Hari ke 7 & 8. Kuala Lumpur Balikpapan 4-5 Februari 2016 (Trip Melaka, Phuket, KL- IKEA)

Hari ke 7 & 8 ( KLIA2 , IKEA , Balikpapan)

Efektif tidur mungkin cuman 2-3 jam aja.. Kedinginan bikin ga bisa tidur nyenyak. Suasana di luar klia2 masih gelap jam menujukkan jam 5 an pagi.  Mandi colongan di toliet dekat NZ Food court.  Habis gt kita putusin tuk beli sarapan di atas.. Kali ini  jatuh pilihan pada bubur di lantai 3 per porsi sekitar RM 6 an, klo mau makan murah sebenarnya banyak pilihan  di KL sentral tapi apa daya udah lapar dan kuatir masuk angin..

bubur

Setelah itu turun lagi ke lantai dasar untuk beli tiket bus ke KL Sentral .  Sekarang tiketnya udah naik dan ga bisa beli tiket return,  tahun lalu klo beli tiket return ke KL sentral  harga nya lebih murah.  Yo wes lanjut beli tiket bus ke KL sentral . Pelayanan makin oke bus lebih pasti per 10-15 menit bus langsung jalan.. Menderita di dalam bus ac nya dingin sekale... Perjalanan kurang lebih 1 jam kita pun sampe di KL sentral.

loket bus di klia 2 lantai dasar

KL Sentral (sumber google)

Naik ke atas dengan escalator kemudian nyari loker penitipan tas.  Lokasi loker ada 2,  loker kecil ada dekat pintu masuk KL sentral dan yang kedua , varian loker lebih banyak (dari kecil sampe besar ada di dekat toilet,  dari pintu masuk jalan lurus notok ke kiri nemu dah).  Karena bawaan kita ga banyak di putuskan ambil loker kecil aja.  Tinggal masukkan uang koin, masukkan barang,  tarik kunci cuman sekali aja jadi pastikan barang yang mau di bawa udah di luar loker soalnya klo mau buka dan kunci lagi bayar lagi.Oia harga loker mulai RM5 yah untuk loker paling kecil..

pilihan loker  (sumber google)

dari kl sentral ke kelana jaya paling ujung...(sumber google)

Kita pun lanjut naik LRT (kereta layang) menuju kelana Jaya (station terakhir).....
Suasana LRT pagi ini lumayan sepi , oia  cara beli tiket LRT tinggal ke vending mesin, pilih tujuan,  pilih jumlah orang masukkan uang kertas atau logam ntar keluar token warna biru dan uang kembalian. Kemudian  kita tinggal  masuk dengan cara nempelin token biru ke mesin dekat pintu, kemudian naik eskalator ke atas mencari peron/gate tujuan kita.

Perjalanan dengan LRT sekitar 20-30 menit sampai di Kelana Jaya station lanjut nyebrang dengan jembatan penyebrangan.  Karena sayang keluar uang taksi kita putuskan tuk nunggu free shuttle bus ke ikea damansara (sebelum nya bisa buka web site Ikea klik di sini). Sesampainya di halte sudah banyak orang duduk menunggu bus yang ternyata  sebagian besar nunggu free shuttle bus ke ikea damansara.

view dari dalam LRT

antri naik bus gratis

ini bus nya

ini jadwal free bus nya..lebih update check web site ikea yah

kebetulan mau imlek..

Sampe mall damansara.  Sempat liat liat ke toko baju tapi setelah itu kita putuskan tuk langsung ke Ikea.. Yey.. Seneng bgd bisa sampe ikea secara istri memang back  ground nya desain interior.  Sampe di ikea kita ngeliat koq orang rame berdiri sambil minum ouw.. Ternyata ada dijual cofe ,tea,  soft drink dengan free refill dan juga tersedia kue.. Yah nyemil dan ngopi dulu lah..

Setelah lumayan melek karena ngopii, Lanjut muter muter Ikea.. dan Khilaf juga beli barang yang murah dan nyari hadiah mainan tuk adek sepupu yang ultah.

kafe ikea

ambil ice cream sendiri

kopi nya free refill low

suasana ikea

penampakan dalamnya

belanjaan kita , ga termasuk hape yah..

Tujuan ke Ikea selain pengen tau gimana penampakan tokonya dan pernak perniknya ,  tapi kita juga mau nyobain Swedish meat ball dan makanan khas swedia di resto nya.. Kaya gini nie..

kereta makan

swedish meet ball, salmon, dan almond cake yummmie...

suasana resto nya

Setelah puas dan kenyang kita lanjut,  sempet mampir ke ace hardware di dekat ikea.  Desain store nya biasa bgd dan  bagusan di Indonesia (bagusan di SCP Samarinda),  tapi barang yang saya cari ada.. Pembuka kaleng cat yah borong  lah kita.. soalnya perjuangan nyari di samarinda,  balikpapan, surabaya, jakarta nihil...
pembuka kaleng cat..ace hardware damansara

Suasana di luar hujan lebat, kita pun menunggu free shuttle bus lagi tuk balik ke station LRT Kelana Jaya.  Itinerary kita sebenarnya mau ke KL sentral  trus bukit bintang,  cuman karena di luar hujan lebat,  perut kenyang bgd karena Khilaf makan di ikea,  lelah dan  mata ngantuk  akhirnya kita putuskan balik aja ke klia 2 (di hemat hemat eksplore KL, karena bakalan transit KL lagi di masa akan datang).  LRT lumayan rame mungkin jam pulang kerja tapi tetap dapat tempat duduk.  Sampe di kl sentral ambil barang trus turun beli tiket bus ke klia 2.

Perjalanan sekitar 1 jam sampe di klia 2.  Muter muter nyari spot tuk tidur padahal masih jam 7 an malam,..seperti di arahkan eh akhirnya kita nemu spot di depan kedatangan domestic  dan internasional sudah di siabkan oleh pihak klia2 , spot untuk nunggu sambil rebahan.  Kita putuskan di kedatangan domestik aja karena pertimbangan lebih sedikit orang yang lalu lalang dan  lebih dekat kamar mandi.  Di spot kedatangan domestik  sebagian besar sudah di kuasai rombongan dari Indonesia sepertinya rombongan umroh. Tapi di bagian sisi sebelah nya masih banyak yang kosong cuman ada beberapa orang termasuk rombongan kecil anak muda korea.  Naruh tas ambil wilayah trus gantian mandi.  Di kamar mandi ini juga ada closet jongkok nah selang nya  ini  yang kita buat mandi hahhaha..  Jam 9 an kita uda tidur,  kecapean!!.. Bangun jam 4 pagi kaget.. Udah penuh sesak orang di sebelah kanan dan  kiri kita.. Wah banyak teman tidur  wkakakkakaka..

bisa tidur di sini  kondisi  jam 7 malam

sama rombongan kecil abg korea

mulai padat

kondisi saat subuh , padat bgd yang tidur termasuk orang malaysia sendiri mungkin ga mau telat karena flight pagi

Pagi ini ga mandi.. Dingin baget cuman cuci muka sikat gigi.. Setelah itu check in tapi karena udah online check in sebelumnya di  balikpapan kita pun sarapan dulu.. Tak lupa nyobain Mcd apple pie.

sarapan nasi lemak di nyonya resto depannya mcd

teh tarik dan  apple pie mcd tuk 2nd round (apple pie udah ga ada di mcd indonesia)

Setelah kenyang kita antri imigrasi.. Dan menuju gate..

Di x ray kedua menuju gate sempat di tahan pihak petugas karena pembuka kaleng cat.. Syukurlah setelah di jelaskan,  kita di loloskan boleh bawa secara kita ga ada bagasi ,  klo sampe di sita percuma dah borong kemarin hehhehe.. Pesawat  on time flight to Balikpapan.

Sesampainya di sepinggan balikpapan pas antri imigrasi,  sempat ngobrol sama satu orang bapak. Ternyata dia udah lama kerja di malaysia, istri nya orang balikpapan dan ortu sie istri lagi sakit cuman pas mau berangkat dari klia2 ketahan karena surat ijin istrinya palsu padahal dia udah bayar mahal ke agen  dan percobaannya ada satu lagi yaitu bagasinya  kurang satu tas ... Sing sabar yah pak...semoga kedepannya di mudahkan..

Kita lanjut keluar nelpon taxi langganan di jemput otw home sweet home.

Just share, Perjalanan kali ini kita menghitung pengeluaran sekitar Rp. 5 juta an/person (udah termasuk Melaka, fantasea excl dinner, phi phi  with biq boat, JB island 4 in 1, shopping di ikea , oleh oleh , jajan dan makan )  ..yah memang selama di Phuket dapat hotel gratis akan tetapi juga menimbulkan pengeluaran ekstra klo kita menginap di kawasan  patong atau phuket town saya rasa pengeluaran ga jauh jauh dari angka itu karena penginapan di patong dan phuket town cukup terjangkau (kelas backpackers yah) bandingkan dengan penawaran tour and travel ..ya ada yang buka mulai 3 juta ++  tapi cuman ke phi phi aja atau ke james bond island aja..klo mau saving budget yah backpacker menjadi solusi..

Berangkat modal backpacker cuman perlu sedikit kebaranian dan banyak nekad. Yess banyak nekadd nya ,  karena kita akan menemukan banyak hal hal baru, "pertolongan" dari Atas, petualangan baru, keramahan lokal , sedikit repot  menggali info via bloq orang lain atau dari apapun dan  yang paling penting saving budget to next trip heheheheeh..so mulai nyari teman perjalanan  ..bisa istri , pacar , teman maen, teman kantor, teman komunitas, apapun yang punya minat sama..Good luck..