Hari ke 3. Phuket 31 Januari 2016 (Trip Melaka, Phuket, KL- IKEA)

Hari ke 3  (Muter muter Phuket town, patong, Wat chalong dan Fanta sea)
31 Januari 2016

Petualangan kami hari ini sejatinya adalah nyari rental motor dan pemahaman wilayah alias keliling Phuket. Seperti di itinerary kami , jam 8 udah keluar kamar ada dua alasan yaitu segera nyari rental motor sehingga bisa segera tau jalan dan yang kedua menghindari orang karma royal group yang mau nawarin paket tour hehehhehe. 

Jalan kaki ke pintu gerbang depan kawasan boat lagoon sekitar 10-15 menit menuuju ruko ruko yang kemarin ada tulisannya rental motor. Sayangnya mungkin karena kepagian jadi belum buka..sempat nanya ke kios sebelah mungkin buka jam 9. Jadi kami nyari sarapan dulu. Melihat kearah seberang jalan ada seperti warung yang menjajakan makanan dan seperti toko yang menjual makan jadi maupun sayur sayuran kami pun putuskan untuk  nyebrang dan melihat lihat.

Yang jualan muslim, kawasan boat lagoon termasuk kawasan muslim di Phuket , saya beli nasi seperti nasi kuning tapi lebih mirip nasi kare dan ayam goreng..murah meriah..trus kita nyebrang lagi sambil makan dan nunggu di depan kios yang ada tulisan rental motornya. 
mirip bgd di indonesia kan..jangan salah klo mba nya ngomong bingung kita hahaha
penjual lainnya
sarapan ku..mirip nasi kuning tapi rasa nasi kare,,murah koq

Sekitar jam 9 kurang ada mba mba yang datang ke kios tersebut saya menanyakan soal rental motor , istri saya memilih membeli minuman di kios sebelahnya. Saya sampaikan bahwa saya mau nyewa motor , pemahaman saya kami di suruh nunggu setelah sekian lama nunggu akhirnya saya nanya lagi gimana apakah sudah ada..karena dia tadi menelpon orang lain ..apes nya ga ada motor nya nah loh!!!...sempat disarankan di tempat lain di dekat situ ga ada juga motor yang di sewakan. Akhirnya kita putuskan ke Phuket town untuk rental motor di sana.

Berbekal informasi dari mba yang jualan minum dan bertanya ke beberapa bapak di depan pom bensin kami di bantu menyetop bus kearah Phuket town (orang Phuket mah baek2 banged). Bus nya ga mirip bus tapi lebih mirip angkot..mobil pick up yang di modif untuk angkut penumpang posisi di belakang lebih tinggi sedangkan jendela nya lebih rendah jadi tak leluasa melihat pemandangan di luar..setelah agak sepi karena banyak penumpang yang turun saya titip pesan ke supir nya klo kita mau turun ke Phuket town. Akhirnya supirnya bilang klo kita udah sampe di Phuket town ..trus saya nanya ongkos dia bilang THB 60 berdua..saya liat penumpang lain ada yang bayar THB 20 per person ..ya udah lah harga turis udah di bantu juga..setelah turun banyak bapak bapak yang dibelakang saya taunya berprofesi sebagai tukang ojek. Saya pun bertanya  di mana tempat rental motor dia sarankan jalan aja lurus ke depan nanti akan menemukan  (masih buta arah saya ada di mana..mau nyari patokan clock tower tapi koq ga keliatan ).

ini penampakan bus dari boat lagoon ke phuket town..lebih kaya angkot khan..??


ini suasana dalam nya ..angkot bgd
drivernya..

Kita pun mengikuti petunjuk dan jalan terus aja, di perempatan pertama kemudian kami liat ada kios yang jual paket tour (paket tour di Phuket rata rata di jual di kios kios seperti ini harga lebih murah di banding bayar langsung di tempat , sisa nya tawar menawar) kami pun mampir sembari menanyakan rental motor.  Di kios ini tidak ada rental motor dia sarankan jalan lurus kedepan nanti akan menemukan rental motor, kami pun pamit untuk rental motor dulu lalu kembali lagi untuk beli paket tour. Sekitar kurang lebih 100 m kami menjumpai rental motor , yang tersedia motor manual harga THB 250 kita tawar menjadi THB 200 (THB 250 biasanya untuk motor matic), seperti yang kami baca di bloq bloq lainnya jaminannya ada paspor, jangan lupa ambil surat perjanjian rentalnya dan minta Helm (helm di Phuket belum full face dan ga SNI, ya iya lah kan di Thailand masa SNI hehe). Urusan rental motor dah beres saat nya balik ke kios tour tadi dan habis itu beli bensin karena bensinnya empty (sama aja kaya di bali).
penampakan motor yang kita sewa


lokasi sewa motor di depan bank ini di Rhasada road

Mr . Woody , sang pemilik kios tour menjelaskan dengan baik tapi agak susah di tawar tapi kami udah di kasih harga yang fair. Kami ambil paket Phuket Fanta sea Show only untuk malam mini di harga THB1500/ person klo di brosur dan web site THB 2200/ person (yes show only ,, kami berencana makan di luar aja lebih murah ),  paket Tour Phi phi  with big boat THB 800/person (harga ini turun dari THB 1000, yang saya sesali adalah kita ga bisa mampir di maya beach klo pakai big boat , klo tulisan di brosurnya ke maya beach  tapi kenyataannya cuman liat maya beach dari atas kapal, maya beach tempat shooting film The Beach yang di bintangin oleh pemenang Oscar 2016 leonardo dicaprio  ), paket tour 4 in 1 james Bond Island THB 1400 ( untuk JB Island, ada dua pilihan pelabuhan harga THB 1200 lebih jauh kearah “pang nga “biasanya balik ke Phuket town bisa malam, kami di sarankan pilih yang ang po pier karena lebih dekat dari hotel kami dan karena sejalur kami pun bisa di jemput di hotel ). Urusan tour beres dan saya pun bertanya pom bensin terdekat.


kios nya dan Mr.Woody

Sampe di pom bensin, nah loh gaptek ane ga bisa buka jok nya..motor yang kita sewa sepertinya supra x 125 klo di Indonesia, untung ada yang antri di belakang yang bantu nunjukkin caranya…ternyata dari kunci start hahahahha..malu gaptek dan bersyukur ..maklum masih pake vario yang lama…hehehhehe..


Setelah bensin full tank kami putuskan untuk puter puter dan menjelajah..kembali ke jalan tadi dan tujuan kami adalah kawasan patong..hanya mengikuti petunjuk arah yang ada , feeling dan peta yang di bawa .dan  pake google map.  Perjalanan menuju patong dari Phuket town sekitar 15-20 menit , kemudian naik ke arah ke arah kemala beach (mirip namanya kaya di Balikpapan, tapi maaf bagusan di Phuket)..sempat stop sebentar di salah satu bukit dan batu fotoin bule jerman  trus lanjut lagi ke arah kemala beach dengan tujuan utama Fanta sea. Siang ini memang fanta sea belum buka tapi baru buka jam 6 sore tapi kami memilih untuk survey dulu biar tau jalan ke sana dan jalan pulangnya ke hotel kami, bagi yang nginap di patong, Phuket town lebih enak harga paket tour udah termasuk antar jemput dari hotel ke Fanta Sea nah secara hotel kami jauh dari pusat keramaian jadi usaha sendiri deh klo mau di jemput dan antar nambah sekitar THB200/person (anti !!). 

Dari bloq yang saya baca , bahwa klo malam hari penerangan di Phuket terutama di jalan masih agak gelap dari pada nyasar ntar malam dan ga ada yang di Tanya mending survey dulu siang ini..show Fanta sea nya aja mulai jam 9 malam ..estimasi jam 11 an malam baru bisa keluar dari Fanta sea..(prepare prepare..memang rempong tapi begitulah petualangannya demi hotel gratis nan jauh dari pusat keramaian. Pusat keramainnya di Patong “kutanya” phuket ) setelah dari Fanta sea kami melanjutkan perjalanan ke atas menyusuri jalan yang seperti nya baru di buka dan masih baru di aspal dengan tujuan monument yang nanti nya ke arah boat lagoon..

Yeay !!!! akhirnya sampai boat lagoon menyempatkan diri beli es di depan pom bensin dan beberapa mie instan di 7/11 kami berencana makan siang di kamar hotel saja.  Dari pintu gerbang kawasan boat lagoon menuju arcade mall (mall yang mati, hampir tak ada aktivitas) kami memarkirkan motor di tempat parkir yang di sediakan..hanya mobil yang boleh di bawa masuk ke kawasan resort..is ok lah kami pun  jalan kaki sekitar 10 menitan menuju hotel..lega udah ada motor dan sedikit tau jalan..dengan muka yang mulai gosong dan perih (karena helm nya ga full face dan ga ada kacanya)kami makan siang dan istirahat sejenak.
es sirup murah meriah


Sekitar jam 3 an kami keluar hotel dan menuju wat chalong. Jalan mengikuti arah awal tadi via Phuket town perjalanan sekitar 30 an menit. 
wat chalong
masih di wat chalong


Cuaca Phuket yang terik cukup menggosongkan muka kami..sebenarnya kami mau melanjutkan lagi ke Big Budha tapi jam sudah jam 5 an jadi kami putuskan untuk ke Phuket Fanta sea. Sempat mampir ke 7/11 dekat Fanta sea sekitar jam 06.30 kami sampai di Fanta sea.  Saya pun ke loket untuk menukarkan voucher dengan tiket. Ternyata makan dan minuman bisa lolos. Phuket Fanta sea lebih seperti toko toko dan permainan ketangkasan tidak ada arena bermain seperti dufan atau jatim park. Sekitar jam 08.30 kami pun antri untuk masuk ke Theatre tidak perlu kuatir tempat duduk sudah tercetak di tiket dan ada petugas yang mengarahkan tapi terlebih dahulu kita di minta menitipkan kamera dan handphone di petugas. Sekitar 11 malam pertunjukan selesai kembali antri keluar dan antri mengambil barang titipan..walaupun padat dan antri tapi tidak makan waktu terlalu lama karena sudah di atur sedemikian rupa di kasih stiker kita tinggal mengikuti warna stiker untuk mengambil barang kita. 


show di fanta sea..bukan yang di dalam theatre yah
elephant kingdom theatre..tempat show yang ga boleh bawa kamera

Kami pun segera keluar cuman kita aja yang naik motor malam ini di parkiran pun cuman ada motor kita (cuma kita yang naik motor heheheh ). Perjalaan sekitar 5 menit kami menepi ke 7/11 makan malam yang tertunda..makan nasi goreng beku yang di panaskan dengan microwave (sudah di sediakan oleh pihak 7/11). Kemudian kami melanjutkan perjalanan di jalan yang sudah sepi dan melewati penerangan yang minimum di beberapa titik (suasananya mirip kawasan balikpapan yang kurang penerangan seperti di mt haryono lepas daun village..gelap gelap kurang penerangan dan sepi, bedanya klo di balikpapan kita tenang tenang aja klo di Phuket agak ngeri ngeri sedappp..) Sekitar jam 12 an kami sampai hotel dan istirahat.


nasi goreng di panasin di microwave di 7/11 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banjarmasin 14 -16 feb 2021

Banjarmasin 14 Februari 2021 Valentine di Banjamasin hehehehe..trus ngapain ya berburu kuliner .. ini mie bancir yang di cari di sampit dapa...