Hari ke 4. Phuket 1 Februari 2016 (Trip Melaka, Phuket, KL- IKEA)

Hari ke 4  (Phi phi dan old Phuket town)
1 Februari 2016

Walaupun semalam sampe hotel sampe larut malam ..hari ini tetap harus bangun pagi. Paket tour ke Phi phi meeting point nya di kios tour Mr. Woody (tempat kami beli paket tour, klo kita nginap di kawasan patong dan Phuket akan di antar jemput). Mr. Woody menyampaikan antara 07.45 – 08.00 kita akan di jemput di kios beliau. Kami mandi dan sarapan mie instan sekitar pukul 07.30 melaju naik motor, sekitar 07.50 kami sampai di kios Mr.Woody ..wajah nya sumringah melihat kami sepertinya dia lumayan panic klo klo kita ga muncul..motor kami parkir  dan titip di depan kios Mr.Woody. Sekitar jam 08.00 (ontime lho) jemputan sudah muncul dan di minibus sudah penuh dengan  bule dan hanya menyisakan tempat untuk kami berdua.

Perjalanan sekitar 20an menit kami sampai di pelabuhan. Group kami di training tentang apa yang boleh dan tidak boleh di lakukan selama snorkeling dan pemandu juga menawarkan untuk membeli case kamera anti air, tas anti air dan menyarankan membeli makanan atau minimuman sebelum berangkat karena di phi phi don  harganya akan sangat mahal (untuk hal ini sedikit penipuan ahahahahaha di phi phi harga masih kurang lebih asal beli di tempat yang agak masuk atau di warung lokal, saya bandingkan harga sekaleng beer singha di toko pelabuhan seharga THB 80 sedangkan di 7/11 phuket cuman THB 35)

Setelah menunggu beberapa lama kami di persilahkan naik ke Big boat, kapal nya lumayan besar dan bisa menampung ratusan penumpang. Di sediakan minuman tea gratis ..para bule memilih ke lantai paling atas untuk berjemur..lantai dua sudah penuh sesak karena ini paling strategis ..karena ga dapat tempat duduk kami pilih lantai bawah (lambung kapal) lowong dan bisa tidur, lantai bawah dan lantai 2 ada AC.
penampakan boat ke phi phi don

antri masuk boat
meninggalkan port otw phi phi don

Rute pertama ke Phi phi don , pulau terbesar dan pelabuhan. Dalam perjalanan ke Phi phi don kita melawati maya beach , nah ini yang saya sesalkan karena ternyata kita ada sightseeing atau cuman liat liat dari kapal aja (ada paket lain dengan kapal kecil yang mampir ke maya beach). Sampai di phi phi don kapal menurunkan penumpang yang tidak ikut paket tour tapi yang hanya membeli tiket ke phi phi don. Kita pun lanjut ke monkey island untuk snorkeling di sana.
Sebelum snorkeling, kita di training lagi untuk menggunakan alat 2 snorkling dan safety terutama berhati hati menginjak bulu babi kemudian antri untuk mengambil alat snorkeling. Dalam proses antri pengambilan peralatan snorkeling ada prilaku yang kurang sama antara ke kami atau turis dari Negara lain dengan turis dari india. Entah orang india nya ga bisa bahasa inggris atau bagaimana, pihak petugas enggan untuk memberikan peralatan snorkeling karena berasumsi turis india (satu keluarga ini) di anggap tidak bisa berenang , toh klo ga bisa renang kan harusnya ada life vest dan ada pemandu yang mendampingi akan tetapi di satu sisi turis india ini agak semau nya sendiri sie kadang juga nyerobot antrian (jadi ingat waktu di gili trawangan Lombok, kami juga di perlakukan sedikit berbeda dengan orang bule..guide lebih ramah kepada bule dari pada kepada bangsanya sendiri hahahahaha..dan memang bahasa pengantar dengan bahasa inggris waktu snorkeling ke tiga gili).

view from the boat

Snorkeling di monkey island.

perhatikan yang belakang saya ajah...

view under water..pastinya masih bagusan gili apalagi derawan..

snorkling

 Setelah snorkeling kita pun bilas, kembali petugas sedikit menegur turis india yang bilasnya berkali kali..Big boat melanjutkan perjalanan ke Phi phi don kembali untuk makan siang. Kami putuskan untuk mandi di phi phi don saja karena kamar mandi di kapal antri.
antri naik kapal

Tak lama kami pun merapat ke phi phi don. Jalan kaki sekitar 5 menit menuju restoran..lumayan bagus dan banyak makannya. Kami putuskan untuk ke toilet dan mandi. Ternyata sudah ada petugasnya yang menarik tariff biaya mandi dan BAK. Setelah mandi kami kembali ke restoran ternyata beberapa makan sudah raib (tipe prasmanan) dan kembali melihat turis turis india yang makan nya cukup banyak ..untuknya kami masih ada kebagian sisa sia makanan yang cukup mengenyangkan. Kami di beri waktu sekitar 30an menit untuk eksplore phi phi don..mirip dengan Gili  Trawangan Lombok..klo mau beli kelapa yang lebih murah coba kearah pasar atau lebih dalam .

tempat makan siang

mirip gili trawangan

phi phi don beach

view from jetty phi phi don

Di waktu yang di tentukan kami pun naik kapal kembali dan sekitar jam 5 an sudah sampai Phuket . Kemudian kita mencari minibus yang membawa kita kembali, bila bingung bisa nanya ke petugas..Minibus pulang berbeda dengan minibus berangkat tadi..saya sempat di tegur oleh bule yang berangkat sama tadi ternyata untuk pulang kita beda mini bus btw terima kasih mister anda ingat saya..mungkin karena kita satu satu nya orang asia di minibus pagi. Setelah mengantar beberapa penumpang akhirnya kami  pun di turunkan. Kami mampir dulu ke depot mango sticky rice (nasi ketan manga).

mini bus yang antar pulang bagus bgd

manggo stiky rice  

Kemudian kami melihat lihat ke toko souvenir di deretan dengan depot dan menyempatkan diri mampir ke kios rental motor untuk menanyakan apakah bisa rental motor untuk setengah hari dan ternyata ga bisa harus ambil full lagi untuk hari terakhir (karena flight kami ke KL jam 9 malam, sedangkan rental motor kami selesai jam 11 an paginya). Sempat bertanya ke Pak yang rental motor arah terminal Phuket karena kami berencana naik bus ke bandara di hari terakhir.

Setelah itu kami kembali ke Mr. Woody, untuk mengambil motor, dia sempat bertanya koq sore sekali. Harusnya ga se sore ini..kita jelaskan klo kita tadi sempat mampir makan dulu hehehehe..lumayan perhatian low sama customer heheheh,..


Kami pun lanjut untuk survey terminal dan jam keberangkatan bus..karena besok kami tidak ada rute ke Phuket town lagi. Muter muter Phuket town , mampir kepasar untuk cari souvenir dan ke  clock tower (akhirnya ketemu juga sama nie clock tower). Selanjutnya kami menuju old Phuket town dan mencari nasi goreng nenas (sebenarnya udah pernah makan di Hongkong, tapi mau nyobain di Thailand )..selanjut nya sempat eksplore Nathan Road  (old phuket town) dan pulang ke hotel. Di tengah perjalanan menyempatkan diri mampir di 7/11 membeli beberapa kaleng beer (beer di sini lebih murah dari pada di Indonesia..jadi nyobain beberapa merk..Merk Archa yang paling murah sekitar 12 ribuah rupiah per kaleng) di 7/11 dekat boat lagoon ga ada jual beer , mungkin karena kawasan muslim jadi tidak ada jual beer. Sampai hotel dan kemudian istirahat.
nyobain nasi goreng nanas di salah satu resto di old phuket town

nathand road , old phuket town





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banjarmasin 14 -16 feb 2021

Banjarmasin 14 Februari 2021 Valentine di Banjamasin hehehehe..trus ngapain ya berburu kuliner .. ini mie bancir yang di cari di sampit dapa...