Hari ke 2. Hongkong 5 februari 2015 ( Trip KL, Hongkong, Shenzhen, Macau)

Hari ke 2 Hongkong (Ngo ping, Mongkok, Avenue of star, The peak)

5 februari 2015

Tidur di bandara itu ya tidur  tidur ayam kata orang..dikit dikit kebangun..ada aja sebabnya ..karena ada orang lewat lah…kepikiran baranglah..kedinginan banget pastinya ..Pagi ini kita bagun jam 04.30 Wita sengaja pasang alarm..karena flight kita jam 06.25 Wita. Bangun cuci muka sikat gigi  (ga mandi) trus naik satu lantai lagi menuju area check in. Udah rame banget untung nya ga pake bagasi jadi bisa langsung cepat…lanjut nyari sarapan. Khusus sarapan lumayan banyak pilihan dengan harga lumayan lah ..resto resto besar punya menu khusus sarapan dengan harga kisaran  RM 6- RM 8..

Sedikit info , tuk ngambil air gratisan bisa di lantai tempat check in ..sebelum masuk ke area lebih dalam belok kanan cari Toilet dan deket toilet ada tempat ambil air minum. Karena mau flight kita cuman ambil air tuk minum aja ga nyetok (stock)..jangan kuatir soal air ..setelah melewati imigrasi dan sekali lagi pemeriksaan menuju gate untuk penerbangan akan di temukan satu lagi tempat isi air. Nah di sini kita isi botol kita penuh penuh sebagai stock selama flight.
Jam keberangkatan ga pake delay..segera lah check in karena perjalanan masih jauh ke Gate ..klo salah tujuan di jamin bakalan lari larian dan ngos ngos an..udah ngeliat dengan mata kepala sendiri orang2 yang salah Gate..
Selama flight di manfaatkan tuk tidur, sekitar  10 an Wita kita mendarat di Hongkong. Hongkong masih berkabut entah memang berkabur atau habis hujan..dan langsung pake jaket dingin…kita mampir lagi ke toilet cuci muka dan lanjut keluar kea rah imigrasi..ikutin jalur aja..memang harus naik kereta..transfer di bandara naik kereta..keren yah…

Bandara Hongkong Jam 10 pagi
Antri imigrasi, di depan saya pas ada beberapa gadis asli tiongkok..di marah marahin sama petugas nya pake bahasa Mandarin..(ga ngerti cuman nebak- nebak klo yang bersangkutan ga bisa nunjukin ntar mau nginap di mana) orang Hongkong lumayan anti sama orang daratan..karena image nya orang daratan bikin kumuh Hongkong. Alhasil aku pun nyiapin print out booking pemasanan hostel (booking dan bayar via Traveloka, dulu belum punya  Kartu kredit sehingga via traveloka yang mengakomodir  transfer  via inet banking) ternyata pas giliran ku ga banyak bicara dan proses nya cepet ..aman paspor Indonesia..cuman tampang doank tiongkok..heheehe,..

Setelah keluar dari imigrasi kita sampai ke Hall, agak kebingungan sedikit..cari petunjuk arah keluar trus belok kiri atau Tanya security tempat tuk beli Octopus card (begitu keluar dari pintu imigrasi HKIA, jangan lupa untuk membeli octopus card ini di konter Airport Express di samping McDonald’s. Nggak susah kok mencari konter ini. Begitu keluar dari pintu sudah kelihatan di depan kita konter Airport Express dengan baliho besar) (sumber bloq orang indonesia )(ini kartu sakti tuk naik transportasi di Hongkong dan tinggal isi ulang di 7/11 nanti nya bisa di refund klo dah mau keluar Hongkong).  Setelah beli kartu dan isi deposit HKD 150 kita lanjut nyari bus kea rah Ngo ping an.

loket jual octopus card (sumber bloq orang malaysia)

octopus card (sumber bloq orang malaysia)

Ngo ping

Di bloq ini di kombinasikan dengan bloq yang kita jadikan acuan tuk trip kita..di sarankan banyak 2 baca bloq karena walaupun sudah baca bloq masih mungkin terjadi hal hal gagal paham seperti pengalaman kami di bawah ini  :
mall dan bus station

(Tujuan pertama kami begitu keluar dari bandara adalah objek wisata Ngong Ping. Objek wisata ini terletak di Lantau Island. Dari bandara kami menaiki bus nomor S1 dan berhenti di halte Tung Chung Cable Car Terminus. Perjalanan sekitar 30 menit ) (sumber bloq orang indonesia ) Mengikuti dari blog ini kami pun mencari bus menuju Ngo Ping..belajar dari pengalaman di KLIA2, bahwa Bus biasanya berada di lantai dasar  dan mengikuti petunjuk yang ada akhirnya ketemu juga ..ampun…ternyata udara di luar ruangan lebih dingin dari di dalam ..cepet2 pake jaket ..
(Naik bus kota di Hong Kong ini sangat mudah. Informasinya sudah sangat jelas. Di dalam bus ada tulisan digital yang menginformasikan setiap next stop. Tempat berhenti Tung Chung Cable Car Terminus ini juga gampang dikenali. Lihat saja ada bangunan besar yang menjadi stasiun bagi cable car dan di seberangnya terdapat mall besar bernama Citygate Outlets.) (sumber bloq orang indonesia ). Sesampainya kami di Citygate Mall..berdasar bloq yang kami baca klo di mall ini tempat jual barang bermerk dengan harga murah..kami pun memutuskan muter muter dan sayangnya harganya ga semurah yang kami harapkan dan kurang lebih seperti di Indonesia..#gagal belanja…Dingin perut keroncongan akhirnya kami menuju food court tuk ngisi perut.
(Di Tung Chung ini kami cuma transit saja. Untuk menuju Ngong Ping ada dua pilihan, mau naik bus atau cable car. Tarif cable car  (yang standard cabinNamun, baru beroperasi pukul 9 pagi. Kami sepakat untuk naik bus saja menuju Ngong Ping ini dan baliknya baru naik cable car karena ingin merasakan suasana berbeda antara pergi dan baliknya.
Bus yang menuju Ngong Ping berada di terminal yang berada di samping mall Citygate Outlets tersebut. Bus ini berbeda dengan bus kota Hong Kong pada umumnya. Bus ini hanya beroperasi untuk transportasi di Lantau Island saja. Bus yang kami tumpangi untuk menuju Ngong Ping ini adalah bus New Lantao no. 23. Tarifnya adalah HKD. Bus ini sendiri memiliki jadwal keberangkatan yang sudah ditentukan). (sumber bloq orang indonesia )
di bagian seberang mall, nantinya banyak yang antri..

Setelah makan  dengan perut terisi walaupun ga kenyang bgd ..karena harga mahal kami cuman pesan nasi goreng nanas khas  Thailand karena porsinya gede ..kami lanjut keluar mall tuk nyari bus.
Di Ngo ping kami ga naik ke Giant Budha..karena udah menghemat tenaga jadi mutar mutar sambil melihat biara dan toko –toko souvenir tak lupa mencicipi street food

Fyi, kapan hari saya nonton History chanell, ada kisah dan video dari seorang Belanda yang pernah bekerja di Hongkong sekitar tahun 1960 an. Dia sempat menghabiskan waktu liburan nya di Ngo Ping..saat itu kondisi nya sangat mengenaskan ..di Ngo ping hanya di huni oleh penduduk miskin yang berprofesi sebagai nelayan. Biara Budha sudah ada dan dia harus mendaki bukit dengan jalan setapak untuk mencapai dan menginap di Biara, karena tidak ada penginapan di Ngo ping (Lantau Island) dan perjalanan menuju Ngo ping (Lantau Island) dengan menggunakan kapal Ferry.

Dari Ngo ping ke Tung chung kami putuskan tuk naik cable car..isi cable car bisa buat 6 orang nah kebetulan kita se cabin dengan orang tiongkok mereka dah lumayan berumur om2 dan tante gt ..sepanjang perjalanan mereka ngobrol..nah kita sepanjang jalan foto foto..mungkin kita juga jadi bahan obrolan mereka hehehehehe..
ngo ping

Biara di Ngo ping

suasana pertokoan di Ngo ping

cuman berani pilih yang biasa..ga berani yang cristal..

Setelah sampe bawah kita nyebrang nyari MTR station..kita mau check in ke Hostel di daerah Mongkok. Sebelum berangkat kita udah pelajari jalur MTR ..ini enak nya di Hongkong kemana pun terintegrasi …Dari Tung chung kita ambil jalur orange trus oper MTR ke jalur merah jadi kita turun di Lai King trus pindah ke MTR yang arah Mongkok semua sangat walaupun bagi pemula petunjuk sangat jelas .
pelajari dengan baik rute ini..MTR map

Ah san Hostel dan Ding Ding Travel
Begitu sampe di mongkok station jalan kaki keluar exit D2 (fyi , exit nya banyak banget , di tiap exit dan poster yang ngasih keterangan exit itu menuju kemana) berhubung kita udah browsing dan dapat petunjuk ke arah hostel kita walaupun sempat bingung dan buta arah dengan berdoa (jadi religius kan heheh ) kita jalan sekitar 200 m (sambil kira kira ini udah 200 m belum yah heehhe ) menuju Sincere House 83 Argyle street. Akhirnya dapat juga..harus teliti banget karena bangunannya mepet dan petunjuk nya minim saran browsing dulu dan capture foto depannya.  Hostel kita seperti rumah susun kumuh ..untung nya lift masih berfungsi baik yang di jaga oleh seorang asuk asuk ..ikuti petunjuk aja. Sempat nanya nanya akhirnya dapa juga..ternyata di sini banyak ruangan rumah susun yang berubah fungsi menjadi hostel. Check in menunjukan print out Traveloka orangnya langsung Ok dan di antar menuju kamar , kamar dan tempat check in beda lantai hebat kan..hehehe..yang ngantar  ke kamar  tenyata orang Indonesia..wah dia seneng bgt dan ngomong terus hahahahhaha…
Sampe kamar naruh tas 10 menit kemudian  kita lanjut nyari Ding ding travel (ini travel jual semua voucher tempat wisata di Hongkong dengan harga lebih murah di banding dengan kita beli langsung di loket atau via online..kita menemukan dari bloq orang Malaysia dan kemudian dapat juga info dari beberapa bloq orang indonesia).
Hostel kami selama 2 malam di Hongkong

satu rumah susun yang di bagi menjadi beberapa kamar..
bisa buat isi air minum ..air mineral lumayan mahal di Hk

kumuh kan Building Hostelnya tapi dalam kamar nya bersih koq

Demi harga lebih murah kita pun nyoba tuk nyari tempat ini..balik ke Mongkok MTR station trus keluar via Exit  E2 nyari Nathan Road ke Sino Centre F/14  (capture foto depannya biar gampang nanya orang) tempat nya kaya pertokoan gt , langsung nyari lift naik ke lantai 14 dan ketemu…(bahagia bgd itu seru nya backpacker hehehe) kita beli tiket Disneyland, the peak + trem, rencana mau beli tiket madame tussauds tapi karena sempet baca salah satu bloq klo pada jam 8 malam ke atas beli langsung di sana dapat diskon..akhirnya di putuskan tuk beli di sana.

Berikut adalah gambaran harga bila di beli online  vs harga beli di Ding ding travel

1Disneyland              499       450
2Ocean Park              345    300
3Peak Tram & Sky Terrace 428               80     60
4Dragon Pearl Harbour Cruise              188     38
5Macau Ferry (Taipa)              343    300

Cara  baca : Harga akan update setiap tahun nya jangan jadi patokan yah , yang perlu di perhatikan adalah selisih yang bisa kita hemat bila kita beli di Ding ding..di Disney land kita bisa menghemat  HKD 49/person. (data ini di ambil dari bloq orang malaysia)

foto gedung sino nya berseberangan dengan Bank Of China naik ke lantai 14 (diambil dari bloq orang malaysia)

ini kartu namanya (di ambil dari bloq orang malaysia)

Avenue of star
Setelah beli voucher balik lagi ke Mongkok station kita menuju ke Tsim Sha Tsui ..turun di Tsim Sha Tsui..amati poster yang ada dan cari exit yang menuju avenue of star da cuman mengikuti jalan dan petunjuk yang ada..jalan kaki sekitar 20 menit akhirnya sampe di pelabuhan/pier , clock tower dan avenue of star.
suasana avenue of star..
Udah puas foto – foto kita lanjut naik ferry (ini salah satu transportasi kuno di Hongkong tapi udah bisa tap pakai octopus card) nyebrang ke Hongkong , oia kawasan nya di bagi jadi Lantau island (ngo ping , Disneyland), Kowloon (tempat kita nginap kawasan kumuh) dan Hongkong  (kawasan bling bling) sambil menikmati lampu dan bangunan menjulang tinggi.
pemandangan dari kapal ferry

The Peak
Sampe di seberang nah loh..kita buta arah lagi sempet sok tau jalan jauh bgt dan malah ga ketemu halte bus yang ke The peak ..nanya sana ..nanya situ..hampir putus asa naek taksi aja deh..udah cape udah lumayan malam akhirya di kasih petunjuk halte bus tuk menuju The peak. Kebetulan ketemu sama nona orang korea dan dia juga mengatakan kita menuju tempat yang sama. Naik bus menuju The peak..di suguhi pemandangan yang bagus bgd..jalannya melingkar lingkar menaiki bukit dengan view di kanan rumah rumah mewah di kiri pemandangan kota Hongkong yang gemerlap..(akhirnya baru sadar salah pilih bus, harusnya pilih bus no 15 dan langusung bisa naik trem ke atas secara udah beli tiket trem pergi pulang rugi tiket perginya ga kepake tapi beruntung naik bus jadi bisa dapat view yang keren..indahnya backpacker kesialan pun jadi keberuntungan..)
Sampe di kawasannya udah jam 8 malam lebih dan sempet muter-muter nyari madame tussauds. Kondisi nya sie lumayan sepi mungkin Karena udah malam..dan akhirnya dengan bahasa inggris yang terbatas menanyakan ke nona yang jaga perihal diskon di atas jam 8 malam..singkat cerita terjadi kesalahpahaman karena bahasa inggris nonanya juga pelat pelat #gagal paham…intinya sebenarnya tidak ada promo yang di maksud

(Kami sudah memesan tiket masuk Madame Tussauds ini beberapa hari sebelumnya secara online melalui situs berikut http://www.madametussauds.com/HongKong/en/BuyTickets/Default.aspx. Kami sengaja memesan tiket Super Late Saver supaya mendapatkan diskon 50%. Mahal soalnya harga tiket aslinya, yakni HKD 240. Hanya saja syarat untuk pemegang tiket ini adalah baru diperbolehkan masuk mulai pukul 9 malam. Waktu tutupnya sendiri adalah pukul 22.45.
Kami sendiri baru masuk pukul 21.45. Sudah mau ditutup ketika itu pintu masuknya. Kami baru tahu kalau batas masuknya adalah pukul 21.45. Kami menjadi orang terakhir yang masuk ke museum malam itu. Di dalam pun hanya tinggal segelintir orang saja.) (sumber bloq orang indonesia )
Setelah saya dan nona tersebut gagal paham satu sama lain dan dia mengira teman saya beberapa hari yang lalu baru masuk ke madame tussauds dapat diskon ..akhirnya dia pun memberikan kita diskon HKD 50 per orang..saya pun setuju, bayar dan masuk !!! ( #indahnya gagal paham ). Don’t try this at your vacation lebih baik beli di Ding Ding travel aja..karena keindahan gagal paham pada kami belum tentu terjadi pada anda..!!...
salah satu patung lilin ..ga tau siapa orangnya..artis hongkong kayaknya..
view from sky terrace
Trem tuk naik dan turun..

Setelah puas foto – foto kita lanjut ke Sky terrace . cuman bentar aja ..karena ga tahan dengan cuaca dingin dan angina kencang udah kemalam..kita pun putuskan tuk balik ke hostel dan antri tuk naik trem turun (antri nya puaaanjang…tapi tertib..). sampe bawah kita naik bus nah baru tau klo harusnya naik Bus 15 a dari pier/pelabuhan ferry..turun di pelabuhan ferry tadi trus mencari MTR stasion terdekat kemudian kita menuju mongkok Station dan istirahat di Hostel jam udah menunjukkan tengah malam…zZZzzzZZZZ..ga mandi karena udara dingin sekali..Ke Toilet di dalam kamar aja harus pake Sandal ga tahan injak ubin serasa injak es…