Hari ke 2 Vietnam (Trang An, Kong Skull Island – Bai Dinh (Ninh Binh)

Trang An – Bai Dinh (Ninh Binh)

20 Maret 2018

Hari ini morning call jam 06 pagi (jam di Vietnam sama dengan WIB).  Jam 07 di harapkan sudah sarapan di Resto hotel dan jam 08 sudah di bus karena perjalanan dari Hanoi menuju  Trang An sekitar  2 jam. Salah satu kekuranga bila ikut tour adalah jam nya sangat padat karena jumlah peserta yang banyak jadi ga bisa seenaknya bangun pagi ..sayang sekali padahal hotelnya bagus.

view dari kamar

Hotel Movenpick sangat bagus kelas internasional ada juga jaringan hotel ini di Bali. Sekitar jam 8 pagi rombongan sudah ada di bus dan bersiap ke Trang An. Trang An adalah tempat shooting film Kong Skull Island 2016 atau 2017 lalu dan di juluki Halong Bay on land (Halong bay versi darat mungkin begitu artinya) masih nyesek di itinerary tidak ada ke Halong Bay..hiks..

konsisten crunch dan jus apel

buffet

ramai nya lobby

bus sudah siab

Perjalanan lumayan lancar , selama dalam perjalanan Guide local menceritakan soal sejarah Vietnam dan mengajari bahasa Vietnam. Kurang lebih satu jam perjalanan kami pun stop di perhentian dan sempat berbelanja sejenak .

cafe jongkok

ada Grab

ramainya motor

Grab lagi..bedanya jaketnya tipis

selama perjalanan belajar bahasa vietnam, ini alfabeth vietnam

seperti bahasa mandarin , ada beberapa nada penyebutan

mampir di tempat di tengah jalan

ada cafenya

disabilitas yang berkarya sulaman

belanja magnet kulkas

bus kami

di belikan cemilan

keren rumahnya

Perjalanan di lanjutkan dan sampai lah kami di Trang An.  Tempat nya bagus dan kita akan berperahu di sini sekitar 2 jam an.  Satu perahu berisi 4 orang dan di perahu kami saya satu satu nya laki laki karena pendayung kami juga seorang wanita.

kue kacangnya guede banget,,..

pilih sampan

cuman saya cowoknya..

masuk gua

Melewati dalam gua beberapa kali, akhirnya kami mampir di salah satu kuil dan tempat Shooting atau desa buatan untuk keperluan shooting.

klo nonton film nya ini desanya penduduk aseli..

Selesai kami pun kembali mendayung ke start awal. Karena tidak ada pecahan kecil uang dong , kami pun memberi uang rupiah kepada ibu pendayung..lagian uang rupiah kita lebih tinggi 40% dari uang dong Vietnam.

Selanjutnya kami menuju restoran local untuk makan siang. Menu yang khas di sini adalah kambing gunung , banyak di jual versi utuh nya di pinggir jalan (kambing gunung seperti ayam kampung mencari makan sendiri ). Sempat nyobain kopi Vietnam di sini, oia salah satu komoditi yang khas dari Vietnam adalah kopinya.

resto makan siang hari ini, ini bagian belakangnya..kami makan di bagian depan

Makan siang selesai tujuan selanjutnya Bai Dinh (Ninh Binh) jaraknya cukup dekat hanya sekitar 30 menit dari restoran. Bai Dinh ini adalah sebuat Vihara dengan Pagoda tertinggi di Asia Tenggara, Pagoda tertinggi di dunia di  china. Vihara ini besar banget dan info nya dibangun dari donasi sebuah perusahaan, dulunya memang ada Vihara tapi kecil saja.

tiket buat naik mobil golf

tinggal pilih

wefie dulu

Satu hal yang unik di Vietnam, Negara ini Negara komunis tetapi tempat wisata malah ke tempat ibadah. Menurut informasi dari guide local selama tidak menyinggung pemerintah silahkan saja beragama , hanya saja untuk pengawai negeri tidak di perkenankan beragama..SANGAT Bersyukur di INDONESIA.
Kembali ke Bai Dinh, ini vihara gede banget dari parkiran ke Vihara harus naik mobil golf sekitar 5 menit an. Dan selama ekplore Vihara ini kami bersama rombongan dari jawa tengah dan ambon . Secara khusus yang dari jawa tengah ternyata mereka hobi fotografi bahkan ada yang menjadi fotographer professional ..yah senang nya serasa bawa fotographer pribadi kaya artis artis..
Kami tidak sempat ekplore semua tempat karena saking luasnya dan waktu kami hanya satu setengah jam di sini..kami pun kembali ke meeting point kembali naik mobil golf.

di pintu gerbang

pagoda tertinggi di ASEAN

untuk balik ke parkiran

pagoda dari jauh

jualan kambing gunung

kambingnya bisa naik ke gunung

Perjalanan kembali ke Hanoi , sempat berhenti di tengah jalan di tempat kami tadi siang berhenti.  Langsung menuju  restoran dan kembali ke hotel sudah jam 10 an malam.

tournya baik di kasih snack lagi

back to hanoi

makan malam

tahu goreng dengan sop merah..

Salah satu kelemahan tour lagi adalah memakan waktu cukup lama untuk makan, memerlukan 1-2 jam untuk makan Ini cukup buang waktu karena klo kami traveling sendiri makan paling lama 30 menit dank lo bisa di bawah itu trus lanjut ke tampat lain atau bisa istirahat di penginpan..yah tetap harus enjoy tournya..hehehehe,,

pelipur lara malama ini ..lebih ringan dari bintang