Hari ke 4. Shenzhen 7 Februari 2015 (Trip KL, Hongkong, Shenzhen, Macau)

Hari ke 4 Shenzhen (Splendid China & Chinese Folk Culture Villages, ada pertunjukan "Battle on Horseback"  dan Dong men Street)
7 februari 2015

Kelelahan, kurang tidur, penyesuaian tubuh terhadap suhu dingin kisaran 15-18 derajat C yang biasa nya hidup di 28-34 derajad C..(di Balikpapan dan Bontang).
counter pain sudah di seluruh kaki, selama beberapa hari ini berjalan mungkin berpuluh puluh kilometer , berdiri di MTR Karena ga dapat tempat duduk, salah pakai sepatu sehingga lecet (istri) , salah pilih kaus kaki terlalu tipis menjadi bahan pelajaran berharga untuk menjadi seorang backpacker selain harus punya niat yang bulat juga hari punya persiapan yang baik…………
Bangun pagi menjelang jam 8 pagi wita, melangkah lunglai ke kamar mandi..lelah tapi TETAP semangat ..kita hari ini akan menjelajahi Shenzhen..
Jam 9 pagi check out dari hostel, seperti di ceritakan di awal letak kamar dan receptionist berbeda lantai jadi kita naik dulu ke atas dan check out ..di tawarin apakah mau nitip barang ..kita bilang ga karena kita hari ini meninggalkan Hongkong dan menuju Shenzhen.
Tujuan selanjutnya adalah MTR East Tsim sha tsui (jalur ungu) pindah kereta di Hung Hom  (jalur biru muda) dan berakhir di Lo wu Station . Dari Hostel kami berjalan beberapa blok menuju East Tsim sha tsui station sekali lagi feeling dan Tanya Tanya orang dan mengikuti petunjuk yang ada..sekitar 15 menit berjalan kaki kami akhirnya sampai di East Tsim sha tsui station. Kita lanjut ke Lo wu , sempat bertanya ke petugas dan di jelaskan dengan penuh dedikasi dan semangat…
tarif ke lo wu pada tahun 2015

ada dua pilihan pilih lah Lowu jangan salah naik kereta

petugas yang sangat berdedikasi dan semangat..Cece ini akan jelaskan dan tunjukan kereta kita

paspor sudah ga di stempel lagi di ganti seperti tiket/karcis

suasana MTR di pagi hari, luamayan sepi bisa duduk secara 30-45 menit perjalanan.

Perjalanan sekitar 30-45 menit akhirnya kami pun sampai di Lo wu station..sempat bingung pintu keluar dan pengecekan imigrasi ..kita mengikuti bule bule yang antri di depan kita..tak pula kita refund Octopus card di loket karena sudah tidak bisa terpakai lagi ..lumayah duit deposit nya bisa di pakai tuk belanja..Proses imigrasi selesai kita di beri tanda keluar Hongkong..sekarang sudah ga pake stempel tapi di beri kertas kecil seperti tiket parkir..kita pun melintas di sky bridge yang merupakan penghubung antara Hongkong dan Shenzhen.

Begitu sampai di wilayah Shenzhen sekali lagi kita kebingungan untuk mencari loket untuk Apply Visa on Arrival. (berdasarkan beberapa bloq yang saya baca, loket ini bisa tutup sewaktu waktu bila hari besar/hari libur nasional di China. Silahkan browsing dan cek dulu ) mengikuti pintu keluar dan belok kiri sebelum pintu keluar ada petunjuk Visa on arrival kita naik ke lantai 2 di situ kantornya.  Mengisi formulir dan ambil antrian tunggu di panggil.  Selama antri kebetulan ketemu sama orang Indonesia dan ngobrol bentar ..oia visa on arrival ini hanya berlaku di Shenzhen saja dan hanya bisa di apply bila kita naik kerata viaHongkong. Menunggu antrian yang cukup panjang sekitar 45-60 menit..waktu lumayan terkuras waktu antri..akhirnya kita keluar dan menuju station Metro (di Hongkong MTR) di mall depan. Sekali lagi sempat bingung karena Shenzhen lebih padat dari pada Hongkong akhrinya kita pun beli kartu Shenzhen tong card  seperti octopus di Hongkong.
petunjuk arah menuju kantor visa on arrival , naik ke lantai 2 (sumber google)

tempat mengisi formulir (sumber google)

tempat pembayaran visa (sumber google)

visa (sumber google)
lou wu shopping center dan Metro station

Kita pun bergegas  bergerak untuk mengejar pertunjukan "Battle on Horseback" jam 14.00 wita tujuannya adalah splendid China (TMII klo di Indonesia, padaha ke TMII aja belum pernah ^^..) . Dari luohu station jalur hijau (luobao line) turun ke OCT Station , exit D..
Tujuan hari ini sudah tidak sesuai itinerary yang di buat awal nya , penyesuian harus di lakukan..kita mau ngejar show nya…

Shenzhen Metro Map

exit OCT station ke Splendid China
splendid China
Battle on horseback show

Dong men Street
Tujuan selanjutnya klo menurut itinerary adalah Windows of the world, cuman karena udah kesorean dan lumayan enjoy juga di splendid china akhinya kita putuskan untuk ke dong meng street untuk mencari penginapan di sana..Di Shenzhen kami belum booking penginapan ..di traveloka pilihannya kurang lengkap mau pesan di agoda saat itu ga punya kartu kredit dan kami putuskan Go Show aja…
Kembali naik Metro dari OCT menuju Lao jie Station masih di jalur hijau. Setelah menjelah dong meng yang penuh lautan manusia akhirnya kami menemukan penginapan di daerah Ruko ruko..ada beberapa pilihan penginapan ..karena tertarik dengan harga rendah kami putuskan ke penginapan ini. (Jia Yuan Hostel) kami minta untuk mendapat harga terendah yang harga nya di kisaran CNY 140 an..resepsionisnya “koko2 ” …amsyong orangnya ga bisa bahasa inggris dan saya pun walaupun sipit tak bisa bahasa mandarin..akhrinya dia pun panggil temannya seorang “nona” dan menjelaskan dengan bahasa inggris..dia menjelaskan saya ga bisa ngambil harga terendah itu (dengan tulisan mandarin di papan harga hotel) dan saya harus mengambil harga di bawah nya yang sekitar CNY 200 an..karena sudah capek dan malas turun lagi karena harus naik 3 lantai ke resepsionis kita pun akhirnya setuju..dan menginap di sana …(belakangan baru tau klo ini hotel Short time..karena malamnya pas kita habis jalan jalan banyak tamu trus tengah malam dan paginya udah kosong ..jadi saya berkesimpulan klo harga CNY 100 an itu harga kamar tuk short time..hahahhahaha,,,)
Kamar nya lumayan bagus, air panas tuk mandi shower, closet duduk, ada wifi, bisa isi air minum ada gallon/dispenser  di dekat resepsionis..dan ada hair drayer..ini kamar harga lebih murah tapi lebih bagus dari pada hostel kami di Hongkong..(di Shenzhen Rp.400an ribu /malam, di hongkong Rp.500 ribuan / malam)
Malamnya kami pun menjelajah dong meng street lagi dan kalap belanja ..harganya lebih murah..bahkan lebih murah dari pada di pasar atum Surabaya..curiga barang di pasar atum  kulakan/belanja nya di sini…
Kita pun sempatkan beli kaos kaki yang lebih tebal, beli sarung tangan, tergoda diskonan jaket musim dingin..dan istri saya hampir tergoda koper Hello Kity..(untungnya jiwa backpacker mulai merasukinya  dan mengalahkan jiwa Hello kitty nya so batal beli !!!).

kawasan dong meng street
kawasan dong meng di pagi hari