Solo,( De Tjolomadoe & Tumurun Museum) 21 -24 Februari 2019

Solo  - Klaten

21 – 24 Februari 2019

Day  1

Solo, dulu jaman kerja di Surabaya pernah lewat doank itu pun juga malam hari hehehehe…

Ini jadi pengalaman pertama kami menjelajah Solo dengan misi Utama adalah menghadiri pernikahan teman yang dulu kami “repoti” saat trip ke jepang pertama kalinya.

Pagi pagi benar kami sudah di antar oleh mertua ke Stasiun Jember, Kereta  Api Logawa Jadwalnya jam 06.05 klo ga salah dan ini akan menjadi trip 10 jam di kereta dan ini juga jadi bahan studi banding nantinya pas kami akan naik kereta seharian dari Tokyo ke Sapporo bulan maret yang tinggal beberapa hari (ke jepang trip ke dua). Sebenarnya ga bisa di bandingin karena ga apple to apple , kereta yang saya tumpangi  ini hanya Rp. 70 ribuan dari jember sampai Solo sedangkan di Jepang nanti nya akan naik Shinkansen dan Limited Express pakai JR Pass yang harga nya berjuta juta rupiah..

pagi pagi kereta sudah siap berangkat

suasana dalam kereta

kondisi dalam kereta..penumpang ini bahkan sudah siab bawa bekal dan kopi..mereka akan turun di stasiun terakhir purwokerto 13 jam perjalanan..

Waktu di surabaya di kasih tips oleh kakak sepupu klo sampai di MAdiun..turun sebentar untuk beli Bluder Cokro..istri pun lari2 dan berntaya untuk beli di stasiun Madiun ..kereta hanya berhenti sekitar 5 menit..

khas madiun

Sekitar jam 4 sore kami sampai di stasiun purwosari  Solo

Menuju penginapan naik ojek online..tapi harus menyebrang dulu karena ojek online tidak boleh jemput penumpang di stasiun..

pesan di aplikasi Red doors..di bawah Rp.140 an ribu per malam

penampakan kamar, kamar mandir dalam dan tersedia air panas

setelah diskon hanya Rp.122.500/ malam di laweyan

Di Solo kami naik sepeda motor , tidak sewa melainkan di pinjami motor oleh teman yang akan menikah ini..baik yah J
Kami pun menjelajah Solo yang lagi happening dan kulinernya kami tidak membuat itinerary khusus dan mengalir saja (hanya trip  di Indonesia saja yang berani seperti ini tapi enjoy juga..)klo di luar negeri harus di rencanakan dengan baik supaya budget tetap terkontrol hehehehe ..sempat juga maen ke  Klaten ke umbul ponggoknya..yang lumayan unik dari trip kali ini malah bisa bertemu beberapa sahabat dekat jaman smp dan sma dengan secara yang tidak di rencanakan sebelumnya..keren !!!.

Setelah bertemu teman dan di pinjami sepeda motor kami pun jalan jalan mengandalkan google map.

Selat solo

sate buntel

keraton solo

sedang ada festival Imlek

coba naik perahu di Got..ya di got..baunya khas got dan air nya hitam

sakuranya palsu yah..hehehehe
Day 2

Klaten
22 Februari 2019

Berhubung sewaktu perjalanan di Kereta  saya melakukan Insta Stories. Saya pun di Chat oleh adek kelas smp dan sma saya..kita tu dulu akrab banget bahkan kenal sampe ke keluarganya dan ternyata dia sekarang tinggal di Klaten..
Akhinya di pun mengatakan tau umbul ponggok ga ?..ya saya tau itu lumayan hits di acara jalan2 gt di TV.  Dan saya pun Googling ternyata cuman 30 -45 menit naik motor dari Solo..kami pun janjian ketemuan di sana..

Sebelum ke Klaten , kami sarapan dulu..kebetulan ada Cabang nya dekat penginapan kami..

cabang timlo sastro..

motor yang di pinjamkan ke kami

timlo

Kebetulan hari ini jumat dan sebelum waktu sholat kami sudah sampai di umbul ponggok..Lucunya pas parkir motor kami sudah di tawari paket foto di dalam air ..tenang aja harganya sama dengan paket foto under water yang di kantor..mba nya jelaskan ini milik pemuda desa jadi bebas saja mau pilih yang mana..karena udah di tawarin mba nya kita akhirnya putuskan pilih sama mbanya aja..

Biaya masuk  Rp.15.000/orang, kemudian saya sewa snorkel Rp.15.000.

loket umbul pongggok

bonus kripik ikan

pilihan paket under water

meet up juga sama adek satu ini..

Saya sempat sewa alat snorkling tapi karena airnya dingin dan kami juga mau kembali ke solo (mau beli tiket pramex kereta ke jogya sebelum jam 4 sore, tadi siang sempat ke stasiun tapi antrinya panjang banget )dan juga  karena awan udah mendung..akhirnya kami putuskan untuk foto under water saja setelah sholat jumat..

kami memilih berfoto dengan motor vespa seharga Rp.50.000 , kemudian biaya sewa kamera dan ynag fotoian Rp.60.000 /30 menit.

Nah pas mau foto , properti vespa masih di pakai orang lain..jadi antri gt dan karena pengen cepat akhirnya kami pun putuskan ganti ke properti yang lain harga sama yaitu kursi taman..tapi karena istri saya panikan klo nyelam sehinga kurang menikmati dan tidak bisa ambil foto bagus..

Beruntungnya tak lama poperti vespa sudah bisa kami pakai dan nego sama masnya (ga usah 30 menit mas, ambil beberapa foto syarat udah kami selesai ) kami minta di vespa saja..jadi sebentarnya kami dapat 2 property dengan satu harga hehehehe..tapi karena istri saya ga bisa nyelam jadi berikut lah foto terbaik yang di hasilkan..

Selesai foto kami pun mandi, oia klo beli paket foto di mba nya gratis sewa loker. Kami melanjutkan mandi kemudian balik ke solo..

Kekuatiran kami terbukti..ketika di tengah perjalanan kami pun harus berhenti di depan toko untuk berteduh karena hujan ..ketika gerimis kami sempatkan melanjutkan perjalanan dan membeli jas ujan plastik di indomaret.

Hujan gerimis kami pun melanjutkan ke stasiun purwosari untuk membeli tiket prameks ke Jogya

suasana solo mendung dan belum hujan

ambil antrian di mesin

isi form

antri

dapat tiketnya untuk hari minggu..

Setelah dapat tiket ..malah hujan lebat..kami pun berteduh sambil makan di dekat stasiun purwosari..

serabi

hujan lebat sekali

Setelah hujan reda dan kondisi masih gerimis kami putuskan untuk ke colomadu..colomadu ini adalah pabrik Gula jaman Belanda yang di revitalisasi menjadi museum yang keren..

Berbekal google map ..sampai lah kami..

De Tjolomadoe

beli  magnet di acc padahal harganya Rp 60  ribu..istri saya dengernya 6 ribu hahaha beli dah..

nyempatin ngopi di mueseum

biar wefienya terang

peralatan tempur hahahahah

Day 3

Pagi ini , harus pagi pagi karena ada pemberkatan teman jam 08.00 di gereja. Kembali berbekal google map menuju gereja tempat pemberkatan..

pemberkatan kawan kami

Setelah pemberkatan kami sempat wefie dan salaman dan di tawarkan untuk menghadiri resepsi dari pihak wanita ..hanya saja kami berencan untuk menghadiri resepsi besok dari pihak pria (teman kami) dan kembali berbekal google map hari ini kami mau kuliner non halal  di solo...

di temukan dengan tak sengaja ..padahal mau ke den buba..mampir dulu

Selanjutnya ..

di tanyain sama ownernya tau dari mana..dari google hehehehe...

bubur, ribs dan baikut

Dari Den buba kami menyebrang ke sini..motor masih parkir di depan den  buba...

sate samcam wenak...

Puas dan kenyang kami kembali ke penginapan..

Sorenya sekitar 15.00 kami ke Tumurun Private Museum..untuk museum satu ini kami dapat info dari teman istri yang di jakarta (orang balikpapan sie) kami diinfo dan harus resevasi sebelumnya dan kemarin sebelum kami ke Klaten kami mencoba wa dan reservasi dan ternyata masih ada tempat untuk kami.

Berbekal google map..kami pun meluncur..oia penginapan kami ini letaknya sangat strategis dan di pusat kota solo sangat enak mau kemana mana ..

Museum ini tidak ada papan namanya dan penampakan nya seperti rumah mewah saja..kami pun memastikan bertanya ke security.

Tak lama sampai Tumurun Museum..kembali hujan lebat ...

Sebelum masuk museum kami di briefing dulu dan di jelaskan aturan selama di dalam museum..Didalam museum berisi karya seni sebagian besar lukisan milik pribadi bos dari PT. Sritex. Ada dua lantai tapi pengunjung hanya di perbolehkan di lantai satu saja yang sebagian besar karya seniman Indonesia sedangkan lantai 2 tidak bisa di masuki pengunjung umum karena berisi lukisan atau karya seni yang berasal dari maestro seni dari luar Indonesia dan pastinya terkenal di Dunia.

Di masing masing karya seni ada QR code yang memberi penjelasan tentang karya seni atau seniman yang menghasilkan karya seni tersebut..bila iphone bisa langsung scan tapi bila android bisa via line.

bisa scan qr , berisi penjelasan tentang karya seni

lukisan ini juga dari aksara jawa

lukisan type ini keren bgd , klo di perhatikan lukisan ini di lukis dari aksara Jawa

keterangan scan QR

Tas di taruh di depan..hanya boleh bawa kamera

Cukup puas berkeliling Tumurun , kami pamit lebih dahulu sedangkan pengujung yang lain masih bertahan di museum. Kebetulan hujan juga  sudah Reda kami melanjutkan ke Gereja Katolik supaya besok pagi fokus ke resepsi..

Gereja Katolik St. Petrus

Setelah mengikuti misa, kami kembali ke penginapan. Malam ini kami di ajak ketemuan sama teman yang nikah di Pizza hut.

Ada Rio Haryanto mantan pembalap F1 , ga sengaja pas pas an pas mau ke WC

Setelah bertemu teman, kami melanjutkan ke coffeshop teman yang nikah ini. namanya "LAWEYAN" di kawasan laweyan juga...berikut menu dan minuman andalannya..harga sangat pass rasanya wenak bgt..

ini wenak bgt

roti sosis nya juara

tengah malam sempat sama meetup sama teman sma yang kebetulan ada acara juga di solo..sebelum dia pulang naik kereta malam balik ke surabaya

Day 4

Hari ini Resepsi teman kami dan kami langsung Check out karena dari tempat resepsi sekian mengembalikan motor dan tinggal naik taksi online menuju stasiun Balapan.  So kondangan sambil bawa tas..hehehehe...

foto yang nikah..

kondangan sambil bawa barang

teman yang nikah..

baru tau klo kondangan di solo di layani oleh mas mas baju pink..sebenarnya udah dapat bocoran dari ojq online yang antar kami klo kondangan di jawa timur berneda sama di solo..ouw,,gini toh...

Kondangan udah beres, foto bersama dan mengambalikan kunci motor..langsung pesan taxi online menuju Stasiun Solo balapan.

Perjalanan hanya sekitar 15 menit sudah sampai stasiun..

udah siab siab naik kereta...siapa cepat dapat kursi..heheheh