Hari ke 3, Nusa Penida (Bali Babak pertama - versi irit)


Nusa Penida

Day 3 ,24 mei 2018

Nusa penida,  udah lama pengin banget ke sini ..saya pun pelajari   paket tour nya dan rata2 harus pilih2 hari atau menginap satu malam di nusa penida. Karena kami udah issued hotel jauh jauh hari maka kami pun tidak jadi pilih opsi menginap di nusa penida.


Kami berencana akan pp 2 hari ke nusa penida untuk ambil tour timur (atuh ) dan tour barat (angel Billabong) tapi karena adanya “agenda” dan harus extend satu hari diSurabaya kami pun hanya memilih tour Timur saja dengan pertimbangan suatu saat ke bali lagi akan ambil tour baratnya..

Saya pesan paket tour di adek kelas sma yang saat ini kerja dan domisili di Bali (dia memang orang Bali) paket tour nya Rp.550.000/orang  (lebih murah dari paket di internet Rp.575.000/orang untuk 2 pax).

Kemarin saya udah di Wa kontak person yang harus saya hub dan temui. Oia harga diatas tanpa penjemputan di Bali yak arena kami langsung menuju sanur untuk naik fast Boatnya.

Sekitar jam 7 kurang kami extend kamar dulu karena ini hari terakhir kami  atas nama istri saya. Kemudian kami langsung menuju sanur ke warung Mak Beng untukketemu dengan staff tour nyayang urus fast boat kami Nusa penida.

Sampai sanur 07.25 an , masuk bayar retribusi klo ga salah rp.3.000 , kemudian saya parkir dan menelpon staffnya dan kita janjian di Coco mart sebelah Mak Benk warung.  Kami baru di temui staff nya menjelang jam 07.30 wita dan kemudian di antar menuju tempat boat dan staff inilah yang mengurus tiket kami.

parkir motor pantai sanur

janjian sama staff yang akan kasih tiket kapal cepat

ini juga tour , tapi yang ini lumayan mahal..plus norkling atau diving

suasana menunggu boat

staff lagi urus ambil tiket kami

boat yang parkir


tiket kami

kami harus berjalan ke sisi pantai yang lain untuk naik boat



itu boat kami

antri naik boat


duduk bebas pilih


Boat baru berangkat jam 08.15 kami pun berpisah dari staff ini dan diinfo bahwa kami nanti akan di jemput  driver di Nusa penida.  Boat penuh dan sempat ngobrol sama mba di sebelah saya yang dalam rangka doa leluhur pulang ke nusa penida. Tiket boat untuk local Rp.65.000 (klo ga salah. 

Keberangkatan via sanur lebih malah di banding via tempat lain karena sanur lebih dekat Denpasar terpaut Rp10 ribuan lebih murah dan via sanur juga waktu tempuh lebih lama sekitar 30-45 menit tergantung gelombang). Saya sempat terpikir untuk explore nuda penida sendiri tanpa tour dengan menginap di nusa penida dan sewa motor tapi karena keterbatasan waktu kali ini kami pilih tour saja.



Sampai di pelabuhan nusa penida sekitar 09.15 an kami pun langsung di jemput Driver dan tujuan pertama adalah Atuh . Menurut driver kami perjalanan ke atuh cukup jauh sekitar 1 jam perjalanan karena naik turun bukit, jalan yang sempit (jalan di nusa penida cukup sempit) dan juga jalan rusak..menurut bapak dirver akan sulit untuk mencapai semua tujuan kami hari ini karena harus mengejar kapal pulang ke sanur lagi jam 16.00 wita. Saya bilang ke bapak coba kita maksimalkan saja karena kami biasanya tidak terlalu lama di spot hanya foto kemudian pergi.

jernihnya nusa penida

antri turun

sampai di nusa penida




bapak driver dan guide kami sudah bawa tulisan nama kami

Oia kami hanya bertiga dengan bapak driver ya (private tour). Bapak Driver  nya juga cerita , agak sepi ini hanya dua mobil dari travel dia yang jalan..mungkin karena pengaruh bulan puasa dan efek Bomb gereja di Surabya (1 minggu yang lalu).

mobil yang akan mengantar kami


jalan nusa penida yang sempit 








Spot pertama atuh..pastinya indah banget dan gemetar rasanya lutut naik turun anak tangganya. Bapak Driver juga bertinda selaku guide , beliau menemani kami juga ke spot , juru foto (ini ga kami maksimalkan karena udah bawa yi cam dan tongsis).

guide kami di depan


menuruni tangga

keren yah


rumah pohon


view pulau seribu dari rumah pohon









Kemudian lanjut ke pulau seribu , sebenarnya hanya hanya ada beberapa bukit yang di laut tapi indah banget..di tawarkan bapak nya untuk turun ke pantai tapi karena udah lemes lutut dan kejar waktu kami pun lanjut ke spot selanjutnya kelingking.


kami tidak turun ke atuh beach..karena cukup jauh jalannya dan mau kejar beberapa tempat


kata bapak guide udah lama ga hujan








sedang lagi di kerjakan tangga nya

Entah bagaimana pembicaraannya  akhirnya di tawarkan untuk ke Angel Bilabong (ga masuk itinerary) , menurut bapak nya biasanya driver ga mau klo dari atuh kemudian ke Angel Bilabong karena timur ke barat dan jalannya rusak tapi bila mau skip kelingking dan crytal bay bapak mau antar kita..katanya kasihan sama adek sudah jauh2 ke sini.


Untuk Nusa penida angel billabong dan atuh ada icon nya untuk timur dan barat saya memang mengincar kedua spot ini. Bahkan saya sempat berencana ambil dua trip timur dan barang tapi meamang beruntung akhirnya bisa dapat 2 spot ini dalam sekali jalan..kami pun lanjut ke Angel Bilabong..

Perjalanan cukup jauh dan jalannya sempit dan rusak ..bila berpas pasan dengan mobil lain salah satu harus mengalah dan berhenti mepet ke salah satu jalan supaya yang lain bisa lewat.. dengan kesepakatan kami akan makan siang menjadi makan sore kami pun otw ke angel billabong.,

Sampai di angel billabong ada dua spot di satu object, bapaknya pun menjadi guide kami sambil menujukkkan spot spot foto di lokasi..sempat di Tanya apakah mau berendam..harusnya saya berendam aja,,di angel billabongnya ..(saya masih berfikir klo kita akan ke crystal bay tapi karena mepet kami pun tidak ke crystal bay malah menunggu cukup lama di pelabuhan tau gitu berenang aja..hehehehe ok lah)

dalam perjalanan ke angel billabong..melewati beberapa kincir angin..sayang udah ga berfungsi




angel bilabong




banyak yang udah siap antri berenang dan foto dari atas..kaya di majalah2

ini broken beach nya

sisi lain broken beach


Perjalanan pun di lanjutkan dengan makan siang. Paket makan siang sudah include di dalam tour ya..

tempat makan siang..

pilihan menu yang bisa di pilih..ada turis lain yang makan di sini..rp.25.000 per porsi


menu kami

makan siang


Setelah makan siang kami di antar ke pelabuhan sekitar jam3 an , sebenarnya saya mau ke crytal bay tapi menurut bapak nya seperti tidak akan sempat mengejar boat sore ya kami pun harus relakan hehehehe tapi kami tetap bersyukur karena udah dapat atuh dan angel billabong…yang menurut kami dua tempat ini lah spot terkeren nya..ya klo suatu saat ada waktu mau lagi ke nusa penida untuk eksplore klingking, crystal bay dan nyobain paket snorling tentu nya harus nginap di pulau nusa penidanya (seperti rencana awal sewa motor ga pake tour).

Sekitar jam 16.30 an kami baru naik ke boat danjam 17.15 udah sampai sanur..cukur senangudah sampe sanur karena ombak nya gede banget..

kembali ke sanur bali

suasana dalam kapal


Ambil motor, sempat di tagih biaya parkir 10 ribu , untungnya saya nanya koq bayar 10 ribu sie..katanya motor nya kan nginap ..saya bilang kami dari pagi koq ga nginap kemudian di biarkan jalan begitu saja..

sanur




entah kenapa yang disanur lebih enak dari pada yang di kuta dan lebih murah


Kami pun lanjut menuju warung bagoes  untuk makan , jarak  nya cukup dekat dengan sanur..



pork ribs nya murah meriah

ini porsi kedua saya .,,lebih enak pakai sambal bali..


Sampe hotel , sempat jalan bentar ke legian kami pun mengembalikan motor malam ini karena besok pagi udah di jemput sekitar jam 7 pagi menuju padang bay (dari pada besok pagi tungguan ngembaliin motor).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banjarmasin 14 -16 feb 2021

Banjarmasin 14 Februari 2021 Valentine di Banjamasin hehehehe..trus ngapain ya berburu kuliner .. ini mie bancir yang di cari di sampit dapa...