Hari ke 4 Costa Victoria, Penang..(21 November 2017)

# Penang

21 November 2017

Sekitar jam 6-7 pagi kami sudah sampai di penang.. 30 menit kemudian kapal pun bersandar..
Kami pun Sarapan dulu di deck 9, Setelah itu kami pun janjian untuk turun ke penang.

belum merapat

view penang dari kapal

seperti kapal star cruise..agak kecil kapalnya

roti india ini enak bgd...

tuker uang untuk bayar tips wajib..

Berbeda dengan phuket kita tidak perlu transfer ke shuttle boat jadi udah langsung ke pelabuhan..
Seperti di phuket sudah banyak yang menawarkan sewa mobil. Kami putuskan untuk jalan kaki Saja sembari mengambil peta wisata penang..

bekal peta untuk jalan keliling penang

Setelah befoto bersama di victoria clock tower dan berjalan ke arah China Town. Rombongan Terpisah dua.. Kami berdelapan memilih menuju China Town dengan jalan kaki sedangkan teman Berlima memilih naik uber ke pesiaran gurney..

formasi lengkap victoria clock tower

suasana penang pagi ini

Ini kedua kali saya pribadi ke penangg hanya saja ketika itu hanya meeting dan tinggal di batu feringhi jadi ga explore kota tanya alias George Town.. Explore nya cuman dari bus.. Hhehehe..
Kami pun menyusuri jalan berbekal peta wisata dan google map..

Perjalanan tanpa sengaja melewati peranakan mansion yang terkenal itu.. Kami sempat befoto tapi tidak jadi masuk karena biaya cukup mahal klo tidak salah sekitar 120.000 rupiah atau klo tidak salah sekitar 40 an ringgit.

peranakan mansion

foto di depan nya aja ..mahal masuknya..

Perjalanan kami lanjut kan, mampir sebentar ke farmacy ada teman yang mau beli obat untuk mama nya. Perjalanan kami lanjut kan sempat mampir ke salah satu kuil di little India.. Udah pengen makan nanti /roti khas India.. Tapi perut udah kenyang bgd karena udah Sarapan liar pagi ini di kapal..

teman beli obat dulu

bawaannya mau nyebrang aja

lupa kuil apa..di litle india
toko di litlle india

Kami menyusuri jalanan dengan Tujuan depot dim sum yang terkenal di penang di daerah China Town.. Sembari dalam perjalanan  kami sempat Nyemil b2 panggung.. Sampai lah kami di china town.. Dan otomatis belanja oleh oleh..

Saya pun penasaran dan ingin befoto di mural yang sangat fenomenal bahkan  di jadikan gambar kaos.. Setelah sedikit seat akhirnya kami pun bertanya ke pemilik toko souvenir sambil menunjuk gambar.

sampe nanya ke toko yang jualan , di mana mural yang seperti di kaos ini..

toilet di balik tirai ini...

Setelah sempat sesat lagi akhirnya kami pun sampai di mural yang iconic itu.. Sudah ramai orang ber foto dan di depan kami ada sekeluarga orang Malaysia dari selangor yang akan befoto dan saya diminta untuk memfotokan mereka dan otomatis saya pun minta tolong hal yang serupa hehehe.. Bahkan ada truck yang lewat karena aktifitas foto membuat jalan macet.. Pun driver nya bilang koq sama dinding gt aja rebutan foto.. Ini lah kuasa promosi..

yey di iconic mural

Setelah befoto rombongan kami melanjutkan perjalanan menuju depot dim sum dengan tuntunan google map..

ini pasar tradisional..keren yah bentuknya

dalam perjalanan kami sempat nyamil daging panggang non halal

pilih2 dim sum nya

dimsum nya murah..sekitar 10-15 ribu rupiah satu pors
suasana resto dimsum

Mba 2 Berdua dari dumai memisahkan diri sejenak.. Karena dim sum nya non halal..
Setelah puas dan kenyang perjalanan kembali kami lanjut kan menuju City Hall tak lupa mampir ke gereja St. George dan Town Hall..

gereja St. George

town hall penang

city hall penang

ini bukan kuburan, tapi semacam prasasti yang nyumbang pohon..

ada persewaan sepeda loh di penang

seperti vihara atau klenteng

Perjalanan ini cukup melelahkan dan di bawah panas terik matahari  ya mungkin karena rame rame kami sie enjoy aja.. Padahal udah belang belang kebakar matahari.

Di tengah perjalanan kami sempat bertemu penumpang Costa victoria juga seorang pria muda dari california USA di mananyakan di mana beli chendoll.. Oia ini yang terlewat tapi tak apalah udah sering minum es dawet di balikpapan.

Siang hari sekitar jam. 1 an kami kembali ke pelabuhan untuk kembali naik ke kapal.. Sebelum naik ke kapal ada cru Costa yang menyediakan minum..

kembali ke pelabuhan costa sudah menanti kami..

wefie dulu

jalan menuju kapal

siap siap naik

Lanjut naik ke kapal, seperti biasa Tujuan nya adalah makan siang di deck 9..makan lagi.. Setelah Reston ya di tutup karena mau di bersihkan  kami pun berpindah ke areal kolam renang.. Nah disini PESTA buat dan bbq DIMULAI.. Di sediakan babi guling dan yang halal di sediakan kambing guling.. Saya lebih tertarik ke potongan buah.. Buah manggar nya enak bgd dan dingin mungkin saya habis sekitar 5 piring.. Saking haus nya habis keliling gorge town penang..

di sisi seberang ada kambing guling yang halal..karena ada sinyal bisa share ke group wa klo ada bbq dan teman yang di kamar langsung naik ke deck 9

burger dan ice cream

kerang

royal carribean antri mau sandar

gantian sandar dengan costa victoria..

yang mau coba peruntungan..teman saya udah merasakan kekalahan heheheh

masih kosong karena siang

Siang ini  juga ada semacam briefing untuk penumpang..kami ikut yang indonesia pembicaranya juga orang indonesia ..berupa penjelasan tentang costa dan bagaimana mekanisme turun besok dan secara khusus penjelasan soal bagasi yang harus di letakkan di depan kamar malam ini..

kru dari indonesia

Sore hari menyempatkan sauna dan berendam di deck 6..kolamnya air asin dan kemudian lanjut sebentar jacuzzi ke deck 9..oia kapal sudah berlayar menuju Singapore mulai jam 2 siang.. Royal Caribbean siab siab  sandar Setelah kami meninggalkan penang.

Jacuzzi tak lama saya pun pamit ke teman karena saya udah janjian sama istri mau nonton show kemudian di lanjut makan malam..

Sepanjang hari di penang saya aktifkan paket data Tri overseas murah sie cuman 45 ribuan rupiah untuk malaysia dan singapore besaran paketnya hanya sekitar 85 mb saya pikir cukuplah hanya untuk wa dan email, ..nah masalahnya settingan paket ini harusnya 3G sedangkan settingan hape saya 4G ludes lah paket dan pulsa saya kurang lebih 100 ribu rupiah.

Jadi nonton show sambil perasaan kesal dengan diri sendiri btw untungnya Show nya keren dan sangat menghibur.. Perpaduan tari nyanyi kabaret..

show..

Datang secara Terpisah tanpa janjian tempat Untungnya ketemu dengan istri.. Setelah show kami ke resto simfonia di tengah kapal.. Awal nya saya mau cek. Menu karena berharap ada lobster.. Setelah baca koq ga ada.. Ternyata saya kurang teliti membaca...

Untungnya sembari menunggu resto buka.. fyi , Kami pilih makan malam jam ke dua 19.30, jam makan malam pertama 17.30 kami ga bisa karena nonton show..

Sembari menunggu kami ikutan joget salsa atau cha cha di tengah.. Ternyata kami bertemu teman.. Dia bilang ada lobster lho.. Dia udah makan yang jam 17.30 tadi oh.. Ya.. Koq saya baca ga ada.. Ternyata tulisan lobster nya di tulis di belakang.. Kurang lebih seperti ini.. Steak black apa gitu and lobster.. Di main course.. Yang hampir aja lewat ini lobster..

Tanpa janjian juga kami ketemu 4 teman lain nya yang belum makam malam juga.. So lobster we are coming..

Dan hampir semua memilih lobster.. Yang melayani kami kebetulan orang indonesia..bahkan dia menawari klo mau nambah pesanan..tentu nya selain lobster..padahal udah harap harap bisa nambah lobster

Belajar pengalaman ala carte dari yang lalu kami tinggal menyananyakan ke anggota kami.. No 1. Berapa, no 2 berapa sehingga waktu order sangat efisiensi dan cepat.. Selesai makan jam 20.30an kami pun penasaran dengan menu di deck 9..biasanya menu nya kurang lebih hanya saja penyajiannya secara prasmanan

lobsterrrrr...

sisa sisa lobster...

dammy makanan yang di serve malam ini

kami pun ke deck 9 dan kali udang lah yang jadi sasaran kami.. Lobster tidak tersedia di deck 9 di ganti udang..

menu udang di buffet di deck 9

Puas makan dan kenyang..malam ini kembali kami ke deck 9 untuk ngebeer lagi ..kali ini nge beer paulener munchen..enak beer nya sambil bawa botol wine ..nyicil ngabisin wine dari pada di buang sayang...

setelah dari atas kami kumpul lagi di kamar saya oia kami juga ngerampok cumi pakai tisu dari buffet untuk teman minum..sayang nya ga kemakan dan kembali kelaut..

Ngobrol dan ngabisin wine dan nyamil coklat...lagi acaranya..ternyata teman sekamar saya borong coklat di harbor front mall..

berikut petunjuk bagaimana cara pengaturan bagasi, bagasi harus sudah ditaruh di luar kamar pada malam ini jam 11 malam dan meeting point tiap2 deck dan kamar