Tempat Wisata di Balikpapan dan Sekitarnya (rekomendasi)


Sebagai orang yang sekarang berdomisili dan ber KaTePe seumur hidup  Balikpapan. Saya akan share beberapa tempat yang kami kunjungi di Balikpapan dan sekitarnya..

Pantai Ambalat

Balikpapan yang letak nya di pinggir selat Makassar sehingga memiliki banyak pantai .Ada pantai Polda dan Banua Patra yang letak nya di Kota. Ada pantai Manggar dan pantai Lamaru yang letaknya di pinggiran kota.

Sejatinya pantai ambalat ini udah masuk Kabupaten Kutai Kartanegara tapi ga terlalu jauh dari Balikpapan  hanya sekitar 1 jam berkendara dari  Kota.

Pantai ambalat ini letak nya lebih  dari Pantai Manggar dan Lamaru (melewati kedua pantai ini menuju ke Handil).

Ciri khas pantai ini, pohon pohon nya yang artistik , berikut : 


pintu masuk pantai, seingat saya bayar 10 ribu atau 5 ribu untuk satu mobil

pantai ambalat

keren kan pohonnya..

artistik kan 
Mangrove Bangun Reksa

Hutan mangrove ini di kawasan Perumahan Bangun Reksa Balikpapan Utara. Sekitar 30 menit dari pusat kota. 

Di kawasan ini kita baik nya sewa perahu dan perginya berjamaah. Sewa perahu Rp.150.000/ boat bisa untuk 10 orang. Di kawasan ini kita bisa melihat Bekantan yang hidup di Habitat nya dan bila beruntung bisa ketemu Buaya dan Binatang lainnya (beruntung ???)


wefie sebelum naik perahu

persiapan naik perahu..jangan lupa life jacket
perjalanan di mulai
keren kan
view lainnya
bekantan lagi maen di sore hari..maaf foto pake hape resolusi rendah



bekantan di atas pohon ..di ujung paling tinggi..maaf foto pake hape resolusi rendah
Canopy Bridge Bukit Bengkirai

Canopy Brige bukit bengkirai. Lokasinya km 38 menuju samarinda (belok kiri masih masuk sekitar 25 km) sekitar 1 jam dari kota Balikpapan . Ini pun sudah masuk Kabupaten Kutai Kartanegara.

Biaya masuk terupdate 2016 Rp.35.000/orang klo ga salah. udah termasuk naik ke atas Canopy Brige nya. 

#fyi, usia canopy bridge nya udah mau 20 tahun..biar makin kencang adrenalinnya hehehehe.

jalan kaki sekitar 10 menit menuju canopy bridge



penampakan jembatannya klo dari bawah

sekitar 20 m dari tanah











ada sekitar 3 jembatan yang menghubungkan pohon bengkirai..berani coba ???...

Batu Dinding

Tempat ini bisa di bilang tempat terbaru yang lagi hits di kalangan anak muda di kawasan. Lokasinya juga termasuk dalam Kabupaten Kutai Kartanegara. Lokasi nya di Km 40 dari kota Balikpapan (sekitar 1 jam berkendara dari kota).

Dari tempat parkir mobil. ada 2 pilihan. pertama jalan kaki sekitar 2-3 jam dengan jalan yang berbatu dan turun naik (kami udah coba , subuh subuh pula demi liat sunrise) atau bisa sewa ojeg Rp.20.000/orang sekali jalan. Untuk tiket masuk Rp.10.000/orang.

#fyi, kami berangkat sekitar jam 03.00 subuh demi mengajar sunrise. ada banyak kejadian heboh dari sarapan mie sunligt dan trip kedua kami naik motor (perlu kerja sama tema yang baik karena motor sering ga bisa naik perlu dorongan)


mengejar sunrise



awas depan udah jurang








batu yang berbaris membentuk dinding..

mata kantuk




lagi maen coc..

Gerhana Matahari Total (Pas ada)

Balikpapan , menjadi salah satu daerah di Indonesia yang berkesempatan mendapat fenomena alam Gerhana Matahari Total tepatnya tgl 9 maret 2016.

foto di baliho

pemkot membagikan kaca mata ini gratis ..saya ga dapat jadi pake kaca mata plus helm aja..ada yang pakai foto rongtsen bahkan
di lihat tanpa alat bantu

di lihat pakai alat bantu

mulai mendung


fase selesai

#fyi, peristiwa langka ini menghebohkan warga kota dan terjadi kemacetan parah di tenah kota u karena hari ini juga hari libur. Btw kapan lagi kan ini peristiwa yang terjadi beberapa puluh tahun sekali,

Planetarium Tenggarong

Letaknya di Ibu Kota Kabupaten Kutai Kartanegara sekitar 3 jam an dari Balikpapan (pas di sebelah keraton Kutai Kartanegara). Kenapa ini saya masukkan, karena planetarium ini merupakan satu satunya di kalimantan. atau mungkin satu satunya di luar Jawa di Indonesia ini.

Biaya masuk sekitar Rp.15.000/orang , tunggu 20 orang klo ga sanggup nunggu bisa bayar sekitar Rp.150-200 ribu untuk sewa satu ruangan (lupa harga pastinya) di sarankan datang ke sana pas waktu hari  libur biar ada teman/orang lain yang nonton.




nonton sambil tiduran , kursi bisa di rebahkan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banjarmasin 14 -16 feb 2021

Banjarmasin 14 Februari 2021 Valentine di Banjamasin hehehehe..trus ngapain ya berburu kuliner .. ini mie bancir yang di cari di sampit dapa...