Hari ke 1. Balikpapan KL 4 februari 2015 ( Trip KL, Hongkong, Shenzhen, Macau)

Sebenarnya perjalanan ini di lakukan tahun 2015 yang lalu. Ini adalah perjalanan backpacker pertama kali yang kami lakukan selaku suami istri ke luar negeri.

Kenapa milih backpacker ?..
alasan pertama dan klasik plus klise ..soal dana ..kita tetap mau ngikutin itinerary tour cuman dengan budget setengahnya atau 60 % dari penawaran tour ke kita.
Alasan kedua, biasanya tour berangkat dari Jakarta atau Surabaya dan secara kita tinggal di Balikpapan. Berarti kita harus keluarkan ekstra budget untuk flight ke Jakarta atau Surabaya.

Syukurnya, saat ini udah ada flight langsung dari Balikpapan ke KL dengan Air Asia Malaysia walaupun seminggu cuman 3X, ini sangat membantu kita tuk keep budget tetap low..so waktunya hunting tiket hehehhehe....

Ketiga dengan backpacker kita semakin dekat sama Tuhan. YEss pastinya kan nervous banget ..panik karena kita menuju ke suatu daerah baru yang kita ga tau jalan nya ..beda bahasa nya dan pressure terbesar nya dengan segala challenge tersebut kita tetap harus menjaga budget tetap low. Banyak berdoa supaya tetap tenang dan bisa berfikir jernih dan siab menerima bantuan – bantuan tak terduga..so makin religius kan ,..pengalaman backpacker juga bisa jadi sarana retreat bagi yang mendambakan kedamaian jiwa sekaligus menikmati keindahan ,keramahan dan kearifan local yang merupkan karunia dari Sang Pencipta.

Tujuan kami  Hongkong, Shenzhen , Macao karena transit di KL jadi selajur eksplore tipis tipis heheh. Untuk Hongkong dan Macao tahun 2010 saya udah pernah pergi include disneyland di ajak sama bos saya terdahulu cuman dulu ikut tour jadi cuman duduk manis aja.

Setelah browsing tiket dan tak lupa mempelajari dari beberapa bloq baik bahasa Indonesia, bahasa melayu dan bahasa inggris ..akhirnya sudah bisa menyusun itinerary dan estimasi budged…dan tanggal keberangkatan adalah..4 Februari 2015. (Sorry bagi yang baca klo prolog nya kepanjangan heheh ..)

Hari ke 1
4 februari 2015 (Batu Cave, KLCC)

check in dulu di gerai Air Asia , Bandara Sepinggan Balikpapan..

Hari pertama , seperti yang di jelaskkan di atas bahwa perjalanan  kami ini transit via KL. Dan penerbangan ke KL- Hongkong baru akan berangkat besok pagi nya maka kami putuskan untuk jalan jalan di KL dulu…secara juga cuman pernah transit aja di KL hahahah…
Flight Balikpapan – KL pukul 11.30 Wita dan mendarat di KLIA2 pk 15.30 Wita (wita sama dengan jam di Malaysia dan Hongkong). Di penerbangan kami ga pesan makan dan setiba nya di KLIA2 ternyata jalannya jauh heheheh..selama penerbangan kebetulan bersebelahan dengan penumpang dari Balikpapan dan ternyata yang bersangkutan adalah Manager XO suki di Balikpapan..tukeran pin bb karena di janjikan diskon klo suatu saat makan di XO Suki heheheh..
Setelah melewati imigrasi dan lain lain..tujuan pertama adalah nyari makan ..akhirnya nemu supermarket besar di KLIA2 makan nasi lemak murah meriah karena kayaknya udah dari pagi hehehe,..oia guys tips untuk hemat air selama di luar negeri bawa botol kosong..turun dari pesawat kita bakalan nemu toilet pertama dan di sana ada tempat pengisian air minum..isi deh ..bisa menghemat pengeluaran khususnya air minum ,,,lumayan duit nya bisa buat jajan yang lain…
nasi lemak murah versi harga bandara..jangan lupa bawa botol kosong sendiri ..

Lanjut kita pun mencari bus ke KL sentral. Cara nyari bus di KLIA2 ke arah luar trus belok kiri nyari lift turun ke bawah lv1 atau bisa juga ke arah luar trus naik ekskalator ke bawah..ikutin aja petunjuk yang ada klo bingung bisa nanya ke security yang bertebarang di KLIA2.
Seperti petunjuk dari bloq yang saya baca , akhirnya saya pun pesan aerobus menuju KL Sentral harga tiket RM 10 tapi pas itu ada tulisan klo return jadi RM 16 (update per 2016 , udah ga di jual tiket return dan bebas pilihan bisa aerobus dan sky bus dengan harga sama dengan masa antri yang lebih pasti per 15 menit pasti berangkat dengan harga RM 11 one way ).
tempat nunggu bus..

Kurang lebih 1,5 jam kita sampai ke KL Sentral, Di KL sentral terdapat banyak jenis transportasi dari Bus, MRT, LRT dan komuter. Kita langsung naik ke lantai atas dan mencari Komuter tujuan Batu Cave, tujuan nya paling ujung …Tinggal masukkan uang ke mesin  pilih tujuan kemudian keluar token warna biru dan sudah bisa di gunakan. Lebih jelas nya bisa pelajari di sini nie : www.klsentral.com.my/

pilih tujuan paling ujung Batu caves..(gambar ini ambil di google)..
tempat beli tiket , tinggal masukin uang kertas dan uang koin..(gambar ambil di google)

ini tokennya..(gambar ambil di google)

Di batu caves , memerlukan tenaga ekstra tuk naik ke atas ..ngoss ngoss an..seperti nya baru saja di adakan ucapacara ke agamaan Hindu...tempat nya keren ..cuman ekstra tenaga untung nya udah lumayan sore dan matahari udah agak redup... setelah melepas lelah jajan kudapan local kita pun balik lagi ke KL Sentral dengan cara yang sama.

naikin tuh tangga..hahahha...

Dari KL Sentral kita selanjutnya naik MRT ke KLCC ya..serasa belum afdol klo ke KLbelum foto back ground Twin Tower ..cuman foto aja ga jalan jalan ke mall soalnya udah lumayan malam.. dengan cara yang sama balik ke KL Sentral trus naik aero bus lagi ke KLIA 2.
pilih klcc (gambar ambil di google)

syarat doank..heheheh..

Begitu sampe ke KLIA2, udah lumayan malam dan capek bgt..so kita makan di NZ ,
sekilas info tuk tempat makan ini adalah tempat makannya karyawan air asia atau karyawan KLIA2 lumayan murah di banding tempat lain di bandara dan deket situ juga ada minimarket yang harga nya luamyan bersahabat di banding di lantai atas..nah kita bisa juga colongan mandi di tolietnya ..karena di toilet ini ada closet jongkok yang selang nya bisa kita gunakan mandi heheehhe..(update 2016, kita menemukan tempat colongan mandi dan tidur di depan kedatangan domestic, di tolietnya sama ada toilet jongkok da nada selangnya..terletak di lv 3 kedatangan domestic).  Setelah mandi dan makan kita beranjak ke atas siab siab tidur di depan kantor air asia deket Burger king (update 2016, udah ga bisa tidur di sini di tegur sama security, di sarankan di kedatangan internasional atau domestic..di sediakan tempat rebahan dengan karpet)

Sebelum tidur , sempat ngobrol sama orang Nepal dianya pekerja asing di Malaysia dan curhat gt di perlakukan kurang OK  dan rencana pulang ke Nepal ..perjalanan jauh bgt setelah flight dia harus menempuh perjalan darat 8 jam by bus tuk sampe ke daerah nya …wah susah ya nyari duit yah..dan masih mau kerja lagi Di Arab Saudi ..nunggu panggilan dari sodaranya yang sudah kerja di sono..keep fighting Sir..!! (Bang Toyib dari Nepal )..