulang kembali ke Tokyo dengan permintaan  dari Sapporo ke Hakodate paling pagi kemudian dari Shin Hakodate sore menuju Tokyo karena kami mau jalan jalan dulu di kota Hakodate..awalnya agak susah komunikasi dengan petugas karena kendala bahasa..kembali itinerary yang kami print menjadi penyelamat..di itinerary sudah sangat rinci jam kereta nya yang sudah di ketik (situs hyperdia) petugas nya paham ..bahkan untuk tiket kereta dari Hakodate ke Shin Hakodate pun sudah di cetakkan (issued) oleh petugas (awalnya saya mau naik JR saja tapi ternyata ada super hokuto yang dekat sama jadwal Shinkansen kami).

Fyi, Shin hakodate Station ini adalah station transit untuk transfer dari/ ke shinkansen hayabusa ke super Hakuto (semi ekspress) letaknya sekitar 15 menit dari kota Hakodate.  Sedangkan Hokadate Station berada di pusat kota hakodate.

Kembali ke atas..setelah urusan tiket pulang ke Tokyo sudah beres kami pun keluar  (masih berfikir sudah di Sapporo) dan bersiap menuju ke Hostel. Hostel kami cuman 3 station dari Sapporo station.

Pas di luar ampun dingin sekali dan saljunya tebal tebal..kami pun mencari metro (kereta untuk ke Hostel) dan kami bingung dan coba pakai google map koq jadi jauh banget ..koq jadi sejam lebih ke Hostel..kemudian bertanyalah kami ke petugas dengan komunikasi yang tidak jelas dia dan akhirnya kami sadar terutama istri saya sadar klo kami turun bukan di Sapporo station (pantas kog station nya ga besar ..baca di blog lain Sapporo itu station besar ) tapi turun di Shin Sapporo Station dan masih 15 menit an menuju Sapporo Station..lah belum sampai Sapporo aja udah nyasar!!!!...

kami salah turun di Shin Sapporo..

pemegang JR pass lewat gate manual

bagi pemegang JR Pass lewat pintu dekat petugas ..dengan menunjukkan JR passnya secara manual ke petugas..bukan lewat pintu otomatis..

kantor JR

sempat keluar , melihat salju yang sangat tebal mau jalan kaki ke hostel..tapi cek di google map koq jauh banget...ternyata salah station
Kami kembali ke atas ..sempat bertanya sama orang asing (bukan orang jepang) kebetulan ada ..seneng bisa dengan bahasa inggris yang jelas..kami bertanya apakah di sini tempat menunggu kereta menuju Sapporo ternyata bukan kami harus ke menunggu di seberang..jadi terpaksa turun lagi naik lift dan menuju keseberang..kami naik kereta JR biasa menuju Sapporo ( tidak perlu beli tiket karena semua kereta JR udah di cover JR Pass). Dalam perjalanan di kereta istri saya bilang tadi dia liat jam..pas sampai di Shin  Saporro kog lebih cepat dari pada di tiket yah..nah ini jadi pengalaman yah..waktu di tiket dan hyperdia itu on time baik jam keberangkatan dan kedatangan (sampai)nya ..Hebat kan Jepang..nah ini bedanya sama kereta api di Indonesia.  Pengalaman bulan lalu ke Jember naik kereta..Jam keberangkatan sudah ontime ..tapi jam tiba/sampai tidak on time alias molor.

liat ini biar sadar your are in Shin sapporo masih 3 station lagi baru ke Sapporo..belum sampe sudah tersesat

kembali ke peron untuk nyari kereta ke Sapporo..untung di cover JR pass

JR Local train ke Sapporo
 Sesampai di Sapporo Station, kami menuju tourist information (saran dari blog yang kami baca) kami mengumpulkan beberapa brosur karena discount di beberapa brosur benar benar bisa di nikmati  sembari  saya mau berntaya untuk pass metro selam week end apakah bisa beli terlebih dahulu..ternyata di jelaskan klo pass Metro bisa di beli di mesin pada hari hari H.

ini dah bener sappporo Stataion

mampir sini dulu..touris Information

ada warung jawa Guys

patung suku ainu..suku asli Hokkaido

sapporo station..karena udah lelah kami putuskan naik subwayn ke Hostel

Kami pun menuju mesin tiket untuk membeli tiket menuju Nakajima koen menuju Hostel..untuk metro/kereta di Sapporo tidak di cover JR jadi kami beli sendiri langsung ke tiket machine.

pesan tiket

tiket sudah beres

suasana dalam subway

Letak Hostel kami hanya sekitar 100 meter dari exit..setelah check in dan menaruh barang..
lokasi hotel sangat dekat dengan exit subway..

recieptionist

sikat gigi di jual

breakfast juga di jual

kamar kami lantai 5..ada lift koq

ini kamar kami ..bunk bed berdua

hanya ada wasftafel di kamar, kamar mandi dan toilet di luar

Toilet, kamar mandi, ruang rias, hair dryer dan mesin cuci berbayar terletak di luar kamar dan di setiap lantai harusnya ada.

ini urninoir, di dalam ada pintu itu toiletnya

ruang rias

mesin cuci berbayar

box kamar mandi, di sediakan sabun cair dan shampoo

fasilitas hostel

Kami pesan Iyasu Hostel ini via traveloka jenis kamar twin ekonomi with bunk bed dengan harga Rp.586.386 / malam ..kami menginap 4 malam di sini jadi Rp.2.345.545.

kami pun  kembali turun menuju lawsoon minimarket untuk makan malam..kemudian   istirahat karena besok pagi kami akan ke Asahikawa – pas tengah pulau Hokaiddo.

di lawsoon ada di sediakan meja